Ketahui 10 Ciri Training Provider Berkualitas

Human Capital Feb 21, 2023

Keinginan untuk mengembangkan diri merupakan salah satu hal yang banyak dirasakan oleh para pencari kerja dan juga karyawan. Dalam hal ini, tentu ada banyak cara untuk melakukan proses pengembangan tersebut. Misalnya dengan membaca buku, browsing di internet, serta menonton video tutorial dan informasi-informasi seputar pengembangan diri.

Cek Disini Program Training Provider Terbaik

Namun, bagi mereka yang benar-benar ingin serius untuk mengembangkan dirinya, tentu akan mengikuti kegiatan pelatihan khusus yang memiliki peluang lebih besar dalam mengarahkan mereka pada pengembangan diri yang lebih baik. Kini, ada banyak training provider atau pihak penyelenggara pelatihan yang menyediakan sarana dan prasarana bagi orang-orang yang ingin mengembangkan dirinya. Berikut ini adalah 10 ciri training provider yang berkualitas dan berpeluang untuk membantu seseorang dalam mengembangkan diri.

1. Rekam Jejak

Training Provider yang berkualitas tentu juga memiliki kredibilitas dan akuntabilitas yang baik. Hal ini dapat dilihat dari output yang tercermin oleh para alumni mereka pasca menyelesaikan pelatihan yang telah dijalankan. Semakin jelas dan dapat ditelusuri seluk beluk penyelenggara pelatihan tersebut, maka akan semakin memberikan gambaran bahwa mereka dapat dipercaya dan akan memberikan keuntungan di masa depan yang pasti bagi para pesertanya.

2. Pengetahuan yang Mendalam tentang Bisnis

Training provider yang baik dan berkualitas tentu harus memiliki relevansi dengan kebutuhan dan masalah yang sering kali akan dihadapi para pesertanya. Misalnya, jika ada orang yang bercita-cita untuk pergi bekerja ke Jepang atau Korea Selatan, maka training provider yang seharusnya dipilih adalah lembaga yang memiliki jurusan sesuai dengan kebutuhan di negara tujuan tersebut seperti jurusan manufaktur yang memiliki kurikulum pembelajaran tentang manufaktur dan jurusan perikanan yang memiliki kurikulum pembelajaran tentang kegiatan perikanan di negara tersebut. Dalam prakteknya, banyak lembaga pelatihan yang pada dasarnya hanya mengajarkan cara membaca dan menulis dalam bahasa tertentu alih-alih mengarahkan para peserta untuk menguasai topik tertentu sesuai kebutuhannya.

3. Keterampilan Komunikasi dan Interpersonal yang kuat

Pelatih yang efektif harus mengembangkan keterampilan orang mereka dan benar-benar menikmati dinamika relasi dengan orang lain yang dilatihnya. Dia harus suka berbicara, berinteraksi dengan orang, mendengarkan masalah mereka, mencari solusi untuk masalah ini, dan juga senang memotivasi peserta pelatihannya untuk menjadi lebih baik.

Hal ini dapat dirasakan dan diketahui pada saat akan mendaftar atau pada saat menerima tawaran suatu lembaga pelatihan. Semakin jelas informasi yang diberikan dan semakin mampu untuk menjawab pertanyaan, maka akan diketahui bahwa pelatihan tersebut memiliki rencana yang matang bahkan untuk kemungkinan terburuk.

4. Memiliki Kemampuan Mengukur

Mengukur staf dan mengetahui apa sebenarnya yang mereka butuhkan dan apakah mereka membuat kemajuan atau tidak adalah tahap yang paling penting. Penyedia pelatihan yang hebat percaya bahwa ini bukan tentang seberapa hebat pelatihan mereka, tetapi tentang seberapa hebat hasilnya. Hal ini dapat tercermin dari slogan yang mereka ciptakan dan tema-tema yang mereka nyatakan di setiap periodenya.

5. Menggunakan Pendekatan Microlearning

Konten pelatihan yang baik diformat dan disampaikan dengan pendekatan microlearning. Ini juga dikenal sebagai metode chunking, di mana pembelajaran dibagi menjadi segmen-segmen yang lebih kecil. Microlearning atau chunking membantu mencegah kelebihan kognitif dan memberikan instruksi dalam interval singkat. Hal ini memungkinkan pelajar untuk menyelesaikan dan menyerap materi dengan benar, sehingga ketika diujikan pada para peserta dapat memberikan hasil yang sesuai standar atau di atasnya.

6. Menawarkan Akses Mudah

Training provider yang baik dapat menawarkan akses mudah bagi para pesertanya. Fokus mereka adalah keberhasilan peserta sehingga mereka akan mempermudah urusan administrasinya. Misalnya, pendaftaran yang dapat dilakukan secara online bagi mereka yang memiliki mobilitas cukup tinggi dan akses ke situs pembelajaran secara online.

7. Menghadirkan Konten Dalam Antarmuka Pengguna (UI) yang Ramping Dan Modern

Training provider tidak selalu harus dilaksanakan secara offline namun juga online. Training provider online yang baik akan selalu mengutamakan penyerapan pengetahuan dan kenyamanan para pelajar, salah satunya adalah dengan desain kreatif, relevan dan menarik pada konten pembelajaran mereka guna meningkatkan fokus peserta pelatihan.

8. Menawarkan Konten Yang Praktis Dan Dapat Ditindaklanjuti

Para peserta datang untuk mengembangkan kemampuan yang dimilikinya supaya mereka dapat menghadapi dan menyelesaikan masalah yang mungkin sering dihadapi atau akan dihadapi. Oleh karena itu, selain harus bisa menyajikan konten teoritis, training provider yang berkualitas tentu menyajikan konten praktis bagi para pesertanya. Hal ini dapat terlihat dari perusahaan apa saja yang menjalin kerjasama dengan training provider tersebut.

9. Mengintegrasikan Multimedia

Training provider yang berkualitas akan terus meningkatkan kualitas pembelajarannya, salah satunya dengan mengintegrasikan multimedia yang merupakan bentuk pemanfaatan dari teknologi digital yang semakin maju. Dalam hal ini, mengintegrasikan multimedia berarti memanfaatkan gambar, video, audio, dan format konten lainnya untuk menunjang kegiatan pembelajaran yang akan diadakan. Hal ini dapat dilihat dari cara mereka mengiklankan lembaga atau brand mereka.

10. Selalu Mengumpulkan Umpan Balik

Umpan balik merupakan salah satu elemen penting dalam track record suatu training provider atau lembaga pelatihan. Semakin sering mereka mengumpulkan umpan balik dari alumninya, maka secara tidak langsung mereka juga sedang menunjukan kekonsistenan mereka dalam usaha yang dijalankan. Konsistensi sendiri merupakan salah satu hardskill yang sangat diperlukan dalam dunia kerja.

Referensi:

ALC Leadership Management. (2021). 10 Ciri Training Provider Terbaik ini Wajib Anda Ketahui. Diakses dari:

https://alcleadershipmanagement.com/ciri-training-provider-terbaik/

Bakkah. (2016). Best Training Provider - Top 5 Thinggs To Condier When Selecting A Training Provider. Bakkah Learning Program. Diakses dari:

https://bakkah.com/knowledge-center/5-things-consider-selecting-training-provider

BSMR. (2023). Training Provider. Diakses dari:

https://www.bsmr.org/training-provider#:~:text=Training%20Provider%20adalah%20sebuah%20lembaga,maupun%20instansi%20pendidikan%20biasa%20lainnya.

Marwansyah. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga

Westmoreland, D. (2017). How To Identify A Top Online Training Center. Elearning Industry. Diakses dari:

https://elearningindustry.com/top-online-training-center-10-characteristics

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.