Jenis-jenis Wealth Management dan Strateginya

Finance & Accounting May 15, 2024

Wealth management atau manajemen kekayaan merupakan jasa yang disediakan oleh bank untuk mengelola keuangan keluarga. Jasa tersebut sangat bermanfaat bagi kita yang belum bisa mengatur dan mengalokasikan kekayaan dengan efektif.

Makna manajemen kekayaan itu sendiri secara umum adalah layanan dari perusahaan keuangan yang ditujukan bagi individu maupun keluarga dalam berbagai bentuk. Bisa melalui konsultasi pajak, manajemen investasi, asuransi, hingga manajemen aset.

Untuk memahami manajemen kekayaan lebih lanjut, simak informasinya di bawah ini!

3 Jenis Utama Wealth Management 

Manajemen kekayaan dibagi ke dalam tiga jenis utama, yakni pertumbuhan, distribusi, hingga perlindungan kekayaan. Berikut uraiannya: 

Pertumbuhan serta Akumulasi Kekayaan 

Jenis manajemen kekayaan ini berfokus pada menumbuhkan aset serta kekayaan yang kita miliki. Pengelolaan aset dan kekayaan perlu dikembangkan dengan baik agar semakin besar dan bertambah.

Distribusi serta Transisi Kekayaan

Selanjutnya, terdapat jenis wealth management yang fokus pada distribusi dan juga transisi kekayaan. Bentuk manajemen yang akan dijalankan adalah melalui pendistribusian ataupun pindah kuasa aset untuk pihak lain.

Ini ditujukan bagi kita yang bermasalah mendistribusikan kekayaannya. Itulah mengapa, wealth manager ada untuk menjadi tujuan konsultasi terpercaya.

Perlindungan serta Kelestarian Kekayaan

Adapun manajemen kekayaan yang fokus melindungi dan melestarikan kekayaan cukup banyak diminati. Proteksi yang diberikan dari manajemen kekayaan jenis ini akan mencegah pengurangan nilai kekayaan.

Jadi, aset dan kekayaan terjaga nilainya sehingga tidak menurun baik dari aspek kualitas dan kuantitasnya.

6 Strategi Wealth Management

Berbagai strategi manajemen kekayaan di bawah ini bisa kita terapkan dalam mendukung terciptanya keselarasan dengan tujuan keuangan:

Investment Management

Strategi manajemen investasi akan mempercayakan dana yang kita miliki ke manajer investasi berapapun jumlahnya. Oleh sebab itu, manajer investasi harus terpercaya untuk melindungi kekayaan kita.

Tindakan selanjutnya yang akan dilakukan oleh manajer investasi ketika sudah menerima kekayaan dari klien adalah melakukan pengelolaan. Jadi, nilai kekayaan tersebut dapat semakin besar dan bertambah. 

Asuransi 

Asuransi merupakan produk manajemen kekayaan yang belum banyak orang tahu. Alasan asuransi bisa kita gunakan sebagai strategi mengatur kekayaan adalah karena terdapat unsur perlindungan terhadap aset dan kekayaan pengguna asuransi tersebut.

Jenis kekayaan serta aset apa saja bisa kita asuransikan. Ini termasuk nyawa dan kesehatan tubuh kita. Aset tersebut jadi contoh aset bernilai tinggi yang layak dilindungi. Itulah mengapa, asuransi jadi strategi manajemen kekayaan yang ideal.

Business Venture

Berikutnya, terdapat business venture sebagai strategi wealth management yang cocok bagi investor besar. Ini mengingat sifatnya yang berisiko karena memercayakan kekayaan pada bisnis yang baru atau belum berdiri.

Namun, sejumlah perusahaan raksasa saat ini juga dibangun dengan dana dari business venture. Untuk pengembalian hasil investasi dari business venture umumnya akan memakan waktu cukup lama. 

Tetapi, kita bisa menerima dana pengembalian yang lebih besar ketika bisnis tersebut sukses dibandingkan dana pengembalian investasi umumnya.

Trust Fund

Hampir mirip dengan wasiat, trust fund melindungi kekayaan melalui pemilihan orang terpercaya sebagai pemegang kekayaan. 

Perbedaannya adalah orang kepercayaan ini harus menjaga kebermanfaatan kekayaannya. Jadi, ia wajib menjaga serta mengelola nilai kekayaan sehingga tidak akan berubah walaupun telah terlewati sekian tahun. 

Umumnya, pengelolaan dana dalam trust fund akan ditujukan untuk kebermanfaatan sosial. Misalnya, membangun yayasan, panti asuhan, atau sebagai dana hibah bencana.

Kemudian, pihak yang mengelola trust fund memiliki kewajiban memberi laporan atas pengelolaan dana tersebut pada pewarisnya per beberapa waktu sesuai kesepakatan.

Estate Management 

Strategi estate management atau manajemen warisan bisa menjadi opsi ketika harus membagi kekayaan untuk keluarga dengan anggota yang banyak. Kita bisa memilih wealth manager terpercaya untuk mengatur pembagian kekayaan.

Cara ini akan menghindari miskomunikasi karena semua telah jelas diatur oleh pihak ketiga yang profesional.

Hedge Fund

Satu lagi strategi manajemen kekayaan yang dapat kita terapkan, yakni hedge fund. Ketika memilih hedge fund, maka kita harus menyetorkan kekayaan kepada manajer investasi dengan tujuan digabungkan bersama dana lain lalu diinvestasikan.

Cara ini jadi pilihan yang bisa kita pertimbangkan ketika memiliki banyak dana, tetapi belum cukup besar jika diinvestasikan pada perusahaan raksasa. 

Manajer investasi dalam bentuk manajemen kekayaan ini akan menyatukan dana dari para investor. Setelah itu, dana akan diinvestasikan dengan target perusahaan menyesuaikan kesepakatan dari semua investor yang terlibat.

Semoga informasi tentang wealth management tersebut dapat menjadi referensi bagi yang ingin melindungi, mendistribusikan, serta menumbuhkan kekayaannya. Kunci dari manajemen kekayaan ini salah satunya adalah memilih wealth manager/wealth planner berkualitas yang terpercaya.

Bagi kita yang ingin terjun ke industri manajemen kekayaan, mari bergabung dengan program Pelatihan Manajemen Kekayaan dari PasarTrainer! kita bisa memahami lebih dalam tentang konsep dan keterampilan dalam manajemen kekayaan.

Seluruh pelatihan dibimbing oleh profesional di industri manajemen kekayaan. Jadi, segera kunjungi PasarTrainer untuk mengikuti pelatihan manajemen kekayaan kualitas terbaik!


Referensi: 

www.ocbc.id - wealth-management


btnprioritas.btn.co.id - Wealth Management Adalah Solusi Pengelolaan Keuangan Anda


moduit.id - Wealth Management Indonesia

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.