Fiber Optic: Fungsi, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangannya

Telecommunications Feb 6, 2024

Fiber optic atau serat optik merupakan salah satu jenis kabel yang digunakan untuk mengirim data dalam jumlah yang cukup besar dengan gesit dan aman tentunya. Umumnya, kabel ini sering digunakan untuk kebutuhan telekomunikasi, industri medis, dan jaringan komputer.

Serat optik ini merupakan salah satu inovasi baru dalam layanan internet. Berkatnya, Kamu bisa menikmati layanan internet dengan kecepatan tinggi tanpa khawatir akan dipengaruhi oleh kondisi cuaca. Untuk mengenalnya lebih jauh, mari ketahui pengertian, cara kerja, kelebihan, serta kekurangannya.

Apa Itu Fiber Optic?

Serat optik merupakan sejenis kabel atau saluran transmisi yang berbahan plastik atau kaca dengan sifat super halus yang mana fungsinya digunakan sebagai transmisi sinyal cahaya pada suatu tempat menuju tempat lain.

Kabel serat optik menggunakan pembiasan cahaya sebagai prinsip kerjanya sehingga menghasilkan kecepatan yang optimal. Biasanya, serat optik mengandalkan LED sebagai sumber cahayanya

Menurut sebuah sumber, dikatakan bahwa prinsip kerja dari serat optik cukup unik. Pasalnya, kabel ini tidak menggunakan arus listrik, melainkan memanfaatkan aliran cahaya yang berasal dari aliran listrik. Hal ini gelombang elektromagnetik tidak dapat mengganggunya.

Cara Kerja Fiber Optic

Prinsip kerja serat optik adalah dengan memanfaatkan sifat pemantulan dan pembiasan cahaya. Sinyal cahaya yang dipancarkan oleh laser atau LED akan dihantarkan melalui serat optik. 

Serat optik mempunyai inti (core) yang terbuat dari kaca atau plastik yang jernih dan dikelilingi oleh lapisan selubung (cladding). Sinyal cahaya akan dibelokkan dan dipantulkan oleh lapisan selubung sehingga dapat merambat sepanjang serat optik.

Kelebihan Fiber Optik

Setelah mengetahui cara kerja fiber optic, selanjutnya Kamu akan mengenali kelebihannya. Kabel serat optik memiliki berbagai kelebihan dibandingkan dengan kabel konvensional, seperti kabel tembaga. Berikut ini adalah beberapa kelebihan serat optik:

Kecepatan Transfer Data yang Tinggi

Kelebihan serat optik yang paling utama adalah kemampuannya dalam mengirim data dengan kecepatan yang tinggi. Idealnya, kabel serat optik memiliki kecepatan yang mendekati kecepatan cahaya, yaitu sekira 299.792 km/s.

Hal ini membuat pengguna dapat mengunduh file dengan ukuran yang besar, menonton video online berkualitas tinggi, dan melakukan berbagai kegiatan berbasis online lainnya dengan nyaman dan lancar.

Kapasitas yang Besar

Kabel serat optik juga memiliki kapasitas yang besar. Saat ini, kabel serat optik memiliki link dengan kemampuan penyimpanan mulai dari Gbps (Gigabit per second), Tbps (Terabit per second), bahkan bisa lebih dari itu.

Sebagai contoh, kabel serat optik dengan kapasitas 10 Gbps mampu mengirim sekitar 10 miliar bit data dalam setiap detiknya. Dengan kapasitas yang besar ini, pengguna dapat menerima dan mengirim data yang besar.

Ketahanan Terhadap Gangguan

Kabel serat optik tidak terpengaruh oleh gangguan elektromagnetik. Hal ini karena kabel serat optik menggunakan cahaya untuk mentransmisikan data, bukan listrik. 

Oleh karena itu, kabel serat optik sangat cocok digunakan di lingkungan yang memiliki banyak gangguan elektromagnetik, seperti dekat dengan pembangkit listrik atau peralatan elektronik lainnya.

Jarak Transmisi Jauh

Kabel serat optik juga memiliki jangkauan transmisi sinyal data yang memiliki jangkauan jarak yang cukup jauh. Jangkauan jarak ini cukup bervariasi, dipengaruhi oleh beberapa hal seperti kondisi lingkungan, jenis serat optik yang dipakai, serta teknologi transmisi yang dipakai. 

Ukuran yang Kecil dan Ringan

Kabel serat optik memiliki ukuran yang kecil dan ringan. Hal ini memudahkan kabel serat optik untuk dipasang dan didistribusikan.

Kelebihan-kelebihan tersebut membuat serat optik menjadi pilihan yang tepat untuk berbagai keperluan, seperti komunikasi data, internet, TV kabel, dan telepon.

Kekurangan Fiber Optic

Di samping sederet kelebihannya, serat optik juga memiliki beberapa kekurangan yang tidak dapat dihindari. Adapun kekurangan dari serat optik yaitu sebagai berikut:

Biaya Pemasangan yang Mahal

Salah satu kekurangan serat optik yang paling utama adalah biaya pemasangan yang mahal. Hal ini disebabkan oleh bahan baku yang digunakan untuk membuat serat optik, yaitu kaca, yang memiliki harga yang relatif tinggi. 

Selain itu, proses pemasangan serat optik juga membutuhkan keahlian khusus, sehingga menambah biaya pemasangan.

Kerentanan Terhadap Kerusakan Fisik

Serat optik terbuat dari kaca yang mudah patah jika mengalami benturan atau tekanan yang keras. Oleh karena itu, serat optik harus dipasang dengan hati-hati dan dilindungi dari benturan atau tekanan.

Membutuhkan Keahlian Khusus

Pemasangan dan pemeliharaan jaringan serat optik membutuhkan keahlian khusus. Oleh karena itu, jika Kamu ingin memasang jaringan serat optik di rumah atau kantor, Kamu harus menggunakan jasa profesional.

Pemasangan Tidak Boleh Sembarangan

Pemasangan kabel serat optik tidak boleh dilakukan sembarangan. Agar gelombang tidak mengalami hambatan, sebaiknya serat optik dipasang pada jalur dengan sudut lengkung, 

Demikian informasi mengenai cara kerja fiber optic, kelebihan, dan kekurangannya. Untuk memahaminya lebih dalam, Kamu bisa mengikuti Program Pelatihan Telekomunikasi di PasarTrainer. Kamu dapat mengenali berbagai hal terkait serat optik. Mulai dari kapasitas hingga cara pengaplikasiannnya.


Referensi

sinarmonas.co.id - Fiber Optik Kelebihan dan Kelemahannya
www.firstmedia.com - 5 Keuntungan Internet Fiber Optic
blog.myorbit.id - Jenis Kabel Fiber Optik
www.detik.com - Kabel Fiber Optik Fungsi Jenis Kelebihan dan Kekurangannya
kumparan.com - Fiber Optik Definisi Manfaat Kelebihan dan Kekurangannya
tabloidpulsa.id - Mengenal Teknologi Fiber Optik Manfaat dan Keunggulannya

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.