Inilah 8 Manfaat Belajar Bahasa Inggris untuk Dunia Kerja

Communication Jul 3, 2024

Dalam dunia kerja, kemampuan berkomunikasi tentu menjadi aspek penting yang perlu dipelajari dan dikuasai. Untuk bisa mendukung komunikasi yang optimal, maka tidak ada salahnya untuk mempelajari bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional. Sebenarnya, ada banyak manfaat belajar bahasa inggris untuk dunia kerja.

Apa saja manfaat penting tersebut bagi kita? Artikel kali ini akan membahasnya. Jadi, ikuti informasi berikut dan pastikan kemampuan bahasa Inggris kita terus terasah sampai jadi mahir!

Manfaat Belajar Bahasa Inggris untuk Dunia Kerja

Kemampuan berbahasa Inggris dapat menjadi ‘nilai plus’ yang penting dalam dunia kerja. Karena merupakan bahasa internasional, maka sudah pasti bahasa Inggris adalah bahasa yang banyak dituturkan di berbagai belahan dunia.

Dengan belajar bahasa Inggris, kita bisa mencapai banyak kesempatan dan peluang baru dalam dunia kerja. Inilah berbagai manfaat mempelajari bahasa Inggris untuk dunia kerja.

  • Meningkatkan Peluang Karier

Jika kita memiliki kemampuan bahasa Inggris yang bagus, maka peluang karier pun akan semakin meningkat. Saat ini, semakin banyak perusahaan yang menjadi kemampuan bahasa Inggris sebagai syarat masuknya.

Selain itu, ketika kita sudah bekerja di perusahaan tertentu, maka peluang yang lebih besar pun akan lebih terlihat jika kita menguasai bahasa Inggris dengan baik. Kita bisa lebih berkesempatan untuk naik pangkat, mengembangkan karier, mengembangkan skill, bahkan bisa bersaing secara internasional.

Maka dari itu, jangan ragu untuk belajar bahasa Inggris sedini mungkin, supaya semakin cepat pula menjadi mahir.

  • Menambah Koneksi

Manfaat mempelajari bahasa Inggris untuk dunia kerja yang kedua yakni dapat menambah koneksi. Dengan menguasai bahasa internasional, maka tentunya berbagai komunikasi pun akan lebih mudah dilakukan. Semakin banyak interaksi yang bisa kita lakukan, termasuk dengan orang-orang dari berbagai negara lain.

Jadi, jika kita ingin semakin profesional dalam dunia kerja, maka kemampuan bahasa Inggris adalah dasar yang penting untuk diasah.

  • Membuat Perjalanan Bisnis semakin Lancar

Banyak perusahaan yang sering meminta karyawannya untuk melakukan perjalanan bisnis, termasuk ke luar negeri. Jika kita ingin mendapatkan kesempatan lebih luas untuk melakukan perjalanan bisnis, maka pelajarilah bahasa Inggris dengan baik.

Tentunya, perusahaan cenderung akan lebih memberi kesempatan kepada karyawan yang bisa berkomunikasi secara lancar dengan para klien atau mitra. Jadi, jika kita punya skill bahasa Inggris yang bagus, maka kesempatan akan lebih luas dan perjalanan bisnis pun menjadi lebih lancar.

  • Memperluas Akses Informasi

Untuk meningkatkan peluang karier, maka kita perlu mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan bidang kerja kita. Sayangnya, tidak semua informasi bisa dengan mudah didapatkan dari dalam negeri atau dari media yang berbahasa Indonesia.

Sering kali, kita membutuhkan akses informasi dari luar negeri untuk mempelajari skill tertentu, sehingga kemampuan bahasa Inggris menjadi dasar yang penting. Inilah alasan pentingnya belajar bahasa Inggris yang mungkin kurang dipahami oleh sebagian orang.

  • Mempermudah Pemahaman tentang Teknologi Terbaru

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, selain penting untuk mendapatkan informasi, kemampuan bahasa Inggris juga dapat mempermudah pemahaman kita terhadap berbagai teknologi terbaru.

Hingga saat ini, ada berbagai produk teknologi terbaru yang dirilis dalam bahasa Inggris dan belum tersedia versi bahasa Indonesia-nya. Maka dari itu, salah satu manfaat mempelajari bahasa Inggris untuk dunia kerja adalah bisa membuat kita lebih optimal dalam menggunakan teknologi.

  • Membuat Kita Makin Percaya Diri

Jika kita mahir berbahasa Inggris, maka kepercayaan diri pun bisa semakin meningkat. Hal ini disebabkan karena kita menjadi semakin yakin dan siap dalam melakukan berbagai komunikasi bisnis.

  • Meningkatkan Pengetahuan tentang Budaya Asing

Alasan pentingnya belajar bahasa Inggris selanjutnya yakni dapat membuat kita lebih mudah untuk mempelajari dan memahami budaya asing.

Jika bermitra dengan perusahaan, pekerja, atau klien dari negara lain; maka sebaiknya kita pahami budaya mereka secara garis besar. Hal ini nantinya akan mempermudah kita relasi yang baik.

Langkah tepat untuk mempelajari budaya adalah dengan belajar bahasanya secara optimal, karena komunikasi adalah aspek penting dari budaya.

  • Mempermudah Adaptasi

Berbagai manfaat di atas dapat membuat kita lebih mudah dalam beradaptasi untuk berbagai situasi dan kondisi di lingkungan kerja. Jika kita harus berpindah posisi pekerjaan atau bahkan perusahan pun adaptasinya akan menjadi lebih cepat.

Hal ini akan semakin terasa jika kita bekerja di perusahaan yang memiliki koneksi luas dengan mitra bisnis di berbagai negara.

Ternyata, dalam dunia kerja, ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mempelajari bahasa Inggris. Manfaat di atas akan lebih terasa jika kita bisa mencapai tingkat mahir dalam bahasa Inggris, baik secara tulisan maupun lisan.

Maka dari itu, akan sangat berguna jika kita mengambil kursus atau pelatihan bahasa Inggris. Ada berbagai pelatihan bahasa Inggris dari Pasar Trainer yang dapat kita pilih sesuai kebutuhan, misalnya pelatihan dasar bahasa Inggris untuk profesional, pelatihan untuk menjadi pembicara yang baik, dan pelatihan presentasi bahasa Inggris.

Dengan adanya pelatihan yang tepat, maka kemampuan kita bisa lebih meningkat. Lalu, berbagai manfaat belajar bahasa Inggris untuk dunia kerja pun bisa didapatkan secara maksimal.


Referensi

myedusolve.com - 7 Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Inggris Untuk Pekerja


glints.com - Bahasa Inggris Dunia Kerja


www.ef.co.id - 6 Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Inggris Dalam Dunia Kerja

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.