Jika Ingin Jago Content Writing, Kuasai 8 Skill Ini!

Digital Marketing Jan 29, 2024

Di era serba digital ini, semakin banyak alternatif untuk memberikan berbagai jenis informasi, salah satunya dengan memanfaatkan fasilitas di internet secara optimal. Bersama dengan perkembangan ini, ada profesi yang kini semakin dibutuhkan, misalnya terkait content writing atau penulisan konten.

Tentu saja, Anda harus bisa menulis untuk mendalami peran ini, namun ternyata masih banyak skill lainnya yang tidak kalah penting untuk dikuasai. Kupas artikel ini hingga tuntas dan pastikan Anda tahu apa saja yang perlu dipelajari dan dipahami jika ingin menjadi seorang penulis konten!

Skill Penting untuk Menguasai Content Writing

Meski sering dianggap hanya perlu memiliki kemampuan menulis, namun sebenarnya penulis konten memerlukan cukup banyak skill penting jika ingin menghasilkan karya terbaiknya. Berikut adalah skill penting yang sebaiknya Anda miliki ketika ingin memasuki dunia penulisan konten.

Memahami Dasar Penulisan

Seperti yang sudah dijelaskan pada bagian awal, sesuai dengan namanya, skill utama yang perlu dimiliki jika Anda ingin menjadi penulis konten yaitu bisa menulis.

Dalam hal ini, pastikan bahwa Anda telah paham berbagai dasar penting dalam penulisan, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa asing yang sedang Anda dalami saat ini, jika memang ada.

Sebagai contoh, Anda harus memahami tentang tata bahasa, ejaan, dan berbagai jenis aturan kebahasaan lainnya. Untuk mengasah kemampuan pertama ini, Anda bisa lebih banyak membaca dan berlatih menulis.

Mampu Menulis dengan Berbagai Gaya

Selain perlu memahami dasar menulis, seorang content writer juga perlu bisa menerapkan berbagai jenis gaya penulisan.

Misalnya, bisa saja Anda perlu menuliskan artikel yang informatif dengan berbagai topik yang cukup serius, maka bisa jadi Anda perlu menuliskannya dengan gaya yang lebih lugas, supaya tidak ada kesalahan penyampaian informasi.

Contoh lain, ketika akan menuliskan tips tentang keseharian, maka bisa saja gaya dan bahasa yang dipakai cenderung lebih santai.

Kemampuan Mencari dan Memilih Topik

Kemampuan selanjutnya untuk menguasai penulisan konten yaitu mencari dan memilih topik. Perlu diingat bahwa tulisan yang akan dibuat bukan hanya untuk Anda, melainkan untuk pembaca, sehingga perlu dipastikan bahwa Anda telah memilih topik yang tepat.

Meski terlihat sepele, namun sebenarnya ini adalah skill yang cukup sulit dan membutuhkan pengalaman untuk bisa menguasainya. Anda bisa lebih banyak mencari referensi dan berlatih mencari topik supaya lebih terbiasa.

Kemampuan Riset

Masih berhubungan dengan pembahasan selanjutnya, jika ingin menguasai penulisan konten, maka kemampuan riset menjadi hal penting yang tidak boleh diabaikan.

Anda cenderung akan diminta untuk menuliskan topik yang relevan dan diminati oleh audiens, sehingga dalam hal ini dibutuhkan kemampuan riset yang baik.

Selain riset untuk menentukan topik atau kata kunci, Anda juga perlu melakukan riset untuk menuliskan isi dari konten tersebut. Kumpulkan berbagai informasi dan sumber yang relevan dan terpercaya, supaya hasil tulisan pun optimal.

Dasar Penulisan SEO

Dalam mempelajari penulisan konten, ada baiknya Anda juga belajar tentang dasar dari penulisan SEO atau Search Engine Optimization. Itu merupakan teknik penulisan yang dapat membuat peringkat konten Anda menjadi lebih tinggi di mesin pencarian.

Fungsinya, sudah pasti untuk meningkatkan arus lalu lintas pengunjung untuk membaca konten Anda.

Kreativitas

Seorang content writer dituntut untuk memiliki kreativitas yang tinggi, karena perlu membuat sebuah konten menjadi menarik untuk disajikan kepada pembaca.

Dengan kemampuan ini, Anda bisa menarik perhatian lebih banyak pembaca, serta bisa membuat pembaca tidak bosan untuk membaca tulisan Anda hingga selesai.

Kemampuan Adaptasi

Selain kreativitas, kemampuan adaptasi pun tidak kalah pentingnya, karena Anda akan dituntut untuk selalu bisa menyesuaikan dengan berbagai perkembangan yang ada. Misalnya, dari segi informasi, tren, teknologi dan fitur penulisan, dan sebagainya.

Memahami Audiens yang Ditargetkan

Selanjutnya, jika ingin lebih mendalami praktik penulisan konten, maka penting bagi Anda untuk belajar memahami karakteristik audiens yang menjadi target dari tulisan tersebut. Ketahui apa yang mereka butuhkan, cara untuk menjalin komunikasi dengan mereka dan hal-hal penting lainnya.

Setelah membaca berbagai penjelasan di atas, tentunya Anda menjadi semakin paham bahwa ternyata ada cukup banyak skill yang diperlukan jika ingin menjadi seorang penulis konten yang profesional dan dapat diandalkan.

Menuliskan sebuah konten memang tidak hanya membutuhkan kemampuan yang mumpuni dalam hal menulis, melainkan perlu didukung oleh setiap aspek di atas, sehingga Anda bisa menghasilkan karya terbaik untuk berbagai kebutuhan penulisan.

Jika Anda ingin lebih mendalami bidang ini, maka pastikan bahwa berbagai skill di atas dipersiapkan dengan matang. Sebagian skill memang bisa dipelajari secara otodidak dan dapat didukung oleh pengalaman menulis, namun ada skill yang cukup sulit jika tidak dibimbing oleh profesional atau para ahli di bidangnya.

Selain itu, mungkin saja tidak semua orang akan merasa cukup jika hanya belajar secara otodidak dan didukung oleh pengalaman menulis. Maka dari itu, ada berbagai jenis program pelatihan yang dapat dipilih untuk dapat membuat Anda lebih siap mendalami dunia penulisan konten ini.

Jika Anda masih merasa kesulitan untuk mempelajari kemampuan content writing secara mandiri, maka berbagai jenis Program Pelatihan Digital Marketing dari Pasar Trainer bisa menjadi alternatif yang tepat. Bersama bimbingan dari para profesional, jadilah seorang penulis konten yang dapat diandalkan!


Referensi

glints.com - Skill Content Writer
revou.co - Content Writer Adalah
id.linkedin.com - Skill Wajib Content Writer

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.