Kiat-Kiat Memastikan Pekerja Sehat di Kantor

Food & Beverage Jan 26, 2024

Memiliki tubuh yang sehat dapat menjadi faktor penting untuk mendukung kelancaran berbagai jenis aktivitas sehari-hari, termasuk pekerjaan. Hal ini juga berlaku di lingkungan kerja, karena perusahaan sebaiknya memastikan bahwa setiap pekerja sehat, sehingga bisa melakukan semua tugasnya dengan optimal.

Untuk bisa memastikan hal tersebut, sebenarnya ada berbagai kiat atau tips yang bisa Kamu lakukan. Dalan artikel ini, akan dibahas lebih lanjut tentang langkah apa saja yang dapat menjadi solusi untuk menjaga kesehatan pekerja.

Tips Memastikan Pekerja Sehat

Bagi sebagian perusahaan, faktor kesehatan ini mungkin masih menjadi hal yang kurang diperhatikan, karena bisa jadi dianggap sebagai tanggung jawab individu setiap pekerjanya.

Memang benar bahwa kesehatan adalah tanggung jawab setiap orang, namun sebenarnya akan lebih baik jika perusahaan juga memiliki kepekaan yang baik terhadap kesehatan para pekerjanya.

Di bawah ini adalah beberapa tips penting yang bisa dilakukan untuk memastikan karyawan hidup sehat, terutama ketika sedang melakukan aktivitas pekerjaan di lingkungan kantor dan berbagai lingkungan lainnya yang terkait dengan pekerjaan.

Mengikuti Program BPJS

Tips pertama yang bisa dilakukan perusahaan yaitu dengan mengikuti program BPJS Kesehatan. Ada baiknya setiap perusahaan memberikan fasilitas penting ini untuk setiap pekerjanya. Apabila ada pekerja yang masih belum terdaftar dalam BPJS Kesehatan, maka perusahaan sebaiknya mengurus keanggotaannya.

Dengan adanya jaminan kesehatan yang juga menjadi program negara ini, maka kesehatan setiap pekerja akan lebih mudah untuk terlindungi. Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terkait dengan kondisi kesehatan, maka fasilitas dari BPJS bisa dimanfaatkan secara optimal.

Perhatikan Asupan Makanan

Untuk memastikan pola hidup sehat, maka hal penting yang perlu diperhatikan yaitu asupan makanan sehari-hari. Di berbagai perusahaan, tidak jarang jenis makanan yang dikonsumsi oleh para karyawan bukanlah makanan sehat dengan gizi seimbang, misalnya jenis makanan yang tinggi akan kadar garam dan gula.

Padahal, makanan seperti itu tidak baik dikonsumsi secara rutin, terlebih untuk jangka waktu yang panjang.

Salah satu alternatif solusi untuk permasalahan ini yaitu akan lebih baik jika perusahaan bisa menyediakan makanan sehat untuk karyawannya. Jika belum bisa untuk memberikan makan siang atau makan berat, mungkin bisa dimulai dari jajanan atau minuman sehat.

Perhatikan Kebutuhan Cairan

Selain penting untuk memperhatikan asupan makanan, kebutuhan cairan pun perlu diperhatikan supaya semua tenaga kerja sehat dan bugar. Pastikan bahwa setiap pekerja terhidrasi dengan baik ketika sedang melakukan pekerjaannya.

Atur Batasan Jam Kerja

Hal penting selanjutnya yang tidak boleh diabaikan jika ingin memastikan karyawan hidup sehat yaitu terkait dengan jam kerja. Bagi sebagian perusahaan, jam kerja sudah ditetapkan dan harus dipatuhi dengan baik oleh setiap elemen di dalamnya.

Namun, hingga saat ini masih ada saja perusahaan yang kurang ketat dalam mengontrol jam kerja ini. Terkadang, karyawan mungkin bisa bekerja lebih dari jam kerja normal yang sudah disepakati sebelumnya karena berbagai alasan.

Padahal, hal ini sebenarnya kurang baik bagi kesehatan karyawan, karena dapat mengurangi durasi waktu yang seharusnya digunakan untuk beristirahat atau melakukan kegiatan lainnya di luar pekerjaan.

Pastikan Mengatur Berbagai Kegiatan secara Matang

Selanjutnya, berbagai kegiatan di lingkungan kerja perlu diperhatikan dengan matang. Sebagai contoh, jika ada sebuah proyek, maka berbagai aspeknya perlu dipersiapkan dengan optimal, sehingga berbagai masalah dapat diminimalisir.

Hal ini menjadi penting untuk memastikan tenaga kerja sehat, karena perencanaan yang matang dapat membuat pekerja dapat melakukan setiap aktivitas dengan efektif dan efisien. Selanjutnya, pekerjaan dapat selesai tepat waktu dan tidak mengganggu waktu istirahat.

Pastikan Kebersihan Lingkungan Kerja

Kebersihan menjadi faktor kunci dari berbagai aspek kesehatan, hal ini juga berlaku untuk lingkungan kerja. Penting bagi Anda untuk bisa menciptakan lingkungan kerja yang bersih, sehingga karyawan pun akan merasa lebih nyaman.

Menyediakan Fasilitas Olahraga

Tips membuat tenaga kerja sehat yang selanjutnya yaitu dengan memberikan fasilitas olahraga, misalnya dengan membership fitness atau gym. Selain itu, bisa juga dengan mengadakan olahraga rutin bersama bagi para karyawan.

Itu tadi berbagai tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga pola hidup sehat bagi para karyawan di kantor. Meski masih kurang diperhatikan oleh sebagian perusahaan, namun sebenarnya hal-hal di atas sangat penting jika ingin memastikan performa yang maksimal untuk setiap pekerjanya.

Tips di atas juga berlaku untuk pekerja yang terlibat dalam berbagai proyek perusahaan serta para pekerja yang melakukan pekerjaan dari jarak jauh. Di manapun lokasi kerja mereka, kesehatan tetap menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan oleh perusahaan.

Dengan menjaga kesehatan untuk setiap pekerja, maka perusahaan pun bisa mendapatkan hasil yang lebih optimal dari hasil kerja mereka. Tubuh dan mental yang sehat akan membuat para pekerja lebih fokus dan profesional dalam melakukan setiap jenis pekerjaannya.

Jika Knda masih merasa kesulitan untuk mempelajari hal ini, terutama jika berhubungan dengan asupan gizi yang diperlukan untuk pekerja sehat, maka program Tetap Sehat ala  Profesional dari Pasar Trainer bisa menjadi solusi tepat. Pastikan bahwa Anda telah benar-benar memperhatikan faktor kesehatan yang sangat penting ini!


Referensi

protect.cermati.com - Tips Perusahaan Menjamin Kesehatan Karyawan di Kantor
mufit.id - Tips Mudah Menjaga Performa dan Kesehatan Karyawan
www.djkn.kemenkeu.go.id - Produktivitas Kerja Maksimal dengan Tetap Sehat dan Bugar Saat Bekerja

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.