Food & Beverage, Bisnis yang Gak Ada Matinya!

Selling & Distribution Jul 3, 2023

Food & Beverage (F&B) adalah salah satu industri tertua di planet ini, tetapi masih penuh dengan inovasi. Dari produk baru hingga teknik produksi bervolume tinggi dan berbiaya rendah, industri ini selalu mencari cara baru untuk memproduksi makanan yang diinginkan konsumen dengan harga terbaik. Dan peralatan vital ada di setiap langkah. Dari oven sederhana dan ban berjalan hingga mesin pembotolan dan pengemasan yang rumit, industri makanan dan minuman bergantung pada peralatan untuk produksi makanan skala industri. Dalam artikel ini, pasartrainer.com memberikan ikhtisar singkat tentang industri penting ini dan melihat tantangan unik yang ada serta cara menghadapi tantangan tersebut pada industri Food & Beverage.

Apa Itu Industri Food & Beverage?

Industri Food & Beverage artinya semua perusahaan yang terlibat dalam mengubah barang pertanian mentah menjadi produk makanan konsumen. Rantai pasokan industri secara keseluruhan meliputi pengolahan makanan, pengemasan, dan distribusi. Itu tidak mencakup produksi makanan mentah, yang termasuk dalam industri pertanian yang terkait erat. Industri ini meliputi makanan segar, makanan kemasan, dan minuman (beralkohol dan non-alkohol). Dari makanan yang dijual di toko kelontong hingga makanan matang yang disajikan di restoran, institusi, dan acara, industri ini melayani berbagai macam gerai ritel.

Contoh Pengolahan Pada Industri Food & Beverage

1. Mengubah susu segar menjadi apa pun mulai dari tenaga dehidrasi hingga keju halus.

2. Mengolah tanaman utuh seperti wortel menjadi barang kemasan yang dipotong dadu atau dipotong.

3. Mengubah biji-bijian menjadi tepung dan kemudian berbagai makanan yang dipanggang.

4. Menyembelih kambing, sapi, ayam, dll. (Satu pabrik, misalnya, dapat memproses 1000 ekor sapi dalam satu hari untuk dijadikan sosis).

5. Menambahkan komponen kimia seperti pengawet untuk meningkatkan umur simpan dan mengurangi pembusukan. Fortifikasi nutrisi adalah contoh menonjol lainnya.

6. Menggunakan protein untuk memproduksi gelombang baru daging sintetis: contoh yang bagus tentang bagaimana industri ini tidak hanya menciptakan produk baru tetapi juga seluruh kategori produk baru.

Semua proses ini datang dengan jadwal pengemasan dan distribusi yang mendesak, seringkali dengan keharusan untuk menyelesaikan proses, dengan makanan olahan keluar dari pintu, dalam waktu kurang dari 48 jam sejak menerima makanan mentah dari pertanian.

Point Vital Industri Food & Beverage

Sementara kategori makanan yang berbeda membutuhkan proses produksi yang sangat berbeda, beberapa tantangan sama-sama dimiliki oleh industri ini. Industri Food & Beverage ditugaskan untuk memecahkan beberapa tantangan bisnis yang unik:

1. Rantai pasokan yang sensitif terhadap waktu di mana produk bisa cepat rusak. Realitas ini berarti perusahaan makanan selalu sesuai jadwal, perlu merencanakan penyimpanan dan transportasi khusus, dan harus mempraktekkan pengendalian inventaris dengan hati-hati.

2. Lingkungan produksi manufaktur dengan tuntutan unik untuk kebersihan dan penanganan makanan yang aman. Keharusan ini mencakup segala sesuatu mulai dari persyaratan pembersihan peralatan yang lengkap hingga kontrol yang ketat dan potensi alergen.

3. Sebuah industri yang sangat diatur yang perlu hati-hati memastikan praktik produksi sesuai dengan kode.

4. Kecenderungan terhadap produk yang sensitif terhadap harga di mana setiap margin penting.

Masalah-Masalah yang Sering Muncul Dalam Industri Food & Beverage

Untuk peralatan pengepakan dan pemrosesan, kinerja peralatan yang lebih baik memiliki nilai bisnis nyata bagi perusahaan makanan dan minuman. Pertama, downtime bisa sangat mahal dalam industri yang sensitif terhadap waktu ini: keandalan sangat penting. Kedua, efisiensi penting bagi industri yang kompetitif dan peka margin ini. Mesin yang lebih cepat dan bervolume lebih tinggi penting untuk berbagai macam pengolah makanan. Ketiga, kegagalan untuk tetap mematuhi peraturan dapat mengakibatkan hilangnya produksi, denda, atau bahkan tanggung jawab hukum.

Saat mencari peningkatan performa untuk peralatannya, industri ini harus memperhatikan beberapa masalah lingkungan yang unik, karena:

1.  Pemrosesan makanan dapat mencakup berbagai kondisi suhu, mulai dari flash-freezer hingga penggorengan atau oven skala industri. Bahan harus dipilih dengan hati-hati untuk karakteristik kinerja pada suhu ekstrem ini.

2. Persyaratan pembersihan yang tinggi untuk peralatan pemrosesan dan pengemasan makanan berarti bahan pembersih yang sangat kuat harus digunakan. Bahan kimia pembersih ini sangat pedas sehingga dapat merusak banyak bahan. Bahan harus dipilih dengan hati-hati untuk mencerminkan bahan pembersih yang akan digunakan. Perawatan UV adalah proses pembersihan lain yang berpotensi merusak. Memilih bahan yang tepat penting untuk menghindari kontaminasi dari minyak, memastikan kemudahan bahan kimia pembersih kaustik, dan menghindari bahan yang terlalu berpori tempat mikroba dapat bersembunyi.

3.  Produk makanan kering seperti biji-bijian, kacang-kacangan, dan gula bersifat abrasif terhadap perangkat keras dan bahan bantalan. Materi partikulat juga dapat dihasilkan dalam produksi makanan dari berbagai jenis. “Debu makanan” ini dapat dengan mudah masuk ke bagian dalam mesin yang terbuka, menyebabkan kerusakan dan mengurangi keandalan. Gemuk lengket untuk bantalan logam tradisional dapat memperparah masalah ini, berfungsi hampir seperti flypaper untuk kontaminan.

4. Peralatan harus disetujui oleh semua regulator terkait seperti SNI (Standar Nasional Indonesia) atau standar internasional melalui kementerian perindustrian dan perdagangan.

Peralatan Pengolahan Makanan

Industri Food & Beverage menggunakan berbagai macam peralatan khusus untuk mengubah makanan mentah menjadi produk makanan dalam skala besar. Karena ada begitu banyak jenis pemrosesan makanan, mesin yang terlibat dapat memberikan tekanan operasional yang sangat berbeda pada bantalan dan komponen serupa. Beberapa dari mesin ini bekerja hampir 24/7: itulah satu-satunya cara untuk memaksimalkan produksi di industri bervolume tinggi ini. Ini berarti penghentian pemeliharaan, kegagalan kritis, dan masalah kontaminasi semuanya merupakan ancaman serius terhadap produksi yang efisien untuk memenuhi semua pesanan tepat waktu.

Tertarik untuk memperdalam ilmu dan keterampilan tentang Food & Beverage secara lebih dalam? Kunjungi pasartrainer.com untuk mendapatkan paket pelatihan yang relevan dengan bisnis Food & Beverage.

Referensi

Ananda, A., & Pradini, G. (2022). Peran Food & Beverage Service Dalam Memberikan Pelayanan Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Di Mc Donald's Jatipadang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(3), 263-277. https://doi.org/10.34308/eqien.v11i03.1131

Santoso, D. (2023). Food and beverage Management di Indonesia. Smart Presence. Diakses pada 7 Juni 2023 dari: https://smartpresence.id/blog/hr/food-and-beverage-management-di-indonesia

Segal, T. (2023). Profit Margins for the Food and Beverage Sector. Sectors & Industries. Diakses pada 7 Juni 2023 dari: https://www.investopedia.com/ask/answers/071015/what-profit-margin-usual-company-food-and-beverage-sector.asp

Tristar. (2023). Food And Beverage Industry: Why Bearing Materials Matter. Diakses pada 7 Juni 2023 dari: https://www.tstar.com/food-and-beverage-industry-overview

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.