Catat! 7 Manfaat Audit bagi Perusahaan dan Biaya yang Diperlukan

Human Capital Dec 15, 2023

Audit menjadi solusi bagi perusahaan dalam manajemen internal, khususnya terkait aktivitas ilegal yang berisiko terjadi di perusahaan. Manfaat audit bagi perusahaan cukup beragam, namun yang utama adalah memastikan bahwa perusahaan berjalan dengan baik sesuai dengan perencanaan.

Lebih jelasnya, auditor sebagai pelaksana audit secara umum akan memeriksa dengan sistematis dan kritis terhadap sejumlah aspek pada perusahaan, terutama laporan keuangan perusahaan, dengan tujuan mengonfirmasi kebenaran dan kesesuaian aspek tersebut berdasarkan standar audit.

Apabila dilakukan dengan rinci, audit menjadi penentu apakah internal perusahaan telah terkendali dengan benar. Itulah mengapa, audit menjadi salah satu faktor pertumbuhan perusahaan. Mari intip pembahasannya berikut ini!

7 Manfaat Audit bagi Perusahaan

Audit perlu dilakukan secara rutin dan berkala menyesuaikan jenis dan jangkauan pemeriksaannya, dengan harapan perusahaan akan mendapatkan berbagai manfaat di bawah ini:

Manajemen Perusahaan Lancar

Kegunaan audit secara garis besar adalah manajemen perusahaan. Audit akan menilai dan menganalisa program yang dijalankan oleh perusahaan dengan memperhatikan kebutuhan pegawai di dalamnya agar dapat menyesuaikan standar nilai dan analisanya.

Menjadi Faktor Pendorong Kinerja Pegawai

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, audit akan menganalisis, menilai, serta memberikan saran pada perusahaan melalui hasil audit. 

Dalam proses analisis dan penilaian tersebut, auditor akan melakukan pengawasan terhadap setiap bagian atau divisi dalam perusahaan. Ini menjadi motivasi bagi pegawai perusahaan untuk selalu fokus serta bertanggung jawab pada tugasnya.

Memastikan Akurasi Transaksi dalam Perusahaan

Selanjutnya, audit akan memastikan bahwa transaksi yang terjadi di perusahaan telah berjalan dengan benar berdasarkan jumlah dan saldo yang tertera pada laporan keuangan.

Jadi, perhitungan pada laporan keuangan aman dari kesalahan serta telah dikelompokkan maupun dicatat dengan tepat sebagaimana data yang tercantum.

Memastikan Kelengkapan Data

Audit juga mengutamakan kelengkapan data ketika menjalankan prosedur pemeriksaan. Maka dari itu, ketika ada transaksi dalam perusahaan yang di dalam jurnal diketahui kekurangan data, maka akan menjadi evaluasi bagi perusahaan.

Itulah mengapa, setiap laporan perusahaan perlu memperhatikan detail dengan mencantumkan data secara terperinci agar tidak ada yang terlewatkan.

Memastikan Bukti Fisik dari Laporan

Manfaat dari audit satu ini akan melihat kebenaran dari laporan perusahaan, dengan memastikan bahwa seluruh keuntungan serta kewajiban yang telah dicatat memiliki bukti fisiknya.

Lebih jelasnya, setiap transaksi dalam perusahaan yang telah tercatat memang sudah terjadi dan bukan fiktif. Ini akan ikut mempengaruhi perhitungan pajak yang harus sebuah perusahaan tanggung setelah audit selesai.

Menjadi Sarana Penegakan Kepatuhan

Manfaat berikutnya adalah memastikan sebuah perusahaan telah patuh terhadap ketentuan hukum. Keputusan diambil dari proses verifikasi data keuangan perusahaan. 

Sehingga, apabila auditor menemukan pelanggaran dalam data tersebut, perusahaan dapat dilaporkan karena tidak patuh terhadap ketentuan hukum.

Mendeteksi Risiko Fraud

Berkaitan dengan manfaat sebelumnya, manfaat dari audit perusahaan yang satu ini pun juga tidak kalah penting. Fraud, atau kecurangan, dapat terjadi pada sebuah perusahaan terutama bila proses pemeriksaan data keuangan tidak menyeluruh dan detail. 

Namun, auditor akan mendeteksi fraud tersebut melalui pelaporan data keuangan yang asli dan terperinci berdasarkan fakta yang tertera di laporan.

Estimasi Biaya Audit untuk Perusahaan

person holding white and red plastic pack
Photo by Mufid Majnun / Unsplash

Setelah mengetahui berbagai manfaat dari audit untuk perusahaan, kamu kini dapat mengetahui estimasi biayanya bagi sebuah perusahaan.

Adapun tarif jasa audit menurut KAP, atau Kantor Akuntan Publik, cukup variatif. Besaran biaya akan ditentukan dari faktor seperti jumlah personil perusahaan, waktu yang diperlukan untuk audit, sampai dengan tarif audit untuk satu jam per personil perusahaannya. 

Suatu tim audit pun berisi lebih dari satu auditor, namun beberapa auditor yang memiliki kualifikasi serta pengalaman berbeda, mulai dari auditor senior hingga junior. Adapun ilustrasi estimasi biaya untuk audit apabila menggunakan auditor dari KAP resmi adalah sebagai berikut:

  • Partner, untuk perencanaan asesmen risiko, review pelaksanaan, serta penyimpulan hasil audit (Rp4,5 juta/4 jam);
  • Auditor Senior, untuk menjalankan prosedur audit dan review hasil kerja auditor junior (Rp6 juta/30 jam);
  • Auditor Junior, untuk mengumpulkan bukti serta melaksanakan proses audit (Rp9 juta/60 jam);
  • Asisten Auditor, untuk membantu kelancaran proses audit (Rp6,5 juta/80 jam);
  • Manajer, untuk memimpin tim auditor secara komprehensif serta review hasil kerjanya (Rp3,5 juta/8 jam).

Dari jumlah tarif tersebut, maka total biaya audit yang perlu disiapkan sebesar Rp31 juta. Nominal tersebut hanya perkiraan, sebab bisa terdapat pula penambahan biaya menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Berbagai manfaat dari audit pada perusahaan tersebut akan  bermanfaat bagi pertumbuhan perusahaan yang lebih pesat. Sebab, manajemen internalnya berjalan dengan baik sesuai ketentuan hukum dan akurasi kelengkapan data pun terjamin.

Untuk mendapatkan pelatihan audit, kamu bisa bekerja sama dengan PasarTrainer sebagai penyedia pelatihan yang telah berpengalaman. Dapatkan berbagai training audit sesuai kebutuhan perusahaan dengan mengunjungi halaman produk pelatihan audit!


Referensi

www.kapbav.com - 8 Manfaat Audit bagi Perusahaan
bukutansi.com - Manfaat Audit untuk Perusahaan
www.jaxaauditors.com - 10 Significant Advantages of Financial Audit to a Company
www.jurnal.id - Jasa Audit Laporan Keuangan

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.