Kaya Dari Kegiatan Ekspor, 10 Cara Mengekspor Barang

Supply Chain May 21, 2023

Kegiatan Ekspor terdengar sangat menjanjikan bagi para pelaku usaha. Apalagi saat ini dengan jaringan internet yang dapat menjangkau konsumen potensial di dunia, membuat kegiatan Ekspor semakin diinginkan. Tidak banyak orang yang tahu soal Ekspor. Namun kali ini pasartrainer.com ingin membagikan 10 cara mengekspor barang yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Putuskan Dimana Untuk Menjual

Penelitian itu penting! Identifikasilah pasar dunia dengan sedikit riset untuk menemukan angka konsumsi / impor produk yang serupa dengan produk Anda serta tingkat pertumbuhan ekonomi dari pasar baru yang potensial. Cari tahu demografi, praktik budaya dan agama, serta potensi persaingan Anda sebagai langkah awal untuk memulai kegiatan ekspor.

2. Pilih Rute Ke Pasar

Untuk mengawali kegiatan Ekspor, Anda dapat melakukan salah satu dari empat cara mengekspor barang sebagai berikut:

A.  Jual langsung ke konsumen akhir

B.  Menggunakan jaringan distributor

C.  Menggunakan agen penjualan

D.  Membuat usaha patungan.

Opsi mana pun yang Anda pilih, Anda harus memastikan kejelasan tanggung jawab untuk hal-hal seperti pengiriman dan pembayaran dan SELALU ingat untuk melindungi kekayaan intelektual Anda.

3. Temukan Peluang

Pameran dagang adalah salah satu cara terbaik untuk menemukan peluang baik di Indonesia maupun di luar negeri. Di tempat Anda dapat memanfaatkan kesempatan untuk bertemu dengan pembeli potensial dan menghasilkan bisnis baru. Tanyakan kepada penyelenggara tentang hibah yang tersedia untuk mensubsidi biaya pameran, atau lihat apakah Anda dapat membagi biaya pendirian dengan bisnis lain.

4. Rencanakan Kegiatan Ekspor

Cara mengekspor barang selanjutnya adalah dengan merencanakan bagaimana kegiatan ekspor akan dilakukan. Hal ini sama seperti kegiatan jual-beli lokal, namun dikarenakan faktor pengiriman yang membutuhkan waktu lebih lama maka ada banyak variabel yang harus dipertimbangkan seperti cara pengemasan, bahan untuk mengemas, surat izin melakukan kegiatan ekspor dan karyawan yang mendukung Anda.

5. Mulai Pemasaran

Iklan dapat membantu Anda mendapatkan eksposur tetapi bisa memakan modal yang besar. Seperti di Indonesia, perhatikan audiens target, biaya dan laba atas investasi iklan. Pilihan lainnya adalah membuat website dengan konten yang diterjemahkan sesuai dengan target pasar Anda. Situs media sosial global seperti Linkedin, Facebook dan Twitter juga dapat membantu Anda mempromosikan pesan Anda dengan cepat dan gratis. Meskipun ini tidak memerlukan biaya apa pun untuk menyiapkannya, mereka membutuhkan waktu yang diinvestasikan untuk terus diperbarui. Apapun yang Anda gunakan, pastikan semua materi pemasaran Anda memiliki detail kontak terbaru untuk perusahaan Anda beserta orang yang bertanggung jawab atas penjualan ekspor.

6. Pahami Administrasinya

Ada kewajiban admin tertentu yang harus jelas dan dipastikan sejak awal untuk menghindari pungli. Kedutaan Besar Indonesia di negara tujuan akan membantu Anda mengklarifikasi persyaratan untuk pendaftaran bea cukai, formulir, dan pembayaran.

7. Pastikan Pembayaran Konsumen Dan Dapatkan Asuransi

Konsumen tidak ingin mengambil resiko kehilangan uangnya setelah melakukan pemesanan dan pembayaran, begitu juga dengan Anda yang tidak ingin mengambil resiko kehilangan barang secara cuma-cuma. Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui siapa saja pihak-pihak yang dapat menjadi penengah yang adil. Contohnya adalah melalui E-Commerce, atau bekerjasama dengan pihak yang memiliki kredibilitas dan akuntabilitas yang teruji di negara tujuan. Selain itu, pastikan selalu menggunakan garansi pengiriman agar dapat mengamankan paket dan keuangan Anda jika suatu ketika terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan dalam proses pengiriman.

8. Pertimbangan Hukum

Hukum di negara asal dan negara tujuan tidak selalu sama. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk mengetahui aturan-aturan ekspor-impor yang diberlakukan di suatu negara. Hal ini penting untuk diketahui dan dilakukan pengkajian secara khusus agar syarat atau cara mengekspor barang ke negara tujuan tidak keliru. Selain itu, dengan mengetahui hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, Anda juga dapat menjalankan bisnis secara aman dan nyaman.

9. Logistik Transportasi

Moda transportasi laut dan udara merupakan opsi yang dapat dipilih sebagai jasa pengiriman. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Misalnya, moda transportasi laut yang cenderung memakan waktu lebih lama namun memiliki biaya yang lebih rendah dengan kapasitas yang besar dibandingkan dengan pesawat yang berbiaya mahal dan berkapasitas kecil namun memiliki kecepatan yang sangat baik. Pahami kebutuhan Anda dan konsumen Anda, agar cara mengekspor barang yang Anda lakukan dapat lebih efektif dan/atau efisien.

10. Raih Kesuksesan!

Jika Anda telah melakukan 9 cara mengekspor barang di atas, maka bersiaplah untuk sukses dan menjadi pengekspor yang handal dan berkelanjutan. Ulangi lagi cara-cara di atas jika Anda ingin membuka pasar baru di negara tujuan yang berbeda dan jangan sampai ada yang ketinggalan.

Kini, Anda telah mengetahui cara-cara mengekspor barang secara garis besar! Langkah selanjutnya adalah melakukan eksekusi dan mendalami ilmu-ilmu perdagangan internasional melalui pelatihan mengekspor barang seperti yang ditawarkan oleh pasartrainer.com dengan para ahli di bidangnya. Selain membahas tentang cara mengekspor dan aturan-aturan yang berlaku secara global, Anda juga akan mendapatkan keuntungan-keuntungan tak ternilai yang hanya bisa didapatkan melalui kegiatan pelatihan dan mentoring.

Referensi

Haekal, M. M. (2023). 8 Cara Menjadi Eksportir Pemula di 2023 [Terlengkap]. Mekari Sign. Diakses pada 3 Mei 2023 dari: https://mekarisign.com/id/blog/cara-menjadi-eksportir-pemula/

Kasir Pintar. (2022). Cara Export / Import Edit Barang. Diakses pada 3 Mei 2023 dari: https://help.kasirpintar.co.id/knowledge-base/cara-export-barang-melalui-website-back-office-kasir-pintar/

KEMENDAG RI. (2011). Empat Tahapan Utama Dalam Ekspor (Menggunakan L/C). Diakses pada 3 Mei 2023 dari: http://djpen.kemendag.go.id/app_frontend/contents/93-empat-tahapan-utama-dalam-ekspor-menggunakan-l-c

Populix. (2022). 7 Cara Ekspor Barang Ke Luar Negeri, Syaratnya Mudah! Diakses pada 3 Mei 2023 dari: https://info.populix.co/articles/cara-ekspor-barang/

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.