Apa Saja Kelebihan Bank Syariah Dibanding Bank Biasa?

General Banking Jan 23, 2024

Sebagai negara dengan penduduk mayoritas muslim, sistem perbankan syariah  semakin mendapatkan perhatian yang signifikan di Indonesia. Namun, sebenarnya apa itu bank syariah dan apa saja kelebihannya jika dibandingkan dengan jenis bank biasa?

Untuk memahaminya, Anda perlu tahu dulu apa saja prinsip khusus yang hanya diterapkan pada sistem perbankan syariah. Sehingga, Anda bisa menjadi petugas bank berbasis syariah yang profesional dalam menjalankan syariat Islam di bidang keuangan.

Definisi Bank Syariah

Secara sederhana, perbankan syariah adalah lembaga keuangan yang beroperasi berdasarkan prinsip-prinsip hukum Islam. Hal ini mencakup ketentuan bahwa segala transaksi keuangan yang dilakukan harus mematuhi aturan syariat Islam.

Salah satu contohnya yaitu mencakup larangan terhadap pembayaran bunga dan investasi lain dalam bisnis yang diharamkan oleh aturan agama Islam.

Prinsip-Prinsip pada Sistem Perbankan Syariah

Salah satu ciri khas pembeda dari perbankan syariah dengan sistem bank biasa adalah prinsip-prinsip yang dianut, yaitu:

  • Keadilan: Berbagi keuntungan berdasarkan penjualan riil, mengacu pada kontribusi maupun resiko setiap pihak.
  • Kemitraan: Posisi nasabah investor sebagai penyimpan dana, pengguna dana, serta lembaha keuangan itu sendiri sejajar yaitu sebagai mitra usaha.
  • Transparansi: Lembaga perbankan syariah harus memberikan laporan keuangan mereka secara terbuka dan berkesinambungan pada nasabah.
  • Universal: Walaupun dijalankan dengan syariat Islam, namun tidak boleh membeda-bedakan nasabah berdasarkan suku, agama, maupun ras dan golongan.

Berbagai prinsip di atas disesuaikan dengan prinsip-prinsip dalam agama Islam yang rahmatan lil'alamin. Selain itu, prinsip dalam perbankan syariah juga melarang kegiatan operasional bank yang mengandung unsur-unsur haram berikut ini:

  • Maisir (perjudian)
  • Gharar (ketidakjelasan)
  • Riba (pertambahan nilai secara bathil)

Dalam praktiknya, berbagai prinsip maupun larangan di atas diterapkan dalam seluruh aspek operasional perbankan syariah, mulai dari penawaran produk dan layanan hingga manajemen risiko keuangan nasabah.

Berikut Berbagai Kelebihan Perbankan Syariah Dibanding Bank Biasa

Dengan prinsipnya yang unik dan berbeda, perbankan syariah  telah menjadi alternatif menarik bagi banyak orang dalam memenuhi kebutuhan keuangan mereka. Berikut ini beberapa kelebihan lainnya:

Bebas Riba (Bunga)

Bunga adalah praktik yang diharamkan dalam Islam. Sementara itu, salah satu kelebihan utama dari sistem perbankan syariah adalah bebas dari riba atau bunga.

Dalam sistem perbankan ini, tidak ada pembayaran atau penerimaan bunga yang dikenakan pada pinjaman atau tabungan. Sebaliknya, pihak bank menggunakan prinsip bagi hasil, di mana keuntungan dibagi secara adil antara bank dan nasabah.

Prinsip Bagi Hasil

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, salah satu kelebihan bank syariah yaitu menggunakan prinsip bagi hasil sebagai pengganti sistem bunga.

Ini berarti bahwa keuntungan yang diperoleh oleh bank dari investasi atau pembiayaan dibagi antara bank dan nasabah sesuai dengan kesepakatan awal. Hal ini menciptakan hubungan yang lebih adil dan saling menguntungkan.

Transparansi dan Keadilan

Selanjutnya, layanan keuangan berbasis syariat Islam sangat menekankan transparansi dalam operasionalnya.

Laporan keuangan disajikan secara terbuka, memungkinkan nasabah untuk memahami kondisi finansial bank dengan jelas. Prinsip keadilan juga tercermin dalam pembagian keuntungan berdasarkan kontribusi dan resiko masing-masing pihak. 

Dana Dikelola sesuai Prinsip Syariat Islam

Dalam perbankan syariah, pengelolaan dana nasabah harus dilakukan sesuai dengan prinsip syariat Islam.

Artinya, dana tersebut hanya diinvestasikan dalam bidang usaha yang tidak bertentangan dengan aturan Islam. Ini memberikan jaminan bahwa dana nasabah akan digunakan secara etis dan sesuai dengan nilai-nilai agama.

Dana Dimanfaatkan untuk Kemaslahatan Umat

Selanjutnya, Anda juga perlu tahu bahwa layanan perbankan syariah memastikan bahwa penggunaan dana nasabah hanya untuk kepentingan dan kemaslahatan umat.

Jadi, dana dari nasabah digunakan untuk mendukung kegiatan yang halal dan bermanfaat bagi masyarakat. Ini menciptakan ikatan moral yang baik antara bank dan nasabah untuk mencapai tujuan bersama yang positif.

Jaminan dan Pengawasan Kuat

Keunggulan bank berbasis syariah selanjutnya yaitu seluruh dana nasabah telah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), sehingga jelas keamanannya.

Selain itu, pengawasan terhadap kegiatan perbankan syariah juga sudah dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Dewan Pengawas Syariah (DPS). Ini tentu akan memberikan kepercayaan dan keamanan tambahan bagi pihak nasabah.

Produk dan Layanan yang Beragam

Banyak orang mengira bahwa karena perbankan syariah harus menghindari praktek yang haram, maka layanan maupun produk keuangannya menjadi lebih terbatas.

Padahal, sistem ini juga tetap menawarkan berbagai produk dan layanan lengkap seperti tabungan, pembiayaan, dan investasi sesuai dengan prinsip syariah.

Bahkan, beberapa bank juga menyediakan layanan keuangan unik yang tidak ada di bank konvensional. Contohnya seperti tabungan haji, deposito syariah, zakat, infaq, wakaf, hingga tabungan qurban yang menjadi daya tarik tersendiri bagi nasabah.

Ingin memahami lebih dalam tentang sistem bank syariah? Sebagai solusi, yuk ikuti Program Pelatihan Perbankan Syariah di Pasar Trainer untuk membekali Anda atau tim kerja dengan pengetahuan serta praktik terbaik dalam sistem perbankan berbasis syariah!


Referensi

dailysocial.id - Bank Syariah
www.liputan6.com - Prinsip Bank Syariah yang Wajib Diketahui, Simak Keunggulan dan Kelemahannya
www.megasyariah.co.id - Kelebihan Bank Syariah
www.jago.com - Kelebihan Bank Syariah

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.