Arti Reksadana, Keuntungan Dan Kerugiannya

Risk Management Apr 16, 2023

Investasi adalah salah satu hal yang wajib dilakukan oleh siapa saja yang ingin memiliki kebebasan finansial yang terjamin. Investasi dapat beragam, mulai dari membeli aset yang berupa tanah dan bangunan, pembelian saham di bursa efek, batuan mulia yang memiliki kenaikan seperti emas, dan yang tidak kalah populer adalah reksadana. Perlu diketahui, arti reksadana adalah sarana investasi di mana kumpulan investor secara kolektif mengajukan dana kepada manajer investasi tersertifikasi untuk melakukan investasi atas nama mereka.

Di Indonesia, dana tersebut diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK, sehingga para investor memperoleh jaminan keamanan atas investasi yang mereka tanamkan. Ketika terlibat dengan reksadana, setiap investor mendapatkan keuntungan secara proporsional dengan jumlah uang yang mereka investasikan. Reksadana dapat berinvestasi pada saham, obligasi, instrumen pasar uang, atau aset lainnya.

Kemudian, nominal untuk memulai investasi bervariasi, namun jumlahnya dapat sangat kecil tergantung dari platform yang menyediakan layanan investasi reksadana. Bergantung pada pilihan investasi dan pola penebusan, investasi reksadana dapat memberikan keuntungan yang besar tergantung dari pertumbuhan suatu bisnis.

Reksadana juga memberikan kebebasan dari pajak atas keuntungan yang diperoleh jika mengacu pada UU PPh Pasal 4 ayat 3 poin (i) yang menyatakan bahwa reksadana atau pemegang unit penyertaan dikecualikan dari objek pajak. Keuntungan yang ketiga dari investasi reksadana adalah kemampuan untuk mendiversifikasi portofolio lintas industri, biaya rendah, dan ketersediaan keahlian profesional sebagai pengelola dana.

Sementara itu, secara umum kerugian dari reksadana adalah mereka tidak memberikan kepemilikan atas kepemilikan yang mendasarinya kepada investor; karenanya, investor tidak banyak bicara tentang komposisi dan konstituen reksadana. Reksadana lebih mahal dan berisiko dibandingkan dengan dana indeks.

Jenis Reksadana

Secara garis besar ada empat jenis reksadana. Jenis-jenis adalah sebagai berikut:

1. Reksadana Saham

Arti reksadana saham adalah investasi yang dilakukan manajer investasi dengan memiliki koleksi saham perusahaan. Investor dapat mengalokasikan dana ke pendanaan berdasarkan tujuan mereka. Misalnya, dana pertumbuhan difokuskan pada saham perusahaan dengan potensi pertumbuhan yang signifikan di masa depan. Dana pendapatan termasuk saham perusahaan yang membayar dividen reguler.

2. Reksadana Pasar Uang

Arti reksadana pasar uang yaitu berinvestasi dalam utang jangka pendek yang diterbitkan oleh perusahaan, pemerintah, negara bagian, dan kotamadya. Misalnya, mereka mungkin berinvestasi dalam perbendaharaan Bank XXX dan surat utang yang dikeluarkan oleh perusahaan mapan seperti Astra Internasional atau Perusahaan lain berskala luas yang terus tumbuh. Tujuan reksadana jenis ini adalah untuk menghasilkan pendapatan sambil meminimalkan risiko.

3. Dana Obligasi

Dana obligasi dianggap sebagai investasi konservatif dan memberikan pendapatan tetap kepada investor dalam dana tersebut. Seperti reksadana pasar uang, portofolio investasi mereka terbatas pada utang pemerintah dan perusahaan. Mereka umumnya disukai untuk perencanaan pensiun.

4. Dana Seimbang

Dana seimbang bertujuan untuk mencapai keseimbangan antara ekuitas dan investasi obligasi. Mereka adalah dana jangka panjang yang menggabungkan campuran saham dan obligasi dalam rasio tertentu. Misalnya, mereka mungkin memiliki 60% saham dan 40% obligasi. Rebalancing dana ini secara periodik menyesuaikan komposisinya dengan kondisi ekonomi yang berlaku. Beberapa diseimbangkan kembali berdasarkan tujuan investor. Misalnya, mereka mungkin menggabungkan pendekatan yang lebih konservatif mendekati masa pensiun.

Keuntungan Dan Kerugian Sesungguhnya Dari Reksadana

Keuntungan

Kita telah memahami arti reksadana dan jenis-jenisnya. Kini, kita akan mengetahui keuntungan yang bisa diperoleh dengan berinvestasi reksadana sebagai berikut:

1. Reksadana tersedia dalam berbagai rasa dan membantu mendiversifikasi portofolio lintas sektor dan industri.

2. Reksadana memungkinkan investor reguler, yang tidak memiliki banyak pengetahuan tentang pasar, untuk mengakses keahlian pengelola dana yang canggih dan profesional dengan biaya rendah.

3. Reksadana aktif yang mengambil posisi besar di saham dapat membuat perbedaan yang signifikan terhadap kinerja ekuitas tersebut dan menghasilkan keuntungan bagi investor yang memegang saham di dana tersebut.

4. Reksadana adalah pasar likuid, artinya relatif mudah untuk berdagang dan menemukan pembeli untuk mereka. Hal yang sama tidak berlaku untuk beberapa aset.

Kerugian

Kerugian dari berinvestasi di reksadana adalah sebagai berikut:

1. Reksadana tidak menawarkan kepemilikan saham. Oleh karena itu, investor tidak mungkin memilih atau memilih komposisi dana yang sesuai dengan nilainya.

2. Biaya reksadana dapat bertambah seiring waktu tergantung dari pajak yang harus dibayarkan oleh manajer investasi dan jasa profesionalismenya.

3. Meskipun termasuk dalam jenis reksadana, dana indeks menjadi lebih populer akhir-akhir ini dibandingkan dengan dana indeks biasa. Hal ini karena mereka lebih murah dan kurang berisiko. Tidak seperti reksadana, yang konstituennya dipilih dengan analisis yang ketat, dana indeks tetap berpegang pada formula dan indeks trek yang telah dicoba dan diuji.

4.  Bagi mereka yang memiliki unit reksadana yang sangat sedikit, pengembaliannya bisa diabaikan atau sangat rendah, terutama jika dibandingkan dengan investasi ekuitas serupa.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih dalam tentang arti reksadana dan mengetahui bagaimana cara untuk berinvestasi secara tepat atau ingin menjadi manajer investasi reksadana, maka Anda dapat mengunjungi situs pasartrainer.com untuk melihat-lihat berbagai pelatihan yang relevan. Selain itu, di situs tersebut juga menawarkan berbagai macam pelatihan manajemen keuangan yang berkaitan erat dengan investasi.

Referensi

Association of Mutual Funds In India. (2017). What Are Mutual Fund? AMF India. Diakses dari: https://www.amfiindia.com/investor-corner/knowledge-center/what-are-mutual-funds-new.html#:~:text=A%20mutual%20fund%20is%20a,instruments%20and%2For%20other%20securities.

Bareksa. (2020). Perlukah Investasi Reksadana Dilaporkan dalam SPT Tahunan Pajak? Diakses dari: https://www.bareksa.com/berita/reksa-dana/2020-02-17/perlukah-investasi-reksadana-dilaporkan-dalam-spt-tahunan-pajak

Mahyuda, I. S., Putri, F. R., & Putri, B. S. (2021). Urgensi Reksadana sebagai Salah Satu Opsi Investasi untuk Meningkatkan Jumlah Investor di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 11088-11093. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2768/2379

Pasar Trainer. (2023). Finance, Tax, & Accounting. Diakses dari: https://pasartrainer.com/programs/finance-accounting

Tamplin, T. (2034). Mutual Fund. Finance Strategists. Diakses dari:

https://www.financestrategists.com/wealth-management/investments/mutual-fund/?gclid=Cj0KCQjw8e-gBhD0ARIsAJiDsaUwWMFkmxVVQqLPVMlf3y3h7dgGIgwxd7gYILouDZlG2cTocsMUx1QaApyAEALw_wcB

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.