Cara Memaksimalkan Slide Presentasi dan saat Presentasi untuk Memukau Client

Communication May 28, 2024

Dalam berbagai urusan kerja, presentasi merupakan hal yang umum dilakukan. Maka dari itu, sebaiknya kita memahami cara memaksimalkan slide presentasi dan saat presentasi untuk memukau client.

Artikel ini akan membahas hal tersebut dan bisa menjadi bekal kita jika perlu melakukan presentasi dan membuat slide-nya. Simak dan pahami, lalu buatlah presentasi kita semakin memukau dan sesuai dengan tujuan awal.

Cara Memaksimalkan Slide Presentasi dan saat Presentasi untuk Memukau Client

Di bawah ini adalah berbagai hal yang bisa kita lakukan ketika akan membuat slide presentasi dan ketika sedang melakukan presentasi.

Siapkan Pesan atau Bahan Presentasi

Sebelum membuat slide, pastikan kita mempersiapkan pesan apa saja yang akan disampaikan dalam presentasi tersebut. Pastikan bahwa semua bahannya sudah terkumpul dengan baik, misalnya data-data terbaru, statistik yang diperlukan, dan sebagainya.

Dengan bahan yang sudah lengkap, maka kita akan lebih mudah untuk memaksimalkan slide presentasi.

Buat Slide yang Efektif

Kedua, pastikan bahwa kita membuat slide presentasi yang efektif. Usahakan untuk menampilkan poin-poin pembahasannya saja.

Jika terlalu banyak kalimat atau bahkan paragraf yang ditampilkan, maka bisa saja membuat client kurang fokus pada inti pembahasannya. Selain itu, slide dengan isi yang terlalu panjang bisa membuat client mudah bosan.

Perhatikan Ukuran Huruf

Ukuran huruf sangat penting untuk diperhatikan, karena hal ini berkaitan dengan keterbacaan dari presentasi kita. Biasanya, huruf yang dipakai tidak kurang dari ukuran 30pt.

Selain itu, penting juga untuk mempertimbangkan bagian mana yang sebaiknya diberi ukuran huruf lebih besar. Biasanya, hal ini diterapkan di bagian judul atau hal-hal yang penting untuk dipahami.

Perhatikan Kontras Warna untuk Slide Presentasi

Selain ukuran huruf, penting juga untuk memperhatikan kontras warna yang ditampilkan. Jika pemilihan warna huruf dan background tidak tepat, maka bisa saja tulisan yang ditampilkan akan sulit untuk dibaca dan presentasi jadi kurang maksimal.

Tambahkan Grafik dan Tabel jika Perlu

Sering kali, ada berbagai data yang sulit disampaikan hanya melalui kalimat atau paragraf. Jika memang diperlukan, maka tidak ada salahnya menambahkan grafik atau tabel untuk membantu penjelasan.

Ini bisa menjadi salah satu cara memaksimalkan slide presentasi dan saat presentasi untuk memukau client

Tambahkan Gambar yang Sesuai

Presentasi mungkin tampak membosankan jika hanya berisi tulisan, bahkan mungkin masih tampak membosankan jika sudah ditambahkan grafik atau tabel.

Maka dari itu, tips selanjutnya untuk membuat slide yang memukau yakni dengan menambahkan gambar yang sesuai. Hal ini bisa diisi dengan gambar yang terkait dengan perusahaan atau ilustrasi yang sesuai dengan bahan pembahasan.

Hindari Membuat Slide Presentasi yang Berlebihan

Selanjutnya, usahakan untuk menghindari berbagai hal yang berlebihan di dalam slide presentasi. Misalnya, memakai efek yang terlalu banyak dan membuat poin utama menjadi terganggu atau memberikan desain huruf yang berlebihan.

Usahakan untuk membuat slide yang elegan dan mudah dipahami, supaya dapat menambah kesan profesional dalam presentasi kita.

Persiapkan Diri yang Matang untuk Presentasi

Cara memaksimalkan slide presentasi dan saat presentasi untuk memukau client dapat dilakukan jika kita memiliki persiapan yang matang untuk melakukan presentasi tersebut.

Selain mempersiapkan slide presentasi, penting juga untuk menyiapkan berbagai hal lainnya. Misalnya, catatan atau materi yang tidak terstruktur untuk memudahkan presentasi, melakukan latihan, dan mempelajari karakter audiens yang nantinya akan mendengarkan presentasi kita.

Lakukan Presentasi dengan Percaya Diri

Kita akan menyampaikan berbagai pesan ketika sedang melakukan presentasi. Maka dari itu, lakukan presentasi dengan percaya diri.

Jangan hanya terpaku dengan teks yang ada dalam bahan presentasi. Kita perlu menyampaikan pesan-pesan tersebut dengan bahasa yang komunikatif dan didukung rasa percaya diri.

Buatlah presentasi tidak tampak datar atau biasa saja, supaya ketertarikan audiens bisa meningkat. Berikan juga semangat dan aura yang baik supaya client semakin tertarik dengan presentasi kita.

Perhatikan Komunikasi Non Verbal

Komunikasi non verbal juga merupakan bagian dari cara memaksimalkan slide presentasi dan saat presentasi untuk memukau client.

Sebisa mungkin, usahakan untuk menguasai panggung, sehingga presentasi menjadi lebih hidup.

Kita tidak harus selalu duduk atau berdiri di tempat. Kita bisa berpindah posisi, melakukan berbagai gerakan tambahan yang mempermudah penjelasan, dan sebagainya.

Perhatikan Slide Presentasi dengan Baik

Setelah sukses membuat slide presentasi yang optimal, maka jangan lupa untuk memastikan bahwa kita memperhatikan slide dengan baik ketika melakukan presentasi.

Pergantian slide perlu diperhatikan dengan tepat dan disesuaikan dengan poin pembahasan kita, jangan sampai membuat audiens atau client bingung.

Itu tadi berbagai langkah yang bisa kita lakukan ketika mempersiapkan slide untuk presentasi. Selain itu, hal-hal yang bisa menjadi tips untuk melakukan presentasi yang baik juga dibahas dalam berbagai poin di atas.

Dengan mengetahui cara memaksimalkan slide presentasi dan saat presentasi untuk memukau client, maka kita bisa melakukan berbagai kebutuhan pekerjaan dengan baik. Lalu, jika ingin lebih andal dalam melakukan presentasi, maka berbagai jenis pelatihan dari Pasar Trainer pun dapat kita ikuti, simak informasi lebih jelasnya di sini.


Referensi

midtrans.com - Tips Untuk Membuat Slide Presentasi yang Menarik dan Efektif


lldikti13.kemdikbud.go.id - 5 Langkah Berkreasi Menghasilkan Slide Presentasi yang Menarik Bagi Audiens Anda Dengan Creative Merge Shape


glints.com - Presentasi yang Baik

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.