Catat, Ini Hal-Hal yang Harus Disiapkan sebelum Pensiun!

Human Capital Jan 24, 2024

Pensiun itu pasti, karena itu Anda harus mempersiapkannya sejak dini. Jika tidak menyiapkan rencana pensiun sejahtera sejak masih bekerja, dikhawatirkan masa tua Anda nanti akan lebih sulit dan terkendala secara finansial.

Namun, persiapan yang matang diperlukan agar pensiun berjalan lancar. Jadi, pastikan untuk mengikuti berbagai panduan lengkap berikut! Dengan begitu, Anda bisa menikmati hasil kerja keras di masa tua nanti dan menjalani kehidupan yang lebih nyaman tanpa beban pekerjaan.

Apa Saja Hal-Hal yang Harus Disiapkan sebelum Pensiun?

Sebelum memasuki masa pensiun, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan agar pensiun Anda berjalan lancar tanpa khawatir, di antaranya yaitu:

Kondisi Keuangan yang Sehat dan Stabil

Sebelum pensiun, pastikan keuangan Anda dalam keadaan sehat dan stabil. Evaluasi dana pensiun Anda, termasuk rekening tabungan, investasi, atau rencana pensiun perusahaan.

Pastikan Anda sudah memiliki cukup dana untuk mencukupi kebutuhan harian, perawatan kesehatan, dan kebutuhan lain saat sudah tidak bekerja.

Lunasi Utang

Berikutnya, usahakan untuk sudah melunasi utang semaksimal mungkin sebelum berhenti bekerja.

Termasuk jenis utang seperti kartu kredit, kredit rumah, pinjaman mobil, atau utang lainnya. Pasalnya, utang dengan jumlah yang besar bisa berisiko mengurangi fleksibilitas keuangan Anda sesudah pensiun nanti.

Perencanaan Asuransi

Banyak orang cenderung mengabaikan aspek satu ini, terutama bagi para pekerja swasta (non PNS/ASN) yang asuransinya tidak ditanggung oleh pemerintah.

Padahal, perlindungan asuransi sangat penting selama pensiun, termasuk asuransi kesehatan, penyakit kritis, dan asuransi jiwa. Jadi, pahami manfaat, cakupan, dan biaya premi asuransi Anda sejak masih bekerja.

Investasi yang Tepat

Agar bisa mencapai kehidupan pensiun sejahtera, investasi adalah elemen keuangan yang sangat krusial sebagai sumber pemasukan pasif.

Jadi, pertimbangkan untuk memindahkan dana pensiun ke instrumen investasi yang lebih rendah risiko menjelang pensiun. Hindari instrumen dengan risiko tinggi yang dapat mengakibatkan fluktuasi nilai yang signifikan.

Pendapatan Pasif

Sumber pendapatan pasif ketika pensiun tidak harus berasal dari investasi saja, melainkan juga bisa dari sumber lainnya.

Cobalah untuk mengumpulkan berbagai aset lain seperti menyewakan rumah, mobil, atau membuka usaha yang santai dan bisa memberikan keuntungan bulanan.

Status Non-Efektif (NE) Wajib Pajak

Jika Anda tidak memiliki rencana bisnis atau pekerjaan lepas setelah pensiun nanti, pertimbangkan untuk segera mengajukan status Non-Efektif (NE) wajib pajak sedini mungkin.

Hal ini akan membantu menghindarkan Anda dari kewajiban melaporkan SPT Tahunan yang seringkali dianggap merepotkan bagi sebagian orang.

Kesehatan Pribadi

Selain masalah finansial, pastikan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan Anda sebelum pensiun dengan pemeriksaan rutin, pola makan sehat, olahraga, dan hindari kebiasaan buruk.

Pasalnya, kesehatan itu mahal, biaya berobat tidak selalu murah. Jadi, pastikan untuk memiliki asuransi kesehatan dan selalu jaga kesehatan tubuh sebagai investasi di masa tua nanti.

Rencanakan Aktivitas setelah Pensiun

Bagi beberapa orang yang senang bekerja atau tidak suka berdiam diri, sebaiknya pertimbangkan aktivitas yang akan Anda lakukan selama pensiun agar tidak bosan dan tetap produktif.

Contohnya seperti mengejar hobi, melakukan pekerjaan sukarela (volunteering), atau mengejar pendidikan lanjutan.

Hubungan Sosial

Saat berhenti bekerja, biasanya hubungan sosial dengan rekan kerja atau teman lain di lingkungan kerja rentan terhenti.

Jadi, selalu jaga hubungan sosial Anda, termasuk lingkup pertemanan, kegiatan sosial, hingga interaksi dengan keluarga. Bila perlu, cari komunitas atau kelompok dengan minat atau hobi yang sama.

Keseimbangan Hidup

Konsep keseimbangan seperti Work Life Balance tidak hanya bisa diterapkan dalam kehidupan kerja saja.

Anda harus selalu mempertimbangkan cara menjaga keseimbangan hidup selama pensiun. Caranya yaitu dengan menikmati hal-hal yang disukai, merencanakan liburan, dan menghindari rutinitas yang membosankan.

3 Langkah Wajib Menuju Masa Pensiun Sejahtera

Selain memperhatikan hal-hal yang wajib disiapkan pra pensiun sesuai panduan di atas, ada beberapa langkah yang juga perlu Anda ikuti untuk menjamin kesejahteraan di masa tua nanti. Di antaranya yaitu:

Hitung Kebutuhan Dana Pensiun

Dana pensiun perlu diperhatikan secara serius. Meskipun tempat kerja Anda mungkin sudah memiliki program pensiun, tambahan tabungan dan investasi tetap diperlukan.

Jadi, hitunglah dengan cermat berapa banyak dana yang dibutuhkan untuk biaya hidup selama berhenti bekerja nanti.

Mulai Menabung dan Berinvestasi

Langkah berikutnya, mulailah menabung sejak dini, sisihkan sekitar 15-20% dari pendapatan total yang Anda dapatkan untuk dana pensiun.

Namun perlu diingat bahwa tabungan saja tidak cukup. Pertimbangkan instrumen investasi di obligasi atau deposito untuk mencapai tujuan dana pensiun dengan cepat.

Miliki Asuransi

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, asuransi adalah jaminan hari tua yang sangat penting untuk disiapkan.

Jika Anda adalah seorang wiraswasta, atau jika perusahaan tempat Anda bekerja tidak menyediakan asuransi, pertimbangkan untuk menyiapkan asuransi sendiri.

Untuk mempelajari lebih lanjut terkait apa saja hal-hal yang harus disiapkan sebelum pensiun, Anda bisa mengikuti Program Pelatihan Human Capital dari Pasar Trainer yang membahas pelatihan tentang persiapan dan perencanaan pensiun yang baik.


Referensi

pina.id - 10 Checklist Hal-Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Pensiun
www.manulife.co.id - 3 Langkah Menuju Masa Pensiun Sejahtera
www.jenius.com - 7 Checklist yang Perlu Dilakukan Sebelum Pensiun

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.