Cara Menjadi HRD yang Sukses Dengan 10 Kualifikasi

Human Capital Jul 3, 2023

Menjadi HRD bukan untuk menjadi lemah hati. Mengelola pengalaman karyawan, merekrut talenta terbaik, mengawasi manfaat pendaftaran, dan memproses penggajian baru mulai menggores permukaan hari seorang praktisi SDM. Semua tanggung jawab itu membutuhkan serangkaian keterampilan unik dan terpilih, dan tidak semua orang cocok untuk pekerjaan itu. Ini adalah beberapa kualitas terpenting yang harus dimiliki oleh seorang profesional SDM untuk unggul di tempat kerja versi pasartrainer.com.

1. Selalu Terorganisir

Banyak cara menjadi HRD yang dimulai dari kebiasaan, itulah mengapa sangat penting untuk tetap teratur. SDM ditarik ke berbagai arah dan berhadapan dengan permasalahan tidak terduga sepanjang hari sehingga Anda harus dapat mengganti persneling dengan mudah. Berinvestasilah dalam rutinitas membuat catatan tempel, daftar tugas, perangkat lunak manajemen tugas atau apa pun yang membantu Anda memprioritaskan hari Anda, meningkatkan alur kerja harian Anda, dan menjaga Anda tetap pada jalur untuk mencapai tujuan Anda jika terjadi gangguan.

2. Berkomunikasi Secara Efektif

Cara menjadi HRD yaitu dengan menguasai teknik berkomunikasi yang efektif karena keterampilan ini penting untuk setiap peran yang dihadapi orang. Dari mewawancarai kandidat pekerjaan hingga menyelesaikan masalah di sekitar kantor, mampu mengkomunikasikan ide dan keputusan Anda secara efektif akan membantu Anda mengatasi apapun yang menghadang.

3. Mengikuti Contoh

Sebagian besar profesional SDM adalah pemimpin yang lahir alami. Meskipun mereka mungkin tidak menganggap diri mereka sebagai "orang yang ramah", mereka umumnya menemukan kegembiraan dalam membantu orang-orang di sekitar mereka tumbuh dan mencapai potensi penuh mereka. Apakah Anda mengawasi bawahan langsung atau hanya membantu karyawan Anda di sekitar kantor, praktisi SDM perlu memimpin dengan memberi contoh dan memastikan talenta mereka memiliki semua yang mereka butuhkan untuk memiliki karir yang sukses di perusahaan Anda.

4. Nikmati Memecahkan Masalah

Praktisi SDM mana pun akan memberi tahu Anda, tidak ada hari yang membosankan di kantor. Baik itu menyelesaikan konflik di tempat kerja, mencari tahu cara mengedukasi karyawan tentang penawaran tunjangan Anda, atau membangun strategi perekrutan, selalu ada sesuatu yang menarik untuk dikerjakan. Profesional SDM membutuhkan kemampuan pemecahan masalah yang kuat untuk dapat mengambil keputusan yang tepat di setiap situasi dan berpikir serta bertindak cepat untuk menghindari krisis.

5. Nyamankan Diri Ketika Membuat Keputusan Sulit

Sayangnya, SDM tidak semuanya menyenangkan dan banyak permainan. Lebih sering daripada tidak, Anda harus mendahulukan yang terbaik bagi perusahaan di atas keinginan pribadi Anda, apakah itu berkaitan dengan PHK atau mengurangi tunjangan karyawan. Profesional SDM harus membuat keputusan sulit setiap hari. Mengetahui keputusan Anda berdampak pada kehidupan karyawan Anda dan keluarga mereka bisa menjadi realisasi yang menakutkan, tetapi mampu membuat panggilan yang tepat untuk kebaikan bisnis adalah keterampilan yang penting dan diperlukan sebagai cara menjadi HRD yang profesional.

6. Berani Mengambil resiko

Kadang-kadang Anda mungkin menemukan diri Anda dalam situasi yang mengharuskan Anda mempercayai naluri Anda dan mengambil risiko, bahkan jika itu berarti Anda mungkin membuat kesalahan. Ketika datang untuk merekrut bakat baru atau menerapkan inisiatif SDM baru, Anda mungkin harus menerima hal yang tidak diketahui dan melakukan lompatan keyakinan. Kita semua membuat kesalahan, tetapi profesional SDM yang sukses memperlakukan setiap kegagalan sebagai peluang untuk mengulang ide mereka dan untuk tumbuh secara profesional dan pribadi.

7. Paham Data

Mampu membuat presentasi yang bagus adalah suatu keharusan bagi setiap profesional SDM. Berkat perangkat lunak SDM modern, profesional SDM saat ini memiliki akses ke semua data orang perusahaan mereka langsung di ujung jari mereka. Mengukur tren tempat kerja dan memvisualisasikan dampak dari inisiatif Anda lebih mudah dari sebelumnya, membuatnya lebih mudah dari sebelumnya untuk membuktikan nilai tim Anda dan meningkatkan presentasi kepemimpinan senior Anda berikutnya.

8. Jadilah Multitasker Berbakat

Administrasi manfaat, kurasi budaya, strategi perekrutan, keterlibatan karyawan adalah hal-hal vital yang harus dikuasai oleh seorang HRD. Oleh karena itu cara menjadi HRD adalah mampu menjadi multitasker yang baik untuk memenuhi semua tanggung jawab dan masalah yang berbeda yang dapat muncul sepanjang hari kerja tanpa pemberitahuan. Semua profesional HRD harus dapat memakai banyak topi sepanjang hari dan tetap pada jalur dengan tugas sehari-hari mereka.

9. Memiliki Etika yang Kuat

Tim SDM menangani informasi karyawan dan bisnis yang sensitif serta rahasia setiap hari. Profesional SDM bertanggung jawab untuk menjaga agar informasi tersebut tetap terkunci untuk mencegahnya jatuh ke tangan yang salah. Itu berarti bekerja sama dengan tim TI Anda untuk memastikan praktik keamanan Anda mutakhir dan tim Anda mengetahui penipuan phishing atau risiko keamanan lainnya. Kuasai etika bisnis karena ini merupakan bagian dari cara menjadi HRD profesional.

10. Cinta Belajar

SDM selalu berubah dan profesional SDM perlu mengikutinya. Undang-undang kepatuhan baru, ekspektasi karyawan, dan tunjangan hanyalah beberapa aspek profesional SDM industri yang selalu berubah. Kemungkinannya adalah perubahan dalam perusahaan Anda sendiri akan membuat Anda tetap waspada juga seperti perubahan jumlah karyawan, kepemimpinan senior baru, dan merger atau akuisisi yang dapat mengirimkan banyak tantangan baru ke arah Anda. Profesional SDM harus selalu memiliki telinga ke tanah dan tetap up-to-date pada undang-undang, ide, dan manfaat terbaru di industri. Cobalah untuk menekuni proses pembelajaran karena cara menjadi HRD profesional dibutuhkan konsistensi yang berulang dan tidak terbatas.

Jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang cara menjadi HRD, kunjungi situs pasartrainer.com dan temukan pelatihan-pelatihan yang relevan dengan kebutuhan Anda. Atau Anda dapat mengklik link berikut supaya bisa langsung menuju pilihan pelatihan yang dapat menunjang karir SDM Anda.

Referensi

1Training. (2023). 10 Strategies for Effective Human Resource Management. Diakses pada 6 Juni 2023 dari: https://www.1training.org/blog/strategies-human-resource-management/

Candrawardhani, S. (2022). 14 Jurusan Kuliah untuk Menjadi HRD yang Perlu Anda Pertimbangkan. Kitalulus. Diakses pada 6 Juni 2023 dari: https://www.kitalulus.com/bisnis/jurusan-kuliah-untuk-menjadi-hrd

Liotard, E. (2022). 10 Qualities Every Successful HR Professional Should Have. Namely. Diakses pada 6 Juni 2023 dari: https://blog.namely.com/qualities-of-successful-hr-professionals

Ray, A. S. (2023). 18 HR Tips & Tricks To Master The Art Of Human Resource Management. PeopleHum. Diakses pada 6 Juni 2023 dari: https://www.peoplehum.com/blog/human-resource-management-tips-tricks-master-the-art

Questibrilia, B. (2019). Menjadi HRD Profesional dengan 9 Langkah Penting ini. Jojonomic. Diakses pada 6 Juni 2023 dari: https://www.jojonomic.com/blog/menjadi-hrd-profesional/

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.