Kebijakan Fiskal Dan Moneter, Apa Perbedaannya?

Finance & Accounting Jul 24, 2023

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa banyak sumber berita, jurnalis keuangan, dan ekonom membuang istilah 'kebijakan fiskal' dan 'kebijakan moneter' tanpa pernah menjelaskannya? Mereka selalu berasumsi bahwa Anda akan tahu apa yang mereka bicarakan dan perbedaannya jelas. Tapi ini tidak berlaku untuk kebanyakan orang. Jadi, untuk mempermudah Anda, pasartrainer.com akan memaparkan semuanya dan menunjukkan kepada Anda unsur-unsur yang menyusun kebijakan fiskal dan moneter.

Apa Fungsi Kebijakan Fiskal Dan Moneter?

Sebagai ikhtisar singkat, ini adalah alat utama yang digunakan untuk mempengaruhi kegiatan ekonomi baik membantu mengekang atau mendorong pertumbuhan. Kebijakan fiskal maupun moneter dapat digunakan untuk membantu menstabilkan ekonomi pada saat krisis atau merangsang pertumbuhan jika ekonomi menjadi stagnan. Meskipun keduanya dapat digunakan secara individual, ketika digunakan bersama-sama, dampaknya terhadap ekonomi, bisnis, dan konsumen bisa sangat kuat. Sebagai pedoman umum, kebijakan moneter dikelola oleh bank sentral, sedangkan kebijakan fiskal cenderung ditentukan oleh undang-undang pemerintah.

Apa Itu Kebijakan Moneter, Dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Definisi paling sederhana dari kebijakan moneter adalah tindakan yang diambil bank sentral untuk mengelola persediaan uangnya untuk mencapai tujuan ekonomi. Bank sentral memiliki berbagai alat yang mereka miliki. Misalnya, mereka dapat mengurangi atau menaikkan suku bunga, mempengaruhi persyaratan cadangan bank, dan bahkan mengontrol jumlah obligasi pemerintah yang harus dimiliki bank. Semua ini akan berdampak pada berapa banyak bank dapat meminjamkan, yang secara langsung mempengaruhi jumlah uang beredar. Ada tiga alasan utama mengapa kebijakan moneter digunakan:

1. Mengendalikan inflasi

2. Mengelola tingkat pekerjaan

3. Mempertahankan suku bunga jangka panjang

Tapi bagaimana cara kerjanya? Nah, ada dua jenis utama kebijakan moneter yaitu ekspansif dan kontraksioner yang bekerja melawan satu sama lain untuk memberi keseimbangan satu sama lain. Misalnya, kebijakan moneter ekspansif berfungsi untuk menurunkan pengangguran dan membantu menghindari resesi dengan memberi bank lebih banyak uang untuk dipinjamkan dan menurunkan suku bunga. Ini membuat pinjaman lebih murah dan berarti bisnis dan konsumen cenderung meminjam lebih banyak.

Di sisi lain, kebijakan kontraktif akan bekerja untuk mengurangi inflasi dengan membatasi jumlah pinjaman yang dapat diberikan bank, yang menyebabkan berkurangnya pinjaman dan pertumbuhan yang lebih lambat.

Apa Itu Kebijakan Fiskal, Dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Kebijakan fiskal adalah bagaimana pemerintah mempengaruhi perekonomian melalui pengeluaran dan perpajakan. Berbeda dengan kebijakan moneter, kebijakan fiskal memiliki satu tujuan, yaitu mempengaruhi pertumbuhan ekonomi yang ‘sehat’. Tidak seperti bank sentral, kebijakan fiskal memiliki dua alat utama yang dapat mereka gunakan yang berupa pajak dan pengeluaran, tetapi cara mereka menggunakan alat ini adalah perbedaan antara kebijakan ekspansif dan kontraktif. Namun, kedua alat ini sering dikaitkan dengan kebijakan pemerintah sehingga bisa menjadi diskusi politik.

Kebijakan ekspansif adalah ketika pemerintah membelanjakan lebih banyak, memotong pajak, atau keduanya, memasukkan lebih banyak uang ke kantong konsumen dan mendorong mereka untuk membelanjakan lebih banyak, yang pada gilirannya meningkatkan permintaan bisnis dan menciptakan lapangan kerja. Sisi lain dari mata uang adalah kebijakan fiskal kontraktif, yang jarang digunakan tetapi akan melihat peningkatan pajak dan pengurangan pengeluaran untuk memperlambat pertumbuhan ekonomi dan mengurangi inflasi.

Apa Perbedaan Antara Kebijakan Fiskal Dan Moneter?

Seperti disebutkan di atas, ada cukup banyak dan perbedaannya, yang bisa lebih mudah dipahami jika semuanya ditata dan langsung dibandingkan satu sama lain. Berikut ini adalah perbedaan kebijakan fiskal dan moneter:

1. Kebijakan Fiskal

1) Alat berupa pajak dan pengeluaran pemerintah.

2) Ditetapkan oleh Pemerintah.

3) Pertumbuhan ekonomi yang sehat.

4) Caranya dengan mengubah jumlah pengeluaran dan tarif pajak.

5) Memiliki efek samping yaitu terhadap anggaran pemerintah dan utang nasional.

6) Sangat politis.

2. Kebijakan Moneter

1) Alat berupa suku bunga dan suplai uang.

2) Diatur dan dipertanggungjawabkan oleh Bank Sentral.

3) Diterapkan untuk menghadapi inflasi.

4) Caranya yaitu dengan mengubah biaya pinjaman.

5) Memiliki efek samping yaitu meningkatkan nilai pertukaran dan properti pasar.

6) Tidak bernuansa politis karena bank sentral bersifat independen.

Apakah Kebijakan Fiskal Dan Moneter Bekerja Secara Bersama-Sama?

Ya, idealnya, kebijakan fiskal dan moneter akan bekerja sama, tetapi tidak selalu demikian. Karena para pemimpin pemerintah menentukan kebijakan fiskal, dan seringkali menjadi bagian dari portofolio pemilihan mereka, penggunaan kebijakan fiskal menjadi diskusi politik.

Karena ada jeda antara kebijakan fiskal yang diberlakukan dan dampak yang dirasakan, kebijakan moneter dapat membantu untuk memulai, dengan kekuatan penuh dari kedua kebijakan tersebut nantinya. Bertindak dengan cara ini dapat membantu meyakinkan pasar keuangan dan mendukung prospek jangka pendek hingga menengah.

Referensi

Akhyar, M., Syahnur, S., & Asmawati. (2019). Analisis Interaksi Kebijakan Fiskal Dan Moneter Terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam, 5(2), 113-123. https://doi.org/10.24815/jped.v5i2.15080

Byju's. (2023). Difference Between Monetary Policy And Fiscal Policy. List of Commerce Articles. Diakses pada 22 Juli 2023 dari: https://byjus.com/commerce/difference-between-monetary-policy-and-fiscal-policy/

Hickman, J. (2020). Monetary VS Fiscal Policy - What's The Difference? Wealthfy. Diakses pada 22 Juli 2023 dari: https://www.wealthify.com/blog/monetary-vs-fiscal-policy

Nathaniel, B. A. (2023). Kebijakan Moneter dan Fiskal Pemerintah Efektif Pulihkan Ekonomi Nasional. Nasional. Diakses pada 22 Juli 2023 dari: https://radarsampit.jawapos.com/nasional/02/01/2023/kebijakan-moneter-dan-fiskal-pemerintah-efektif-pulihkan-ekonomi-nasional/

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.