Dasar-Dasar Penetapan Strategi Pemasaran Produk

Selling & Distribution Jul 3, 2023

Pemasaran produk adalah proses mempromosikan produk dan menjualnya kepada pelanggan. Tapi, tidak sesederhana itu. Banyak yang digunakan untuk memasarkan produk, dan cara Anda melakukannya dapat membuat atau menghancurkan kesuksesan bisnis Anda. Itulah mengapa sangat penting untuk mengetahui cara memasarkan produk dengan cara yang akan menarik minat dan mendorong pendapatan untuk bisnis Anda. Tetapi Anda tidak dapat melakukannya jika Anda tidak tahu harus mulai dari mana. Teruslah membaca untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa itu pemasaran produk, apa yang harus Anda pertimbangkan saat merencanakan strategi pemasaran produk, dan cara memasarkan produk. Anda juga dapat menggunakan tautan yang telah disiapkan pasartrainer.com untuk langsung membuka bagian yang paling menjawab pertanyaan Anda.

Apa Itu Strategi Pemasaran Produk?

Pemasaran produk adalah proses membawa produk ke pasar dan mendapatkannya di tangan pelanggan. Dalam hal ini, strategi pemasaran produk penting untuk semua jenis produk. Anda tidak bisa hanya berharap orang mengetahui tentang produk baru yang diluncurkan bisnis Anda. Anda perlu mempromosikan produk kepada mereka.

Untuk berhasil memasarkan produk, Anda harus memiliki pemahaman yang kuat tentang audiens target Anda karena hal itu akan mempengaruhi strategi pemasaran produk Anda. Pemasaran produk berfokus pada peningkatan permintaan akan suatu produk di antara pelanggan yang sudah ada dan membuat kampanye pemasaran khusus yang menarik bagi audiens target Anda.

Tujuan Pemasaran Produk

Ada beberapa tujuan strategi pemasaran produk, diantaranya:

1. Terlibat dengan pelanggan

Memasarkan produk adalah proses komunikasi dengan pelanggan Anda dengan memenuhi minat mereka dan menjalin hubungan dengan mereka secara lebih dalam. Dengan strategi pemasaran yang tepat, maka akan membuat Anda memahami apa yang mereka inginkan dan bahwa Anda dapat memenuhi kebutuhan mereka.

2. Meningkatkan pendapatan

Pada akhirnya, tujuan strategi pemasaran produk adalah untuk meningkatkan pendapatan bisnis Anda dengan mendorong penjualan. Kampanye pemasaran yang baik akan menarik pelanggan baru dan lama untuk membeli produk Anda.

3. Meningkatkan pengenalan merek

Strategi pemasaran produk juga dapat membantu memperkenalkan nama bisnis Anda dan meningkatkan pengenalan merek. Pikirkan beberapa ide kampanye pemasaran yang efektif yang dapat membantu Anda menjangkau audiens baru dan memperluas basis pelanggan Anda, seperti dengan influencer atau pemasaran media sosial.

Pertimbangan Khusus Untuk Strategi Pemasaran Produk

Saat merencanakan strategi pemasaran produk Anda, ada beberapa pertimbangan utama yang harus Anda ingat, seperti:

1. Pelanggan Sasaran Anda

Agar berhasil memasarkan produk Anda, Anda perlu mengidentifikasi persona pembeli dan audiens target Anda. Persona pembeli Anda pada dasarnya adalah deskripsi seseorang yang mewakili audiens target Anda. Ini akan mencakup demografi penting seperti usia, jenis kelamin, gaya hidup, dan poin rasa sakit mereka. Anda mungkin memiliki beberapa persona pembeli. Anda juga harus melakukan penelitian pelanggan yang cukup sehingga Anda dapat memiliki pemahaman yang kuat tentang kebutuhan, tantangan, dan masalah pelanggan Anda.

2. Tujuan Anda

Saat merencanakan cara memasarkan produk Anda, Anda perlu memikirkan apa tujuan Anda. Tentu saja Anda ingin mendorong penjualan, tetapi Anda mungkin juga ingin meningkatkan interaksi dengan pelanggan atau memasuki pasar baru. Mengidentifikasi tujuan Anda untuk produk Anda akan membantu Anda mendapatkan ide yang lebih baik tentang bagaimana tepatnya Anda harus memasarkannya. Anda harus bertujuan untuk memiliki tujuan S.M.A.R.T untuk bisnis Anda, yang berarti tujuan tersebut harus spesifik (specific), terukur (measurable), dapat dicapai (attainable), realistis (realistic), dan terikat waktu (time bound). Ini akan membantu Anda menciptakan tujuan yang benar-benar dapat Anda capai.

3. Keunggulan Kompetitif Anda

Jika ada bisnis yang sangat mirip dengan bisnis Anda (yang kemungkinan besar ada), Anda perlu mencari tahu apa yang membedakan Anda dari mereka. Apa yang membuat Anda menjadi pilihan yang lebih diinginkan oleh pelanggan Anda? Mengapa mereka harus memilih Anda daripada bisnis serupa? Apakah pilihan Anda rendah kalori, lebih mudah digunakan, atau berkelanjutan? Ini disebut keunggulan kompetitif Anda, dan mengetahui keunggulan kompetitif Anda sangat penting untuk keberhasilan kampanye pemasaran Anda.

4. Anggaran

Mencari tahu anggaran Anda untuk kampanye pemasaran Anda juga penting agar Anda tidak mengeluarkan uang terlalu banyak dan menempatkan bisnis Anda dalam posisi keuangan yang genting. Memiliki anggaran akan membantu Anda mengalokasikan sumber daya sehingga Anda dapat membelanjakan uang untuk hal yang benar-benar penting. Namun selain membuat anggaran di awal, Anda juga perlu mengelola anggaran selama kampanye sehingga Anda dapat memastikan bahwa pengeluaran Anda sesuai rencana. Jika Anda menemukan bahwa Anda akan melebihi anggaran Anda, Anda mungkin perlu menyesuaikan kembali strategi Anda.

Cara Memasarkan Produk

Jadi sekarang Anda tahu apa itu strategi pemasaran produk dan mengapa itu penting untuk bisnis Anda, berikut adalah ikhtisar langkah demi langkah tentang cara memasarkan produk:

1. Tentukan Target Audiens Anda

Misalnya, jika audiens target Anda adalah mahasiswa, dan mereka mendapatkan informasinya terutama dari media sosial, itu akan membantu Anda membuat kampanye pemasaran yang lebih efektif yang ditujukan khusus untuk mereka.

2. Pahami Produk Anda

Jika Anda tidak memiliki pemahaman yang lengkap tentang produk Anda, cara kerjanya, dan bagaimana produk tersebut dapat bermanfaat bagi orang lain, Anda tidak akan dapat mempromosikannya secara efektif. Jadi, jika Anda belum melakukannya, luangkan waktu untuk meneliti seluk beluk produk Anda sehingga Anda dapat merasa yakin dengan pemahaman Anda tentangnya.

3. Bangun Tim

Memasarkan produk jarang merupakan pekerjaan satu orang. Anda kemungkinan besar akan membutuhkan tim yang terdiri dari orang-orang yang berpikiran sama untuk membantu Anda dalam menciptakan strategi pemasaran produk serta berhasil memasarkan produk Anda.

4. Buat Rencana

Rencana Anda harus mencakup apa tujuan Anda, langkah-langkah yang akan Anda ambil untuk mencapai tujuan tersebut, potensi tantangan yang mungkin Anda hadapi, dan apa yang akan Anda lakukan jika tantangan ini muncul. Dalam hal pemasaran produk, Anda tidak akan pernah terlalu siap, dan memiliki rencana terperinci adalah salah satu cara untuk memastikan Anda siap menghadapi apapun yang terjadi.

5. Promosikan Produk Anda

Setelah rencana Anda selesai, maka datanglah bagian terpenting yaitu benar-benar mempromosikan produk Anda. Mempromosikan produk Anda adalah kunci untuk memastikannya menjangkau audiens target Anda dengan cara yang benar. Ada banyak cara untuk mempromosikan produk Anda, antara lain:

  • Pemasaran pemberi pengaruh
  • Iklan media sosial yang ditargetkan
  • Lomba media sosial
  • Posting blog

Anda dapat menggunakan salah satu, atau kombinasi, dari taktik pemasaran ini untuk mempromosikan produk Anda. Mungkin perlu beberapa percobaan dan kesalahan sebelum Anda menemukan taktik pemasaran terbaik yang sesuai untuk bisnis Anda.

Referensi

Fawsi, M. G. H. F., dkk. (2022). Strategi Pemasaran: Konsep, Teori Dan Implementasi. Tangerang Selatan: Pascal Books.

Indrayani, I., & Ramadhanty, A. (2020). Strategi Apple Inc. Dalam penguasaan Pasar Produk Teknologi Di Indonesia Tahun 2015-2019. Jurnal Ilmu Dan Budaya, 41(67), 7917-7934. http://dx.doi.org/10.47313/jib.v41i67.812

Kumparan. (2018). Strategi Xiaomi Jadi Vendor Smartphone Terlaris Kedua di Indonesia. KumparanTech. Diakses pada 7 Juni 2023 dari: https://kumparan.com/kumparantech/strategi-xiaomi-jadi-vendor-smartphone-terlaris-kedua-di-indonesia-1536494723592173749/full

Yunianto, T. K. (2021). Mengintip Startegi Pemasaran Apple Menjual Barang Premium. Marketeers. Diakses pada 8 Juni 2023 dari: https://www.marketeers.com/mengintip-startegi-pemasaran-apple-menjual-barang-premium/

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.