Jenis-Jenis Layanan Digital Banking Terpenting, Sudah Tahu?

General Banking Jan 23, 2024

Gaya hidup yang  semakin digital telah membawa perubahan signifikan di berbagai sektor, termasuk dalam dunia perbankan. Dengan adanya digital transformation, kini layanan bank bisa diakses dari mana saja secara lebih praktis dan efisien.

Itu artinya, para nasabah tidak harus datang langsung ke kantor bank untuk bertransaksi atau mendapatkan layanan keuangan lainnya. Jika Anda adalah orang yang bekerja di bidang perbankan, ketahui seluk beluk lengkap terkait layanan bank digital di sini!

Apa Itu Perbankan Digital?

Sederhananya, perbankan digital mengacu pada berbagai layanan keuangan bank yang bisa diakses melalui kanal digital atau online, seperti aplikasi seluler, situs web, dan platform online lainnya.

Dengan kata lain, Anda dapat mengakses dan mengelola rekening bank melalui berbagai jenis perangkat digital, seperti smartphone atau komputer.

Manfaat Digital Transformation di Bidang Perbankan

Transformasi digital di bidang perbankan telah membawa sejumlah manfaat yang signifikan dan mengubah cara tradisional masyarakat dalam berinteraksi dengan layanan keuangan bank. Berikut ini beberapa manfaat utamanya:

Kemudahan Akses 24/7

Pertama-tama, layanan digital ini memungkinkan untuk mengakses rekening dan melakukan transaksi kapan saja, 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Ini memberikan fleksibilitas yang lebih besar bagi nasabah tanpa harus terbatas waktu dan lokasi.

Transaksi Lebih Aman dan Cepat

Keamanan dan kecepatan menjadi fokus utama layanan bank digital. Kini, transaksi keuangan dapat diproses dengan cepat, bahkan dalam hitungan menit. Keamanan juga terjamin melalui teknologi canggih untuk mengurangi risiko pencopetan atau fraud.

Hemat Biaya Administrasi

Selanjutnya, layanan banking berbasis digital bisa membantu mengurangi biaya administrasi transaksi. Nasabah tidak perlu mengeluarkan uang untuk perjalanan ke bank fisik, dan biaya admin transaksi online cenderung lebih terjangkau daripada transaksi offline. 

Layanan Keuangan Lebih Inklusif

Perbankan digital memungkinkan layanan keuangan yang inklusif, mencakup masyarakat yang lebih luas. Selama ada akses internet, nasabah dari berbagai lokasi termasuk desa yang terpencil bisa mendapatkan layanan ini.

Pengalaman Nasabah Lebih Baik

Kini, nasabah dapat melakukan berbagai aktivitas seperti membuka rekening, transfer uang, hingga membayar tagihan dengan cepat dan mudah melalui digital platform, sehingga pengalaman perbankan nasabah menjadi lebih praktis dan efisien.

Contoh Jenis Platform Perbankan Digital

Lalu, apa saja contoh platform yang sudah mengalami transformasi digital dan bisa digunakan untuk mengakses layanan perbankan? Berikut ini 4 contoh jenisnya yang paling umum:

Internet Banking

Platform ini memungkinkan nasabah mengakses rekening dan melakukan transaksi keuangan melalui situs web resmi bank. Melalui internet banking, Anda dapat melakukan transfer dana, membayar tagihan, hingga melihat riwayat transaksi.

Mobile Banking

Layanan di platform ini sebenarnya sama dengan internet banking. Bedanya, mobile banking adalah platform berupa aplikasi yang dirancang khusus untuk gadget seperti tablet dan smartphone.

SMS Banking

Sesuai namanya, SMS banking memungkinkan nasabah melakukan transaksi perbankan melalui pesan singkat (SMS) dengan mengirimkan format tertentu ke nomor telepon bank.

Phone Banking

Terakhir, ada phone banking yang memungkinkan nasabah melakukan transaksi melalui saluran telepon. Biasanya, layanan ini digunakan untuk berinteraksi dengan staf customer service.

Berbagai Jenis Layanan Digital Banking

Lalu, apa saja jenis layanan perbankan digital yang wajib diketahui oleh setiap pegawai bank profesional? Berikut ini beberapa contoh jenis layanannya yang paling penting dan banyak digunakan nasabah:

Pembukaan Rekening Online

Dengan layanan bank digital, masyarakat dapat membuka rekening bank baru secara online tanpa harus datang ke kantor cabang fisik.

Prosesnya juga sangat mudah, nasabah hanya perlu menginstal aplikasi, mengisi formulir yang ada, mengunggah dokumen untuk identifikasi, dan melakukan verifikasi secara elektronik.

Mengakses Informasi Rekening

Melalui berbagai platform yang ada, nasabah dapat dengan mudah mengecek saldo di rekening, melacak riwayat transaksi, dan memperoleh laporan mutasi rekening.

Informasi tersebut dapat diakses secara real-time, memungkinkan pengguna untuk memantau aktivitas keuangan secara efisien dan praktis.

Melakukan Transaksi Keuangan

Selanjutnya, perbankan digital juga bisa melayani berbagai jenis transaksi seperti transfer dana antar bank maupun dalam satu bank, pembayaran tagihan seperti listrik, telepon, dan kartu kredit, hingga pembelian pulsa dan paket data.

Bahkan, beberapa bank juga sekarang telah menyediakan fitur QRIS (Quick Response Code Indonesia Standard) untuk memproses transaksi dengan lebih cepat.

Pengajuan Pinjaman atau Pembiayaan

Dahulu, nasabah harus datang langsung ke kantor bank untuk mengajukan pinjaman maupun pembiayaan lainnya.

Kini, sudah banyak bermunculan layanan perbankan yang menyediakan berbagai jenis pinjaman yang bisa diakses secara online.

Pembelian Asuransi dan Investasi

Contoh layanan yang terakhir adalah fasilitas untuk membeli produk asuransi dan investasi. Biasanya, layanan ini tersedia di aplikasi bank digital.

Dengan ini, nasabah tidak bisa  menjelajahi berbagai pilihan produk keuangan dan mengelolanya melalui aplikasi tanpa harus mengunjungi kantor fisik.

Selain memahami berbagai layanan perbankan digital di atas, seorang petugas bank juga harus memiliki berbagai skill keuangan khusus. Yuk, ikuti Program Pelatihan Digital Banking di Pasar Trainer untuk menghadiri kelas-kelas profesional yang disusun oleh para ahli sekarang!


Referensi

gopay.co.id - Layanan Digital Banking
www.megasyariah.co.id - Digital Banking Adalah
www.ocbc.id - Digital Bank Adalah
www.ocbc.id - Digital Bank Adalah
www.cimbniaga.co.id - Memahami Bank Digital Serta Keunggulannya

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.