Belajar Bahasa Python: Pengertian & Cara Menggunakannya

Technology Jun 18, 2023

Dunia yang telah bergerak ke pemutakhiran teknologi digital telah mendorong kita untuk lebih kreatif dan mampu menggunakan berbagai fasilitas penggerak dunia internet, salah satunya yaitu Phyton. Untuk itu, pada kesempatan kali ini pasartrainer.com ingin berbagi ilmu khususnya bagi Anda yang sedang belajar bahasa Python secara komprehensif.

Apa yang Dimaksud Dengan Phyton?

Python adalah bahasa pemrograman yang kuat yang dibuat oleh Guido van Rossum pada tahun 1991. Python dirancang untuk menjadi bahasa pemrograman yang ditafsirkan untuk penggunaan umum. Bahasa yang ditafsirkan berarti bahwa kode pemrograman diubah menjadi bytecode dan kemudian dieksekusi oleh juru bahasa, yang dalam hal ini adalah mesin virtual Python. Selama bertahun-tahun, Python semakin populer dan fungsional, menghasilkan fleksibilitas penggunaannya. Kemampuan untuk membuat dan menguji perubahan dengan cepat pada kode pemrograman untuk perangkat lunak menjadikannya tugas yang mudah dan dapat ditangani dengan cepat jika diperlukan.

Python tidak hanya mudah digunakan tetapi juga mudah dipelajari. Kedua faktor ini telah menyebabkan bahasa ini menjadi bahasa pilihan bagi pemula yang mempelajari pengembangan perangkat lunak. Selain itu, keserbagunaannya sebagai bahasa pemrograman tujuan umum membuatnya cocok untuk kebutuhan banyak industri.

Di bagian selanjutnya, kita akan melihat apa saja yang diperlukan untuk belajar bahasa Python, seperti prasyarat dan sumber daya yang dapat Anda manfaatkan.

Apakah Python mudah dipelajari?

Jawaban singkat untuk pertanyaan ini adalah ya. Python dibangun dengan mempertimbangkan kesederhanaan untuk membuat pemrograman menjadi proses yang lebih lancar bagi pengembang. Akibatnya, bahasanya sama mudahnya untuk dipelajari. Jika Anda baru mengenal pemrograman, ada sumber daya tentang cara memulai pengkodean. Namun, meskipun Anda bukan orang baru, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat mempelajari bahasa baru apa pun, dan Python tidak terkecuali. Pengalaman telah membuktikan bahwa kita harus selalu mengajukan beberapa pertanyaan. Mari kita lihat dalam format tanya jawab.

Bahasa ini dibahas di banyak platform, dimulai dengan Forum Komunitas Python, tetapi tidak terbatas pada Stack Overflow. Tentu saja, ini bukan satu-satunya tempat bantuan dapat ditemukan, tetapi mungkin itu adalah dua sumber daya paling kuat yang Anda miliki. Menemukan sumber daya untuk membantu Anda menemukan jawaban, tip, trik, dan pendidikan lanjutan bisa dibilang merupakan keterampilan paling penting yang dapat Anda miliki.

Sumber Daya Python

Selama bertahun-tahun sebagai pengembang, salah satu hal terpenting yang perlu dipertimbangkan saat mempelajari bahasa baru adalah sumber dayanya. Mari kita membahas beberapa sumber berharga untuk belajar bahasa Python di bawah ini.

1. Udacity

Udacity adalah platform online yang dibuat untuk mempelajari topik teknologi. Ini menawarkan kursus untuk beberapa topik berbeda, termasuk tetapi tidak terbatas pada kursus tentang Python. Ia juga menawarkan kursus gratis dan berbayar, dan kursus Introductory Python saat ini tersedia secara gratis.

2. Codecademy

Codecademy adalah platform pembelajaran yang sangat populer yang digunakan untuk belajar bahasa Python dan mempelajari semua hal yang berhubungan dengan pemrograman. Ini menawarkan lingkungan pengembangan terintegrasi yang lengkap yang berarti Anda dapat berlatih dan belajar tanpa perlu pengaturan di komputer Anda.

3. FreeCode Camp

FreeCode Camp adalah situs yang menawarkan kursus dan sertifikasi pemrograman gratis dalam berbagai bahasa dan banyak video YouTube tentang topik tersebut. FreeCode Camp menyelenggarakan sebagian besar video pendidikannya di YouTube demi kesederhanaan.

4. Tutorial Python Docs Resmi

Tutorial Resmi Docs Python adalah sumber dari kuda, dirancang oleh komunitas Python. Dokumentasi ini dirancang untuk membuat pengalaman belajar menjadi sederhana, dengan tutorial yang dipecah menjadi langkah-langkah yang sangat tepat.

5. Data Camp

DataCamp adalah platform yang telah mengambil peran utama dalam ilmu data, dan menawarkan kursus pemrograman di berbagai bidang terkait. Platform ini menawarkan beberapa kursus pemrograman dengan bahasa Python sehingga dapat menunjang Anda dalam belajar bahasa Python.

Seperti Apa Popularitas Dan Keserbagunaan Python?

Memahami seberapa populer suatu bahasa dalam industri tertentu adalah penting, dan ini berlaku untuk semua industri yang digunakan Python. Namun, mengidentifikasi keserbagunaan bahasa pemrograman di seluruh industri juga penting, karena membantu mengidentifikasi kelangsungan jangka panjang yang stabil, sesuatu yang Python memiliki sekop.

Kelangsungan hidup jangka panjang ini memastikan bahwa dalam perjalanan belajar bahasa Python, Anda akan selalu memiliki sumber daya yang dapat Anda manfaatkan dan tingkatkan keterampilan Anda dengan cara yang berarti.

Prasyarat Python

Faktor kedua yang harus Anda pertimbangkan adalah prasyarat proses, seperti perangkat lunak yang diperlukan atau editor teks dan IDE (Integrated Development Environments). Proses penyiapan yang rumit kemungkinan akan berarti proses pembelajaran yang rumit. Dalam hal ini, prasyarat untuk mempelajari Python terbukti cukup sederhana. Padahal, sangat sederhana sehingga mempelajarinya bisa dilakukan dari beberapa perangkat pintar di zaman sekarang. Jadi, Anda hanya perlu memiliki akses ke beberapa dasar.

Cara Menggunakan Python

Menggunakan Python membutuhkan instalasi perangkat lunak Python di komputer Anda atau perangkat pintar yang kompatibel. Sejak saat itu, ada banyak cara berbeda untuk menggunakan Python. Yang paling umum adalah menggunakan Python dengan sistem seperti Django dan Flask, yang selanjutnya menyederhanakan penggunaan Python saat memprogram perangkat lunak.

Ada banyak jenis sistem dan penggunaan bahasa Phyton. Masing-masing dirancang untuk memanfaatkan manfaat Python untuk melayani kebutuhan tertentu. Misalnya, Django dan Flask membantu pengembangan aplikasi web, sementara yang lain seperti Kivy dan BeeWare untuk pengembangan aplikasi seluler. Proses instalasi bervariasi berdasarkan hal-hal seperti kerangka kerja dan sistem operasi.

Jika Anda mencari informasi tentang cara belajar bahasa Python dan cara menginstal Python di perangkat Anda, Anda dapat mencari bantuan di beberapa tempat. Salah satu sumber terbaik untuk informasi tentang penginstalan dan pemecahan masalah adalah halaman dokumentasi Python. Halaman dokumentasi memiliki informasi tentang menginstal dan menyiapkan Python untuk beberapa sistem dan lingkungan.

Untuk apa Python digunakan?

Python bagus untuk hampir semua kebutuhan pengembangan, apakah itu pemrograman untuk server, sistem operasi, perangkat lunak, game, dan banyak lagi.

1.   Scripting dan Otomasi

2.   Pengembangan perangkat lunak

3.   Analisis data

4.   Pembelajaran Mesin dan AI

5.   Ilmu BlockChain

Tertarik belajar bahasa Python secara lebih komprehensif? Kunjungi pasartrainer.com dan temukan pelatihan yang tepat berkaitan dengan kebutuhan Anda, perusahaan Anda, atau karyawan di perusahaan Anda segera!

Referensi

Latifatunnisa, H. (2022). Mengenal Python: Dipakai Meta, Netflix, sampai NASA. Revou. Diakses pada 18 Mei 2023 dari: https://revou.co/panduan-teknis/python-adalah

Microsoft. Tutorial: Bekerja dengan Python di Visual Studio. Phyton. Diakses pada 18 Mei 2023 dari: https://learn.microsoft.com/id-id/visualstudio/python/tutorial-working-with-python-in-visual-studio-step-01-create-project?view=vs-2022

Ozanich, A. (2023). What Is Python? [+ How to Learn and Use It]. Diakses pada 18 Mei 2023 dari: https://blog.hubspot.com/website/what-is-python

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.