Fungsi Linkedin dalam Dunia Marketing dan Tips Optimasinya

Leadership & Soft Skills May 9, 2024

Banyak sekali fungsi LinkedIn dalam dunia marketing. Platform yang berfokus pada pekerjaan dan bisnis tersebut menjadi media digital yang efektif untuk mempromosikan bisnis kita. Sebab, LinkedIn memiliki jaringan profesional yang luas sesuai niche industrinya.

Kita bisa menjangkau lebih banyak audiens jika ingin meningkatkan visibilitas brand. Pastikan saja bahwa kita telah menerapkan berbagai tips optimasi marketing LinkedIn dalam artikel ini. Berikut informasi selengkapnya: 

7 Fungsi Linkedin dalam Dunia Marketing

Bagi dunia marketing, berbagai fungsi LinkedIn di bawah ini sangat bermanfaat terutama bagi kita yang berada di industri B2B (Business-to-Business):

1. Meningkatkan Kesadaran dan Visibilitas Brand

Kita bisa membuat profil LinkedIn Business yang menarik sebagai branding bisnis. Kemudian, bagikan konten relevan yang informatif dalam bentuk artikel atau video kepada audiens. 

Cara tersebut akan meningkatkan visibilitas serta kesadaran brand kita di LinkedIn. Lakukan juga interaksi dengan pengguna lain. Berikan like atau komentar sehingga aktivitas profil kita naik. Ini membantu profil bisnis semakin dikenali audiens. 

2. Membentuk Jaringan Profesional

Fungsi LinkedIn dalam dunia marketing selanjutnya adalah sebagai platform untuk membentuk jaringan profesional. Terdapat banyak pengguna yang merupakan profesional di bidangnya.

Kita dapat terhubung dengan mereka untuk membentuk jaringan bisnis yang memadai. Melalui jaringan tersebut, kita akan menemukan pengguna potensial yang bisa menjadi pelanggan baru, mitra bisnis, atau karyawan berkualitas.

3. Menyasar Audiens yang Sesuai

Platform LinkedIn memiliki alat untuk menargetkan audiens secara tepat. kita dapat menentukan jenis audiens menurut industri, perusahaan, pekerjaan, lokasi, hingga keterampilan profesionalnya. 

Penargetan tersebut membantu konten kita ditampilkan ke audiens yang sesuai dan relevan. Peluang konversi pun menjadi lebih besar karena konten menyediakan solusi atas kebutuhan audiens.  

4. Menghasilkan Traffic ke Website

Salah satu bentuk konversi yang bisa kita hasilkan dari penargetan konten ke audiens yang sesuai adalah traffic menuju website bisnis. 

Cantumkan tautan halaman website yang selaras dengan isi konten agar meningkatkan kepercayaan audiens. Begitulah cara traffic organik ke website meningkat. Prospek bisnis pun jadi lebih terarah melalui bentuk konversi satu ini.

5. Membangun Kredibilitas Bisnis

Maksimalkan fungsi LinkedIn dalam dunia marketing sebagai sarana membangun kredibilitas bisnis. Perkuat citra profesional dengan konsisten membagikan konten relevan yang kaya sumber terpercaya. 

Selain itu, lakukan interaksi yang berwawasan dengan para profesional di LinkedIn. Hal tersebut akan mendukung terciptanya kredibilitas bisnis, sehingga nilai brand kita bertambah di mata audiens.

6. Memperbesar Peluang Kerjasama dan Kemitraan

Apabila kredibilitas dan nilai bisnis telah kuat di mata audiens, gerbang masuk untuk kerjasama serta kemitraan akan terbuka lebar. Ini membantu kita mewujudkan leads berupa pencapaian penjualan yang prospektif.

Tidak hanya itu, kita juga bisa menarik audiens menjadi pelanggan melalui peluang kerjasama tersebut. Bisnis pun lebih mungkin untuk berkembang dan memperluas jaringannya.

7. Mengumpulkan Informasi Industri Terkini 

LinkedIn memberikan akses ke komunitas dan grup industri yang cocok dengan niche bisnis kita. Biasanya, grup akan berisi para profesional dan ahli di industri tersebut. 

Bergabunglah dalam grup yang relevan untuk mengumpulkan informasi terkini mengenai industri yang kita jalani. Libatkan brand ketika ada diskusi mengenai perkembangan atau tren industri dengan memberikan tanggapan atau pertanyaan.

4 Tips Optimasi Marketing di LinkedIn

Setelah mengetahui apa saja fungsi LinkedIn dalam dunia marketing, berikut tips optimasinya yang bisa kita terapkan:

1. Memproduksi Konten Menarik dan Berkualitas

Buatlah artikel dengan visual pendukung dalam bentuk gambar, video, hingga infografis agar memikat audiens. Pastikan isi konten relevan dan informatif agar dipandang sebagai konten berkualitas oleh audiens. 

Atur pengunggahan konten agar konsisten pada waktu tertentu. Jangan lupa pertahankan gaya penulisan konten agar selaras dengan citra brand. Cara tersebut akan meningkatkan visibilitas dan juga brand awareness terhadap audiens.

2. Memanfaatkan Fitur Iklan

Untuk mencapai audiens lebih spesifik, manfaatkan fitur iklan pada LinkedIn. Ciptakan iklan yang menarik dengan isi pesan sesuai target audiens. 

Cantumkan informasi yang mengajak audiens untuk melakukan konversi, misalnya mengarahkan untuk mengunjungi website bisnis.

3. Bergabung ke Grup yang Relevan

Tips ampuh selanjutnya yang akan membantu kita meningkatkan visibilitas brand adalah dengan bergabung ke grup LinkedIn. Pilih grup relevan yang isinya membahas perkembangan industri sesuai niche bisnis.

Berpartisipasilah secara aktif untuk mengundang ketertarikan anggota grup akan brand kita. Berikan komentar hingga bagikan wawasan yang kita miliki ketika terjadi diskusi dalam grup.

Lalu, pastikan kita menghindari spam di grup demi mempromosikan konten. Berkontribusilah dalam bentuk yang bermanfaat agar menjaga reputasi brand.

4. Membuat Penawaran Eksklusif

Kita juga bisa menawarkan promosi eksklusif hanya bagi klien di LinkedIn saja dan tidak tersedia pada platform lain. Umumkan promosi melalui konten dengan Call to Action yang mengarah ke halaman produk.

Berbagai fungsi LinkedIn dalam dunia marketing tersebut membuat kita wajib memahami cara optimasinya. Ikuti program pelatihan LinkedIn Marketing dari PasarTrainer agar mendapatkan bimbingan langsung dari ahlinya!

PasarTrainer mengutamakan kepuasan pelanggan sehingga kualitas pelatihan terpercaya. Jadi, mari optimasi marketing di LinkedIn bersama PasarTrainer!


Referensi: 

www.krona.co.id - Marketing Linkedin Untuk Perusahaan Ternyata Sangat Efektif


mtarget.co - Manfaat Linkedin Untuk Bisnis


toffeedev.com - Business and Marketing Fungsi Linkedin


www.linkedin.com - Optimasi Linkedin Marketing

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.