Apa itu Golang? Ini Pengertian, Fungsi, dan Keunggulannya

Web & Mobile Development Aug 23, 2024

Golang, yang berasal dari kata Go Language, merupakan salah satu bahasa pemrograman yang cukup populer di kalangan developer saat ini. 

Para developer biasanya sering menggunakan bahasa pemrograman ini pada berbagai sistem operasi seperti membuat aplikasi web, layanan cloud, jaringan, serta jenis software lainnya. 

Menariknya, bahasa pemrograman Go Language ini dikenal mudah dan cocok untuk pemula. Lantas, sebenarnya apa itu golang?

Mari kita pahami terlebih dahulu pengertiannya beserta fungsi & keunggulan golang. Penasaran? Ikuti penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Apa itu Golang?

Golang adalah bahasa pemrograman yang telah dikembangkan oleh Google pada tahun 2009. Awalnya, para engineer Google merasa bahwa bahasa C++ terlalu kompleks untuk diatur. Maka dari itu, Google bersama Robert Griesemer, Rob Pike, dan Ken Thompson meluncurkan sebuah ide pengembangan bahasa yang mudah dikelola dan dipelajari. 

Bahasa ini kemudian diberi nama Go. Bahasa pemrograman ini menggunakan tipe data statis dan menghasilkan kode biner yang telah dikompilasi. Uniknya, Golang bersifat open source. Artinya, para developer dapat bebas memodifikasi, memperbaiki, dan menyesuaikan bahasa ini sesuai dengan kebutuhan. 

Di sisi lain, bahasa ini telah didesain sedemikian rupa agar para developer merasa mudah, cepat, dan efisien dalam mengembangkan website. Kita juga bisa menggunakan bahasa ini untuk pengembangan backend program. 

Fungsi & Keunggulan Golang

Bahasa pemrograman pada dasarnya memiliki fungsi dan keunggulannya masing-masing. Seperti halnya C dan C++, bahasa pemrograman ini menonjol dari segi aspek kecepatan, skala, dan keandalan. 

Di sisi lain, para developer biasanya akan memilih Python sebab aspek kemudahannya. Sementara itu, Java juga dikenal mudah dan memiliki skalabilitas yang tinggi. 

Akan tetapi, ada kalanya kita juga butuh bahasa pemrograman yang unggul dari semua aspek tersebut. 

Oleh sebab itu, Google menciptakan Golang dengan keunggulan di berbagai aspek seperti kesederhanaan bahasa, skala, efisiensi, dan keandalan. Para developer dapat menggunakan bahasa ini untuk membangun sistem dan aplikasi perangkat lunak. 

Melalui bahasa Go, kita bisa merancang, menulis kode, menguji, memelihara, dan melakukan debugging pada suatu program. Berikut adalah deretan fungsi dari bahasa pemrograman Go yang dikutip dari berbagai sumber: 

  • Merancang aplikasi berbasis web dengan tingkat keamanan yang tinggi. 
  • Menulis kode yang rapi dan efisien untuk jaringan terutama server web serta layanan mikro. 
  • Membuat dan mengelola serangkaian pengujian otomatis. 
  • Membangun aplikasi perangkat lunak dan sistem cloud computing yang scalable.
  • Mengembangkan teknologi penyimpanan online dengan kapasitas yang besar. 

Dari berbagai fungsi tersebut, kita bisa melihat bahwa Golang memang cukup versatile sebagai sebuah bahasa pemrograman. Tidak heran jika kini banyak developer pemula yang mulai mempelajari bahasa ini. 

Lalu, apa saja sebenarnya keunggulan dari bahasa pemrograman yang terkenal mudah ini? Berikut adalah beberapa keunggulan yang bisa kita pertimbangkan untuk mengembangkan website atau aplikasi perusahaan:

1. Mudah Dipelajari

Keunggulan pertama adalah bahasa pemrograman Go terbilang cukup mudah dipelajari khususnya untuk para pemula. 

Bahasa pemrograman ini juga terbilang cukup sederhana. Maka dari itu, jika kita sudah terbiasa dengan bahasa C dan Java, sintaks Golang akan lebih mudah dipahami. 

Jadi, bagi pemula ataupun berpengalaman, mempelajari bahasa pemrograman Go tentu tidak perlu membutuhkan waktu yang lama. Kita bahkan bisa berlatih dan mencobanya terlebih dahulu di situs resminya sebelum memutuskan menginstalnya. 

2. Kinerja Tinggi

Go Language adalah bahasa pemrograman yang telah dikompilasi langsung ke kode mesin sehingga memberikan performa yang sangat cepat. 

Kinerja bahasa pemrograman ini juga dinilai lebih unggul dari Python atau JavaScript. Bahasa Go menggunakan tipe data statis yang mirip dengan bahasa C dan C++. 

3. Ada Fitur Garbage Collector

Keunggulan lain dari Golang yang patut kita pertimbangkan adalah adanya fitur garbage collector. Fitur ini membuat pengelolaan memori menjadi lebih sederhana dan otomatis. 

Fitur ini juga bisa membantu mencegah kebocoran memori dan mengurangi beban pengelolaan memori secara manual. 

4. Ada Banyak Dukungan

Bahasa pemrograman Go ini bisa digunakan di berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, dan macOS. Di sisi lain, terdapat banyak integrated development environment dan editor teks seperti Atom, VSCode, Sublime, dan Intellij yang mendukung Go.

Hal ini tentu memudahkan kita dalam menemukan alat pengembang yang mendukung bahasa pemrograman ini. 

5. Bahasa Pemrograman yang Rapi

Tidak sedikit developer yang menganggap bahasa Go sebagai clean code. Struktur bahasa ini sudah terorganisir dengan baik dan lebih bersih sehingga akan mempermudah pemeliharaan program. 

Setelah memahami apa itu Golang, fungsi, dan keunggulannya, kita bisa menjadi expert bahasa pemrograman ini dengan mengikuti Pelatihan Golang dari PasarTrainer.

PasarTrainer bisa menjadi andalan kita dan upaya upskilling demi kesuksesan karier di masa depan. Terdapat beberapa program Pelatihan Web & Mobile Development yang tentunya sangat ideal untuk memulai karier sebagai developer profesional. 


Referensi

codingstudio.id - Golang Adalah


www.binaracademy.com - Apa Itu Golang dan Fungsinya


revou.co - Golang

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.