Jabatan di Digital Marketing dan Tugasnya, Profesi Menjanjikan Masa Kini!

Digital Marketing Dec 8, 2023

Digital marketing menjadi metode memasarkan layanan atau jasa yang kini lebih diandalkan, mengingat kemajuan teknologi membuat digitalisasi menyentuh segala aspek termasuk pemasaran. Jabatan di digital marketing cukup banyak dan variatif, sebab terdapat berbagai fokus dalam digital marketing.

Bagi kamu yang sedang bingung dengan jalan karirnya, menggeluti digital marketing adalah opsi menjanjikan. Selain gajinya yang cukup tinggi, kamu pun berpeluang kerja lebih fleksibel karena bisa work from anywhere, atau remote working.

Terlepas dari hal tersebut, ketahui terlebih dahulu berbagai title pekerjaan dalam digital marketing beserta tugasnya berikut ini!  

6 Jabatan di Digital Marketing dan Tugasnya

Merangkum dari berbagai sumber, di bawah ini adalah macam-macam nama jabatan dalam digital marketing lengkap dengan pekerjaannya:

SEO Specialist

Nama jabatan yang pertama adalah SEO Specialist. Tugas dari spesialis SEO, atau Search Engine Optimization, adalah mengupayakan website bisnis agar  performanya optimal sehingga bisa meraih peringkat lebih tinggi pada SERP (Search Engine Result Page) Google.

Kemampuan yang perlu kamu miliki ketika menjadi SEO Specialist salah satu yang utama adalah riset kata kunci, atau keywords, menyesuaikan dengan niche suatu bisnis. Sehingga, bisa menjadi panduan untuk konten yang menarik dan menghasilkan traffic ke website bisnis tersebut.

Content Writer/Copywriter

Jabatan di digital marketing selanjutnya adalah content writer serta copy writer. Kedua title tersebut memiliki fokus tugas yang berbeda, namun umumnya ditempatkan dalam satu divisi yang sama.

Adapun tugas dari jabatan ini adalah menulis konten untuk artikel di blog pada website suatu bisnis. Tujuan utama konten tersebut bukanlah promosi.

Sedangkan, copywriter bertugas menulis copy writing seperti pada caption dari konten media sosial, lalu frasa atau jargon pada ads campaign, sampai email promosi suatu bisnis. Tujuan utama tulisan dari copywriter adalah sebagai promosi.

Social Media Specialist

Bisnis perlu brand awareness di channel media sosial seperti Instagram hingga Facebook. Sebab, sebagian besar masyarakat sudah menjadi pengguna media sosial. Jadi, memasarkan jasa atau layanan ke media sosial untuk menarik konsumen pun dilakukan.

Social media specialist menjadi jabatan yang bertugas memegang ranah tersebut, atau lebih tepatnya bertanggung jawab atas content management di media sosial. 

Title satu ini harus memiliki wawasan yang mumpuni terkait algoritma dari media sosial, sehingga mampu menganalisis data terkait traffic hingga engagement akun media sosial yang dipegang.

KOL Specialist

KOL, atau Key Opinion Leader, merupakan artis, selebriti, atau influencer, yang memiliki value cukup kredibel untuk memasarkan dan mempromosikan suatu layanan atau produk.

KOL specialist menjadi jabatan di digital marketing yang mengurus dan mengelola KOL untuk suatu bisnis ketika membutuhkannya. Job desc dari seorang KOL specialist mulai dari riset hingga menerapkan strategi pemasaran menggunakan KOL yang sesuai kriteria.

Content Creator

Adapun KOL yang dimaksud sebelumnya juga mencakup content creator sebagai pihak yang dirasa kredibel dan memiliki nilai untuk membuat konten promosi.

Bentuk konten dapat berupa foto, video, hingga tulisan, yang memiliki niche konten tersendiri, bisa makanan, fashion, hingga edukasi. 

Tempat mengunggah konten pun bermacam-macam, namun umumnya content creator eksis di Instagram, Tiktok, hingga Youtube. 

Eksistensi content creator dirasa penting dalam digital marketing, sebab jadi talent promosi yang sudah memiliki audiens potensial untuk meningkatkan penjualan jasa atau layanan.

Tidak heran bila konten yang dihasilkan oleh content creator dibayar dengan harga tinggi, mengingat paket komplet yang mereka tawarkan untuk promosi jasa atau layanan suatu bisnis.

PPC Specialist

Jabatan di digital marketing satu ini memiliki tanggung jawab untuk merencanakan strategi promosi secara digital, kemudian melakukan pemantauan terhadap ads campaign atau kampanye iklan yang sedang berjalan tersebut.

Lebih tepatnya, PPC (Pay-per-Click) Specialist akan riset kata kunci terkait jasa atau layanan yang ingin dipromosikan, lalu menulis dan memilih platform iklan akan ditempatkan, hingga mengelola anggaran dari iklan tersebut.

PPC sendiri menjadi cara pemasaran dengan membayar penerbit iklan setiap kali iklan yang dipasang oleh PPC specialist diklik oleh pengguna platform yang menerbitkannya.

Salah satu penerbit yang populer adalah Google Ads, di mana kamu dapat menempatkan iklan di halaman teratas Google, lalu membayar sesuai ‘harga per klik’ yang ditetapkan.

Enam jabatan di digital marketing tersebut merupakan contoh profesi yang menjanjikan di masa kini. Dalam pemasaran digital, kamu perlu menguasai kemampuan seperti mengelola kata kunci, menulis caption menarik, hingga menerbitkan iklan.

Kamu dapat mempelajarinya dengan mudah melalui pelatihan digital marketing dari PasarTrainer yang lengkap. Pelatihan dibimbing oleh ahli dan profesional di bidangnya. Sehingga, setelah pelatihan digital marketing selesai kemampuan pemasaran digital kamu diharapkan meningkat.

Kunjungi pasartrainer.com untuk mendapatkan informasi tentang pelatihan digital marketing dari PasarTrainer terlengkap dan membeli program yang sesuai fokus marketing yang kamu inginkan!


Referensi

sasanadigital.com - Tugas Digital Marketer
blog.skillacademy.com - Peluang Karir Digital Marketing
blog.hubspot.com - What is Digital Marketing

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.