Ketahui Manfaat BSMR Certification bagi Industri Keuangan

Certification Oct 2, 2024

Banyak manfaat BSMR certification atau sertifikasi BSMR (Badan Sertifikasi Manajemen Risiko) bagi para pelaku industri keuangan. Ini berlaku baik bagi yang sudah terjun di dalam industri keuangan atau yang baru akan terjun ke dalamnya. 

Sebab, sertifikasi BSMR kini menjadi kebutuhan terutama untuk perusahaan keuangan semacam bank. Kita bisa mengantisipasi risiko secara terstruktur bila mengikuti sertifikasi BSMR. Lebih lengkapnya, berikut berbagai manfaat bila kita lulus sertifikasi BSMR:

4 Manfaat BSMR Certification secara Umum

Lulus sertifikasi BSMR berarti kita bisa menerapkan manajemen risiko yang efektif dan efisien ketika bekerja di industri keuangan khususnya lembaga seperti bank. Maka dari itu, beberapa manfaat yang akan kita rasakan di antaranya.

1. Proses Pekerjaan Terstruktur sehingga Meningkatkan Keuntungan

Manfaat pertama adalah proses pekerjaan menjadi lebih terstruktur. Ini mengingat sertifikasi akan membantu perusahaan memahami cara menjalankan bisnisnya agar lebih efektif dan efisien. 

Bila terdapat risiko di tengah situasi yang tidak pasti, perusahaan paham harus menghadapinya dengan tindakan tertentu. Hal ini tentu meminimalkan kerugian perusahaan dan memaksimalkan keuntungannya.

2. Memiliki Sumber Daya dengan Kompetensi Memadai

Perusahaan yang menerapkan sertifikasi BSMR otomatis mewajibkan tenaga kerjanya mengikuti ujian sertifikasi. Oleh sebab itu, tenaga kerjanya terjamin profesional setelah lulus sertifikasi dan meningkat kompetensinya. 

Lebih tepatnya, tenaga kerja tersebut akan lebih ahli ketika harus menjalankan manajemen risiko dalam perusahaan. Ini karena tenaga kerja telah memahami standar yang harus dipenuhi ketika terdapat risiko yang harus dihadapi dan dikelola.  

Tidak hanya itu, manfaat BSMR certification bagi perusahaan juga terdapat dalam bentuk penerapan standar manajemen risiko yang menyeluruh. Efektivitas sertifikasi BSMR pun lebih efektif dan berlaku di semua tenaga kerja.

Terlebih jika kita mengikuti Pelatihan Sertifikasi BSMR oleh PasarTrainer yang komprehensif dan berkualitas.

3. Mampu Bersaing dalam Ranah Global

Persaingan global menjadi tantangan tersendiri khususnya bagi perusahaan di industri keuangan. Kini, persaingan global semakin memanas dan ketat. Namun, kita bisa menjadikan perusahaan mampu bersaing secara global melalui manajemen risiko yang terukur. 

Perusahaan menjadi lebih andal dalam mendeteksi dan mengidentifikasi risiko serta ketidakpastian dalam persaingan pasar. Hasilnya, perusahaan mampu mengubah risiko menjadi peluang yang menguntungkan dan bermanfaat bagi perkembangan perusahaan di masa depan. Pertumbuhan perusahaan pun turut meningkat pesat pada akhirnya.

4. Mencapai Visi dan Misi Lebih Mudah

Kesuksesan perusahaan dapat dinilai dari tercapainya visi dan misi yang dimiliki. Melalui sertifikasi BSMR, maka berbagai manfaat yang telah disebutkan sebelumnya akan memudahkan perusahaan dalam mewujudkan misi dan misinya. 

Terlebih dengan terstrukturnya proses pekerjaan, peningkatan keuntungan, memiliki sumber daya berkompetensi memadai, hingga kemampuan untuk bersaing di ranah global. 

Manfaat BSMR Certification bagi Individu

Individu yang ingin bekerja di industri keuangan terutama industri perbankan sebaiknya mengikuti sertifikasi BSMR. Bila lulus sertifikasi tersebut, terdapat berbagai manfaat yang akan didapatkan seperti:

  • Siap memasuki dunia kerja di industri keuangan, terutama ketika kita baru menjadi fresh graduate atau lulusan perguruan tinggi;
  • Berpotensi dan berpeluang besar menjalani karir internasional, khususnya ketika ketika memiliki segudang aspirasi karya di organisasi internasional;
  • Memiliki opsi karir profesional yang banyak, terlebih ketika kita telah bekerja;
  • Memiliki nilai tambah yang dapat berperan sebagai daya tarik dan faktor pembeda di antara pelaku industri keuangan lainnya;
  • Terlatih menghadapi risiko serta ketidakpastian yang selalu ada pada berbagai penugasan profesional yang akan dihadapi;
  • Berpeluang melewati proses yang lebih mudah ketika harus mengambil Sertifikasi Profesi pada tingkat regional maupun internasional;
  • Mempercepat proses berkarir sehingga bisa menempuh jenjang karir lebih tinggi terlebih dahulu dari pekerja yang seangkatan.

Manfaat BSMR Certification bagi Organisasi

Adapun manfaat dari sertifikasi BSMR ini tidak hanya bagi individu saja, namun juga berlaku bagi organisasi yang mempekerjakan individu lulusan sertifikasi tersebut. Berbagai manfaat di bawah ini adalah contohnya:

  • Memiliki sumber daya berkompetensi tinggi dalam bidang manajemen risiko yang telah terukur dan terstandardisasi;
  • Bisa mendukung organisasi lebih berkembang meskipun di era kompetisi global yang rentan berisiko dan penuh ketidakpastian;
  • Mampu menjalankan implementasi nilai-nilai sertifikasi secara efektif serta menyeluruh mengingat sumber dayanya kompeten dan memahami manajemen risiko dengan baik;
  • Meningkatkan probabilitas terkait kesuksesan organisasi untuk mencapai tujuan strategis serta visi dan misinya;
  • Mengembangkan tata kelola organisasi berupa budaya dasar manajemen risiko serta pengendalian internal secara sehat;
  • Mempermudah organisasi jika ingin mewujudkan integrasi terhadap berbagai sistem manajemen risiko, terutama yang berbasis ISO, seperti ISO 9001, seri ISO 27000, hingga seri ISO 19000. 

Berbagai manfaat BSMR certification tersebut bisa kita dapatkan bila lulus sertifikasi. PasarTrainer menyediakan Pelatihan Sertifikasi BSMR terlengkap Level 1-5 yang bisa kita ikuti. Passing rate sertifikasi para peserta pelatihan lebih dari 90 persen! Jadi, segera kunjungi PasarTrainer untuk pemesanan!


Referensi 

www.bsmr.org


lspmks.co.id - Manfaat Pelatihan dan Sertifikasi Manajemen Risiko Berbasis SNI ISO-31000


lsp-keuangansyariah.com - Inilah 4 Manfaat Sertifikasi Manajemen Resiko

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.