Cara Mengelola Keuangan Usaha Agar Perusahaan Mencapai Kestabilan

Office Management May 21, 2023

Beberapa tahun pertama untuk setiap bisnis baru sangat penting untuk kesuksesan jangka panjangnya, dengan banyak tantangan yang harus diatasi dan pelajaran yang bisa dipetik. Masalah arus kas dan salah kelola keuangan merupakan penyebab utama kegagalan bisnis di tahun-tahun awal. Beberapa perusahaan gagal merencanakan dengan baik, beberapa menetapkan pandangan mereka terlalu tinggi atau rendah, beberapa tidak mencatat biaya, beberapa gagal mengejar pembayaran.

Anda dapat memaksimalkan peluang kesuksesan bisnis Anda dengan menyadari jebakannya. Kemudian Anda dapat mengelola keuangan perusahaan Anda dengan hati-hati dan mengawasi arus kasnya. Mengambil langkah-langkah yang masuk akal dan praktis akan membantu Anda mengendalikan pengeluaran dan mengembangkan bisnis Anda tanpa mengambil risiko keuangan yang berlebihan. Berikut adalah beberapa tips berguna dari pasartrainer.com untuk dipertimbangkan.

Gunakan Perencanaan Dan Peramalan Keuangan

Cara mengelola keuangan usaha ini berguna untuk mengembangkan rencana atau kerangka keuangan untuk melacak keuangan yang masuk dan keluar dari perusahaan Anda. Misalnya:

1. 50% pendapatan untuk pengeluaran (seperti penggajian atau persediaan)

2. 30%pendapatan untuk membangun bisnis (seperti perluasan peralatan atau biaya perekrutan)

3. 20% dari pendapatan di masa depan, untuk pengembangan produk dan layanan baru

Rencana yang berbeda bekerja untuk bisnis yang berbeda, dan Anda harus membicarakan hal ini dengan akuntan Anda untuk melihat mana yang manajemen keuangan usaha sarankan untuk Anda. Ketika mereka melakukannya, rencana keuangan Anda juga harus berubah. Cobalah untuk melakukan peramalan sederhana tentang bisnis Anda setidaknya selama enam bulan ke depan.

Bersikaplah realistis dan coba perkirakan berapa banyak yang akan Anda jual dan berapa banyak yang akan Anda belanjakan. Masukkan angka-angka ini ke dalam rencana keuangan Anda dan lihat apakah hasilnya masih sesuai untuk bisnis Anda. Jika tidak, Anda mungkin perlu mengubah rencana Anda.

Jadilah Ambisius Tapi Tetap Realistis

Ambisi dan antusiasme adalah karakteristik penting dari pemilik dan manajer bisnis. Tapi begitu juga kemampuan untuk membuat keputusan keuangan yang rasional berdasarkan fakta. Saat Anda memulai bisnis baru, perasaan memegang kendali bisa sangat menggembirakan. Terlepas dari kendala pekerjaan, Anda dapat membuat keputusan keuangan apapun yang Anda inginkan. Beberapa dari keputusan mengelola keuangan usaha dengan cara spekulan bisa baik jika terukur, sementara yang lainnya tidak jika tidak terukur.

Ini adalah pendekatan pragmatis untuk melakukan bisnis. Beberapa perusahaan besar menjadi besar dalam semalam. Mereka tumbuh selama periode waktu tertentu, namun mengalami kemunduran secara perlahan. Mengambil risiko sesekali adalah bagian dari bisnis yang baik namun dengan perencanaan yang dimatangkan.

Buat Bagan Arus Kas Anda

Perangkat lunak akuntansi yang baik dapat membuat bagan arus masuk (penjualan barang atau jasa) dan arus keluar (hutang) untuk bisnis Anda. Ini akan membiarkan Anda mengubah jangka waktu dan variabel lain sehingga Anda benar-benar dapat memahami apa yang terjadi. Jika Anda melihat grafik ini selama beberapa minggu dan bulan, Anda akan mendapatkan gambaran tentang tingkat aliran uang masuk dan keluar dari bisnis Anda.

Anda membutuhkan arus masuk lebih besar dari arus keluar untuk menghasilkan keuntungan. Tetapi ukuran perbedaan itulah yang penting. Arus kas akan bervariasi dari waktu ke waktu karena beberapa bisnis tidak menghasilkan keuntungan yang konsisten setiap hari. Melihat grafik akan membantu Anda melihat pola arus kas saat nilai-nilai tersebut berubah.

Lakukan Penyesuaian Kecil Untuk Mengatur Arus Kas

Jika memungkinkan, Anda harus memiliki cukup uang tunai untuk bertahan sekitar tiga hingga enam bulan. Dengan begitu, ketika Anda mengalami satu atau dua bulan yang sulit, hal itu seharusnya tidak berdampak besar pada bisnis Anda. Tetapi jika arus kas Anda menyebabkan masalah pada waktu-waktu tertentu dalam satu bulan atau satu tahun, jangan panik. Anda mungkin dapat memperbaiki cara mengelola keuangan usaha tanpa perubahan dramatis. Caranya:

1. Pertimbangkan untuk menegosiasikan tanggal pembayaran yang berbeda dengan pemasok Anda untuk menyelaraskan arus masuk dengan arus keluar dengan lebih baik.

2. Bereksperimenlah dengan mengurangi jangka waktu pembayaran faktur Anda satu atau dua hari untuk mendorong pelanggan Anda membayar lebih cepat.

3. Pahami dampak negatif menyimpan inventaris di kantor belakang atau gudang Anda karena hal itu dapat menghabiskan ruang dan pendapatan Anda.

4. Tetapkan jalur kredit bisnis yang baik sehingga Anda dapat mengakses uang tambahan jangka pendek jika perlu.

Kelola Utang Perusahaan Anda

Hutang adalah fakta kehidupan bagi banyak bisnis. Hutang dapat berupa pendanaan awal, pinjaman untuk peralatan modal atau pembayaran hipotek komersial. Beberapa bisnis sepenuhnya bebas hutang. Dan jika biaya uang yang Anda pinjam lebih rendah daripada pemasukan yang diperoleh dari penggunaan uang itu oleh perusahaan Anda untuk setiap periodenya, maka masuk akal untuk melakukan pinjaman.

Kuncinya adalah menilai hutang Anda secara teratur. Perhatikan biaya pelunasan, lihat apakah keadaan Anda telah berubah, dan putuskan apakah Anda perlu mengurangi atau menambah pendanaan hutang Anda. Mengalihkan hutang Anda ke pemberi pinjaman yang berbeda terkadang dapat menghemat banyak uang dan memberi ruang yang luas untuk mengelola keuangan usaha Anda.

Tinjau Pengeluaran Secara Teratur

Sangat penting untuk tetap memperhatikan pengeluaran bisnis Anda. Perangkat lunak akuntansi yang baik akan memungkinkan Anda membuat laporan yang bermanfaat dengan cepat, seperti:

1. Laporan untung dan rugi: Ini menunjukkan pendapatan, pengeluaran, dan keuntungan perusahaan Anda dari waktu ke waktu

2. Laporan neraca: Ini menunjukkan aset, kewajiban, dan ekuitas bersih

3. Laporan laporan arus kas: Ini menunjukkan arus kas masuk dan keluar dari bisnis

4. Laporan hutang dagang dan piutang dagang: Ini menunjukkan berapa banyak uang yang terutang oleh, dan kepada, perusahaan Anda

5. Laporan penyusutan: Ini memberi Anda rincian nilai aset yang dimiliki oleh perusahaan Anda

Awasi sistem penggajian karyawan Anda juga, bahkan jika Anda melakukan outsourcing sebagian. Untuk perusahaan yang berkembang, hal ini seringkali lebih kompleks dari yang diperkirakan. Tinjau semua ini secara teratur, sebaiknya dengan bantuan akuntan atau penasihat keuangan Anda, yang dapat bertindak sebagai dewan yang sehat.

Ingatlah untuk memisahkan keuangan pribadi dan profesional Anda gunakan kartu kredit dan rekening bank secara terpisah untuk pengeluaran terkait bisnis karena hal itu membuatnya lebih mudah untuk melacak biaya perusahaan Anda dan juga mengidentifikasi penghapusan pajak bisnis.

Ingin tahu lebih lanjut tentang cara mengelola keuangan usaha? Mari ikuti program-program pelatihan manajemen keuangan yang tersedia di pasartrainer.com bersama dengan pelatih yang dapat membimbing Anda pada manajemen keuangan yang paling efisien dan efektif.

Referensi

Fundid. (2021). How to Manage Your Business Finances Effectively. Diakses pada 3 Mei 2023 dari: https://www.getfundid.com/learn/how-to-manage-business-finances

Suharti, E., Zatira, D., Hamdani, & Hendarji, Y. (2022). Strategi Bisnis Dalam Menentukan Kinerja Keuangan Perusahaan Properti Di Indonesia. Jurnal Ekonomi, 27(3), 380–398. https://doi.org/10.24912/je.v27i3.1182

Irvani, A. S. (2020). Manajemen Keuangan Dan Bisnis: Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mulyanti, D. (2017). Manajemen Keuangan Perusahaan. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 8(2), 62-71. https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/AKURAT

Victoria. (2022). Manage Business Finances: Pay Your Staff On Time, Maintain Cash Flow And Meet All Your Tax Obligations. Victoria State Government. Diakses pada 3 Mei 2023 dari: https://business.vic.gov.au/business-information/finance/set-up-your-finances/manage-business-finances

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.