Belajar Management Untuk Mengelola Kerjasama Tim

Office Management Jul 23, 2023

Banyak orang berpendapat bahwa kemampuan pribadi yang hebat dapat memecahkan berbagai permasalahan. Namun hal itu tidak sepenuhnya benar, karena di berbagai perusahaan besar yang memiliki jangkauan usaha yang luas memiliki masalah yang kompleks dan membutuhkan upaya lebih untuk dapat mengejar visi yang diinginkan. Kali ini, pasartrainer.com akan mengajak Anda untuk belajar management dan bagaimana penerapannya di dalam sebuah Tim.

Apa yang Dimaksud Dengan Management?

Manajemen mengacu pada tindakan, strategi, atau metode yang menyatukan sekelompok orang untuk bekerja secara efektif sebagai tim dan mencapai tujuan bersama. Ada banyak tugas yang membutuhkan banyak orang, salah satunya adalah tim yang merupakan komponen penting untuk produktivitas. Perusahaan mengandalkan tim dan manajemen tim yang efektif untuk mempertahankan operasinya.

Jebakan seperti komunikasi yang tidak efektif atau kurangnya upaya oleh anggota tim dapat menggagalkan kemajuan tim. Manajemen tim membantu menggabungkan pos pemeriksaan agar tim berhasil memulai. Ini juga membantu menjaga hubungan dan momentum kerja yang baik sepanjang hidup tim hingga tujuan tercapai.

Bagaimana Cara Belajar Management?

Cara belajar management tidaklah sulit karena pada dasarnya manajemen membuat pedoman, sasaran, pos pemeriksaan, dan sasaran bagi karyawan untuk meningkatkan produktivitas sambil juga memberikan dukungan dan motivasi. Tujuannya adalah untuk mengelola orang dan mengelola proses. Sebagai manajer, Anda akan mengenali kebutuhan karyawan, menerapkan panduan yang jelas, dan menetapkan jadwal. Tim manajemen membantu menyeimbangkan kebutuhan sambil bergerak menuju tujuan bersama. Beberapa tugas khusus dari tim manajemen dapat meliputi:

1)  Menetapkan sasaran atau tujuan tim

2)  Mengawasi, melatih, atau menasihati anggota tim

3)  Mediasi konflik interpersonal

4)  Memotivasi dan menginspirasi anggota tim

5)  Membantu karyawan berkembang

6)  Mempekerjakan / memecat karyawan bermasalah

7)  Berkomunikasi secara efektif

8)  Manajemen tim jarak jauh

9)  Mengimplementasikan teknologi secara efektif

Penyebab Utama Kegagalan Management

Dalam belajar management, Anda tentu ingin tahu apa saja yang menjadi penyebab kegagalan management di suatu perusahaan. Adapun hal-hal yang menjadi penyebab utama kegagalan management adalah sebagai berikut:

1)  Tidak memiliki rencana jangka panjang

2)  Tidak gigih dan disiplin

3)  Terlalu pesimis dan takut penilaian orang lain

4)  Tidak berani menjadi berbeda

5)  Mudah menyerah

6)  Tidak memiliki kemampuan memanage orang lain

Langkah-Langkah Meningkatkan Keterampilan Management

Membangun keterampilan manajemen inti adalah awal yang baik untuk beralih ke peran manajer tim. Melalui pengalaman dunia nyata, pelatihan formal, belajar management secara online atau sertifikasi, fokuslah untuk memperoleh keterampilan manajemen utama yang dapat Anda gunakan di berbagai lingkungan bisnis. Jika Anda mengetahui jenis bisnis yang ingin Anda geluti, teliti deskripsi pekerjaan dan lowongan pekerjaan dari pemberi kerja dan industri tertentu. Deskripsi ini dapat memberikan peta jalan keterampilan dan kualifikasi untuk karier ideal Anda dalam manajemen tim.

1)  Belajar Management Dari Buku Dan Jurnal

Ada jutaan buku dan jurnal-jurnal penelitian yang bisa membantu Anda dalam belajar management telah terbit dalam 1 abad terakhir. Anda dapat menemukan buku-buku tersebut di perpustakaan, toko buku, atau jika Anda lebih senang mencari dari rumah, Anda bisa mendapatkan ebook yang tersebar luas di internet. Cara ini mungkin akan sedikit membosankan karena Anda tidak memiliki teman berdiskusi dan mentor yang dapat memberi Anda arahan untuk melakukan suatu kegiatan yang berhubungan dengan management. Oleh karena itu, masih ada opsi lain yang dapat Anda lakukan pada bagian berikutnya.

2)  Mengejar Sertifikasi Profesional

Sertifikasi profesional bukan sekedar dokumen pelengkap dan formalitas belaka. Untuk mendapatkannya pun tidak mudah karena para peserta sertifikasi harus mengikuti serangkaian kegiatan pendidikan dan ujian yang telah disediakan oleh penyelenggara. Selain itu, cabang sertifikasi management professional juga bervariasi sehingga Anda harus memutuskan akan belajar management cabang apa saja.

3)  Mengejar Gelar Management

Mengejar gelar management adalah proses yang panjang dalam suatu kegiatan belajar management. Alasannya karena gelar ini hanya dapat Anda dapatkan di bangku perkuliahan selama beberapa tahun. Meskipun cenderung lebih mahal dan dipercaya dapat memperdalam ilmu management Anda, gelar ini penting karena akan memberikan value yang lebih terhadap diri sendiri.

4)  Mengikuti Pelatihan Management

Pelatihan management adalah proses yang jauh lebih singkat daripada proses memperoleh gelar management. Pelatihan ini dapat Anda ikuti di berbagai platform seperti kampus, perusahaan-perusahaan yang membuka workshop, dan pelatihan-pelatihan online yang tersebar secara luas di internet seperti yang ada di pasartrainer.com.

5)  Mengikuti Seminar Profesional Secara Offline Maupun Online

Seminar profesional akan memperluas pengetahuan Anda ketika sedang fokus belajar management. Secara khusus, bagi Anda yang ingin mengikuti seminar profesional secara offline maupun online dapat Anda cari di berbagai platform di media sosial atau instruksi baliho-baliho pinggir jalan/iklan di kampus. Salah satu media sosial yang memberikan informasi-informasi seminar berkualitas adalah pasartrainer.com yang juga dapat Anda temukan di Instagram.

Referensi

Coursera. (2023). What Is Team Management: Strategies, Duties, Job, Career Outlook. Diakses pada 20 Juli 2023 dari: https://www.coursera.org/articles/team-management

MENPAN. (2021). Belajar Digitalisasi Manajemen ASN dari Negeri Ginseng. Panrb. Diakses pada 20 Juli 2023 dari:

https://menpan.go.id/site/berita-terkini/belajar-digitalisasi-manajemen-asn-dari-negeri-ginseng

Santoso, J. T. (2022). Orang Gagal, Apa Penyebabnya. Universitas Stekom. Diakses pada 20 Juli 2023 dari: https://stekom.ac.id/artikel/orang-gagal-apa-penyebabnya

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.