Apa Itu Mikroekonomi?

Finance & Accounting Jul 23, 2023

Ekonomi mikro adalah cabang ilmu sosial yang mempelajari keputusan-keputusan kecil atau dengan kata lain, mempelajari efek yang dimiliki perilaku individu dan perusahaan di pasar tertentu. Lebih tepatnya, ini mempelajari bagaimana pelaku pasar ini mengalokasikan sumber daya yang langka dan bagaimana keputusan ini memengaruhi penawaran dan permintaan, harga, dan produksi. Dalam artikel kali ini, pasartrainer.com bermaksud untuk mengulas secara singkat segala hal yang berkaitan dengan mikroekonomi.

1. Apa Itu Mikroekonomi?

Ekonomi mikro adalah studi tentang bagaimana sumber daya yang terbatas dialokasikan untuk memenuhi keinginan manusia yang tidak terbatas. Ini terlihat pada keputusan yang dibuat orang dan bisnis, dan bagaimana pilihan ini mempengaruhi pasar (yaitu tempat di mana dua pihak atau lebih berdagang). Mikroekonomi adalah ilmu sosial, yang berarti berfokus pada perilaku manusia. Tidak seperti bidang studi lain yang mengkaji perilaku manusia, seperti psikologi atau sosiologi, ekonomi mikro secara khusus mengkaji perilaku yang berkaitan dengan kekayaan materi dan alokasi sumber daya.

Pada intinya, ekonomi mikro berupaya menciptakan model matematika yang andal yang dapat digunakan untuk memahami pasar dan perilaku individu. Ketika model ini diterapkan, mereka dapat membantu bisnis dan konsumen meningkatkan pengambilan keputusan mereka dengan mengilustrasikan pilihan optimal berdasarkan apa yang kita ketahui tentang perilaku manusia.

2. Apa Konsep Dasar Ekonomi Mikro?

Pada intinya, studi ekonomi mikro mengkaji perilaku konsumen, perilaku perusahaan, dan struktur pasar (misalnya, monopoli dan oligopoli) beserta hubungan di antara mereka. Studi ini biasanya didekati secara matematis dan grafis. Meskipun ekonomi mikro adalah bidang studi yang mendalam, ekonomi mikro dibangun dari konsep ekonomi utama yang relatif sedikit. Adapun konsep ekonomi utama yang dimaksud antara lain sebagai berikut:

1)  Penawaran Dan Permintaan

Hukum penawaran dan permintaan menjelaskan hubungan antara pembeli dan penjual. Secara umum, ketika penawaran tinggi dan permintaan rendah, harga akan turun. Sebaliknya, ketika permintaan tinggi dan penawaran rendah, harga naik. Misalnya, saat gadget baru seperti iPhone dirilis, seringkali persediaan tidak cukup untuk memenuhi permintaan. Pelanggan berbaris dan menunggu berjam-jam untuk mendapatkan salah satu dari beberapa produk pertama. Karena ada kekurangan, orang mungkin bersedia membayar harga yang lebih tinggi ini untuk mendapatkan salah satu dari sedikit unit yang tersedia. Begitu pasokan meningkat, peluang untuk menaikkan harga hilang karena penawaran dan permintaan seimbang.

2)  Kelangkaan

Manusia memiliki keinginan yang tidak terbatas, tetapi sumber daya untuk memenuhinya terbatas. Kelangkaan mengacu pada kesenjangan antara penawaran dan permintaan sumber daya. Mikroekonomi mempelajari bagaimana orang menghadapi kenyataan ini dengan membuat pengorbanan dan menilai biaya peluang (nilai pilihan alternatif yang dilewatkan oleh individu atau bisnis saat membuat keputusan lain). Karena bisnis tidak memiliki sumber daya yang tidak terbatas, ia tidak dapat mengejar semua jalan tersebut sehingga hal itulah yang dimaksud dengan kelangkaan.

3)  Teori Utilitas

Konsep ini mengeksplorasi bagaimana orang memaksimalkan utilitas (alias kepuasan yang mereka dapatkan dari keputusan ekonomi mereka). Utilitas marjinal, misalnya, memeriksa berapa banyak manfaat yang diperoleh orang dan perasaan yang dirasakan pelanggan dari pemesanan produk lebih dari satu.

4)  Teori Produksi

Ini mengkaji bagaimana perusahaan membuat keputusan tentang berapa banyak barang atau jasa yang akan diproduksi, dan berapa banyak bahan baku yang akan digunakan untuk mencapainya. Misalnya, jika pembuat mobil memutuskan untuk memproduksi 100 mobil per hari, berapa pekerja yang harus mereka pekerjakan?

3. Bagaimana Penerapan Konsep Ekonomi Utama Pada Ekonomi Mikro?

Konsep yang dijelaskan pada bagian sebelumnya digunakan untuk memecahkan berbagai masalah dalam mikroekonomi sebagai berikut:

1)  Penentuan Harga Ekuilibrium

Titik di mana penawaran dan permintaan bertemu pada kurva penawaran dan permintaan adalah harga ekuilibrium untuk barang atau jasa. Dalam hal ini, produsen memenuhi semua permintaan namun tidak ada yang memproduksi unit barang atau jasa tambahan diluar permintaan.

2)  Penentuan Penawaran Tenaga Kerja

Adalah eksplorasi terhadap bagaimana karyawan menimbang biaya peluang tenaga kerja versus waktu luang karena waktu adalah sumber daya yang langka.

3)  Maksimisasi Utilitas Konsumen

Ini menerapkan teori utilitas dengan berusaha memahami bagaimana konsumen dapat mengalokasikan uang dan pendapatan mereka untuk memaksimalkan utilitas mereka (alias kepuasan atau kebahagiaan mereka).

4)  Minimisasi Biaya Perusahaan

Topik ini menerapkan teori produksi untuk memahami bagaimana perusahaan dapat menjaga biaya serendah mungkin saat memproduksi barang atau jasa.

4. Apa yang Membuat Mikroekonomi Penting?

Ekonomi mikro adalah studi tentang bagaimana orang dan perusahaan dapat membuat keputusan ekonomi dan keuangan yang lebih baik. Bagi konsumen, itu mungkin berarti memutuskan berapa banyak waktu yang harus mereka habiskan untuk bekerja dan bersantai. Untuk bisnis, itu berarti mencari tahu berapa banyak produk yang harus diproduksi untuk mendapatkan keuntungan yang optimal. Terkadang, ekonomi mikro dapat berdampak langsung pada kehidupan Anda, seperti saat Anda mengevaluasi utilitas marjinal (alias kepuasan yang datang dari satu unit tambahan) dari membeli dua porsi ayam geprek, bukan hanya satu. Di lain waktu, ini mungkin memiliki efek yang lebih tidak langsung, seperti membantu Anda menjadi konsumen yang lebih terinformasi dan memahami mengapa perusahaan memberi harga produknya dengan cara tertentu.

Kini Anda telah mengetahui apa itu mikroekonomi secara singkat dan alasan mengapa mikroekonomi penting untuk dipelajari. Oleh karena itu, jika Anda ingin belajar mengenai tata cara menjalankan kegiatan ekonomi mikro dan sukses dalam kegiatan bisnis mikro Anda, belajarlah di pasartrainer.com karena situs pasartrainer.com menyediakan berbagai macam program pelatihan dan pendampingan dari para profesional di bidangnya.

Referensi

Pasar Trainer. (2023). Perbedaan Ekonomi Makro Dan Mikro. Finance & Accounting. Diakses pada 21 Juli 2023 dari:

https://pasartrainer.com/blog/perbedaan-ekonomi-makro-dan-mikro

Pindyck, R. S., & Rubinfeld, D. L. (2013). Microeconomics: Eight Edition. USA: Pearson Education.

Robinhood. (2022). What is Microeconomics? Robinhood Learn. Diakses pada 20 Juli 2023 dari:

https://learn.robinhood.com/articles/40pM5xLxogXZeAJmlPkh1o/what-is-microeconomics/

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.