Gapai Cita-Citamu Dengan Mengaplikasikan Business Management!

Office Management Jul 24, 2023

Bisnis adalah sebuah bidang pekerjaan yang memiliki ketidakpastian. Ada kalanya bisnis pasang, dan ada kalanya pula bisnis dalam keadaan surut. Pada saat bisnis Anda sedang pasang atau mengalami kenaikan, mungkin Anda akan bingung harus melakukan apa, karena jika salah sedikit saja, dapat menjadi kegagalan besar bagi bisnis yang Anda jalankan. Sedangkan pada saat bisnis Anda sedang mengalami surut atau penurunan, bisnis Anda bisa saja tenggelam jika Anda tidak tahu bagaimana mengelola keadaan yang sedang menyesakkan. Namun jangan khawatir, pasartrainer.com bermaksud mengajak Anda yang bertanya-tanya tentang business management belajar apa dan kaitannya dengan penanganan aktivitas bisnis di masa-masa kejayaan ataupun keterpurukan bisnis Anda!

Apa Sih Business Management Itu?

Business management adalah upaya koordinasi dan pengorganisasian kegiatan bisnis. Manajer bisnis mengawasi operasi dan membantu karyawan mencapai tingkat produktivitas tertinggi mereka. Seorang manajer bisnis juga dapat mengawasi atau melatih karyawan baru, membantu bisnis mencapai tujuan operasional dan keuangannya. Sebuah perusahaan mungkin mengharapkan Anda untuk membantu program pemasarannya atau mengetahui cara-cara agar perusahaan dapat memangkas biaya. Anda harus memiliki pemahaman yang tajam tentang prosedur akuntansi, pemasaran, dan administrasi yang diperlukan untuk menjalankan bisnis.

Selain itu, jika Anda bertanya business management belajar apa, maka Anda dapat mencarinya pada program business management yang relevan. Program business management dirancang untuk memberikan karyawan atau wirausahawan keterampilan dan pengalaman di bidang dukungan bisnis, manajemen, dan kewirausahaan yang sangat kompetitif. Dari akuntansi hingga asisten hukum, hingga manajemen konstruksi, program-program ini memberi para pesertanya alat teoretis dan pengalaman praktis untuk maju dalam pekerjaan mereka saat ini atau memasuki karier baru.

Keterampilan-Keterampilan Dalam Management Business

Untuk mengelola organisasi dan sumber dayanya secara efektif, manajer bisnis perlu memiliki keterampilan keras dan lunak (soft skills) di sejumlah bidang yang berbeda, antara lain yaitu:

1)  Manajemen Keuangan

Pada akhirnya, sebuah bisnis ada untuk menghasilkan keuntungan melalui penjualan barang atau jasa; yang membuatnya penting bahwa seorang manajer bisnis dilengkapi dengan pengetahuan keuangan, keterampilan dan pengalaman yang dibutuhkan untuk membuat keputusan yang tepat untuk keberhasilan organisasi. Manajer bisnis harus memiliki pemahaman yang kuat dan terampil dalam penganggaran, akuntansi, pajak, analisis keuangan, dan strategi investasi. Kombinasi keterampilan ini memungkinkan Anda, sebagai seorang manajer, mengoordinasikan tenaga kerja, sumber daya, dan proyek secara efektif untuk memastikan kerugian minimum dan keuntungan maksimum. Berkaitan dengan ini, business management belajar apa saja yang Anda butuhkan!

2)  Manajemen Perencanaan

Aspek besar manajemen adalah kemampuan untuk mengalokasikan sumber daya secara efektif untuk memanfaatkan peluang dan memitigasi risiko; ini tidak dapat dilakukan tanpa perencanaan yang cermat dan komprehensif. Seorang manajer bisnis harus mampu menyusun strategi dan merumuskan rencana dan proyek yang akan mendorong pertumbuhan organisasi, sambil juga mengarahkan faktor risiko potensial. Hal ini sangat penting pada saat ketidakstabilan politik, ekonomi, dan global, karena manajer perlu menganalisis alokasi dana dan memutuskan area terbaik untuk mengurangi pengeluaran guna melindungi bisnis dan karyawannya.

3)  Manajemen Kepemimpinan

Sementara tujuan akhir dari sebuah bisnis adalah untuk menghasilkan keuntungan, sebuah organisasi tidak dapat mencapai tujuannya tanpa tenaga kerja yang berdaya, bersemangat, dan berfungsi dengan baik. Manajer, oleh karena itu, perlu memiliki keterampilan kepemimpinan yang kuat untuk membimbing tim mereka dan mengatasi risiko dan masalah secara efektif. Untuk menjadi pemimpin yang baik, seorang manajer perlu memiliki pengetahuan tentang operasi bisnis. Lebih penting lagi, mereka harus dapat memotivasi tim mereka, mengatasi masalah antar pribadi, bekerja dengan kekuatan dan kelemahan karyawan mereka, dan mengetahui kapan harus mendelegasikan tugas. Business management belajar apa saja yang berkaitan dengan pemberlakuan sikap adil terhadap karyawan dan pemberian dukungan yang diperlukan untuk memastikan bahwa mereka diperlengkapi untuk menyelesaikan tugas dan proyek dengan sukses.

4)  Manajemen Komunikasi

Business management bergantung pada realisasi ide dan rencana untuk mencapai tujuan bisnis lebih lanjut; untuk ini, komunikasi yang efektif mutlak diperlukan. Anda perlu memastikan bahwa Anda dapat mengartikulasikan dengan jelas tujuan yang perlu dicapai, dan menjelaskan dengan tepat apa yang perlu dilakukan oleh setiap departemen atau anggota tim. Ini mengurangi kemungkinan kebingungan dan memastikan bahwa perusahaan berfungsi seperti mesin yang diminyaki dengan baik.

5)  Manajemen Resiko

Sementara banyak organisasi memiliki manajer risiko khusus, penting bagi manajer bisnis untuk memahami prinsip dan praktik manajemen risiko sehingga mereka dapat memasukkan analisis risiko dan teknik mitigasi ke dalam semua operasi dan perencanaan.

6)  Pengembangan Bisnis

Agar tetap berada di depan persaingan, bisnis perlu melindungi nilainya sambil secara bersamaan mencari dan mengejar peluang untuk pertumbuhan dan ekspansi. Seorang manajer bisnis harus mampu mengidentifikasi celah di pasar dan merumuskan strategi untuk investasi, pengembangan produk, dan restrukturisasi.

3.  Apa yang Dilakukan Oleh Manajer Bisnis?

Seorang manajer bisnis memiliki jadwal yang padat karena berbagai macam tugas yang harus diemban.

1)  Rapat

Salah satu tanggung jawab harian terpenting seorang manajer adalah berkomunikasi dengan pemegang saham, karyawan, dan personel eksekutif lainnya. Manajer perlu sering memeriksa tim mereka untuk memastikan bahwa proyek berjalan sesuai rencana, anggaran dipatuhi, pemangku kepentingan puas dengan kemajuan bisnis, dan untuk mengatasi masalah apa pun yang memerlukan intervensi manajerial.

2)  Perencanaan proyek

Dalam business management, manajer bisnis perlu terlibat dalam pengembangan proyek yang akan membantu pertumbuhan perusahaan yang terdiri dari mengidentifikasi peluang ekspansi, meninjau sumber daya organisasi yang tersedia, bernegosiasi dengan berbagai pemangku kepentingan bisnis, dan menilai kesehatan proyek yang sedang berlangsung.

3)  Manajemen Sumber Daya Manusia

Adalah penting bahwa manajer aktif dalam faktor manusia dan budaya bisnis. Dalam hal ini, business management belajar apa saja tentang pengaplikasian penanganan konflik antarpribadi secara efektif, restrukturisasi tim dan hierarki, dan memainkan peran dalam perekrutan talenta baru. Selain itu, manajer bisnis harus bekerja untuk menciptakan budaya perusahaan yang inklusif dan mendukung di mana karyawan dilengkapi dengan sumber daya dan alat yang mereka butuhkan untuk melakukan pekerjaan sehari-hari, mengatasi masalah, dan mengimplementasikan solusi.

Dapatkan Pelatihan Dan Sertifikasi!

Jika Anda masih bertanya-tanya business management belajar apa saja dan bagaimana cara kerjanya di luar artikel yang telah disampaikan, maka kami mengajak Anda untuk berkunjung di situs pasartrainer.com. Di platform kami terdapat berbagai pelatihan dan sertifikasi oleh para profesional yang dapat membantu Anda dalam memahami serta berlatih business management secara tepat sesuai bidang Anda!

Referensi

Amic, J. (2021). Introduction to Business Management: What You Need to Know. Masterstart. Diakses pada 20 Juli 2023 dari:

https://masterstart.com/blog/business/introduction-to-business-management-what-you-need-to-know/

Olalekan, S. O., & Oluyinka, S. (2020). Introduction To Business Management. Amazon: HoneyRich Prints.

Pasar Trainer. (2023). 10 Alasan Mengapa Perusahaan Wajib Mengadakan Training Manajemen. Office Management. Diakses pada 21 Juli 2023 dari:

https://pasartrainer.com/blog/10-alasan-mengapa-perusahaan-wajib-mengadakan-training-manajemen

Pasar Trainer. (2023). Belajar Manajemen Bisnis: Semua yang Perlu Anda Ketahui. Leadership & Soft Skills. Diakses pada 20 Juli 2023 dari:

https://pasartrainer.com/blog/belajar-manajemen-bisnis-semua-yang-perlu-anda-ketahui

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.