Leadership dalam Dunia Kerja: Pengertian, Sikap, serta Cara Mengembangkan

Leadership & Soft Skills Dec 5, 2023

Kata leadership tentunya sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang, terlebih untuk para pekerja. Namun, bagi sebagian orang, mungkin saja belum terlalu memahami apa yang dimaksud dengan leadership dalam dunia kerja.

Jika ingin lebih memahami tentang hal tersebut, kini kamu sedang membaca artikel yang tepat. Melalui artikel ini, akan dijelaskan apa yang dimaksud dengan leadership, sikap yang perlu dimiliki, serta bagaimana cara untuk mengembangkan kemampuan yang satu ini.

Mengenal tentang Leadership dalam Dunia Kerja

Dalam bahasa Indonesia, leadership umumnya diartikan sebagai kepemimpinan. Secara sederhana, leadership dapat diartikan sebagai sebuah fungsi atau sebuah keterampilan untuk memotivasi, memengaruhi, atau mengarahkan orang lain untuk dapat melakukan satu atau berbagai hal. Hal ini dilakukan supaya tujuan tertentu dapat tercapai dengan baik.

Skill yang satu ini sangat penting dalam dunia kerja, karena dapat sangat berpengaruh terhadap hasil kerja dari suatu perusahaan.

Sikap yang Perlu Dimiliki Pemimpin

Ada berbagai sikap yang penting untuk dimiliki seorang pemimpin atau leader, berikut adalah beberapa di antaranya:

Kebijaksanaan

Hal penting yang perlu dimiliki yaitu kebijaksanaan, termasuk dalam membuat berbagai keputusan. Biasanya, akan ada banyak perspektif dan mindset yang perlu disatukan dalam suatu pekerjaan. Dalam hal ini, kebijaksanaan dibutuhkan untuk menentukan langkah yang paling tepat.

Keterampilan Sosial

Kedua, seorang pemimpin perlu memiliki keterampilan sosial, supaya dapat lebih peka dalam menilai kondisi, sehingga keputusan dapat diambil berdasarkan hal tersebut.

Keberanian

Setiap pemimpin perlu memiliki sikap yang berani, karena mungkin saja mereka akan dihadapkan dengan berbagai masalah dalam menjalankan pekerjaannya, termasuk semua tindakan yang nantinya akan diambil atau diputuskan.

Dapat Membuat Keputusan

Masih berkaitan dengan bagian sebelumnya, salah satu keberanian yang diperlukan yaitu dalam menentukan keputusan. Seorang pemimpin perlu mengambil berbagai keputusan, tentunya mempertimbangkan seluruh situasi dan kondisi.

Dapat Dipercaya 

Selanjutnya, seorang pemimpin perlu memiliki sikap yang dapat dipercaya. Dengan begitu, maka anggota tim pun akan merasa yakin untuk mengikuti berbagai arahan yang diberikan.

Dapat Memberi Pengaruh

Selain dapat dipercaya, sikap dapat memberi pengaruh juga tidak kalah pentingnya. Pemimpin perlu memiliki orang-orang yang benar-benar mendukungnya, sehingga berbagai langkah dan keputusan pun akan lebih mudah dikerjakan bersama.

Cara Mengembangkan Kemampuan Leadership dalam Dunia Kerja

Setelah membaca berbagai penjelasan tentang sikap yang perlu dimiliki, maka mungkin selanjutnya kamu akan bertanya tentang bagaimana cara untuk mengembangkan skill ini dan melakukan effective leadership. Berikut adalah berbagai cara atau langkah yang dapat kamu lakukan untuk menhembangkan kemampuan yang satu ini.

Mengenali Seluruh Rekan Kerja

Berkaitan dengan pentingnya kemampuan sosial, maka penting bagi setiap pemimpin untuk mengenali seluruh rekan kerjanya. Dengan begitu, kamu akan mengetahui seperti apa karakter mereka, serta kelebihan dan kekurangannya.

Selanjutnya, kamu bisa terbantu dalam mengambil berbagai keputusan, misalnya ketika akan melakukan pembagian tugas.

Coba untuk Menjadi Inspirasi

Selanjutnya, cobalah untuk menjadi panutan atau inspirasi bagi banyak orang, khususnya anggota tim yang dipimpin.

Berlatih Disiplin

Sikap disiplin adalah hal penting dalam leadership, karena ini akan berpengaruh terhadap konsistensi dari setiap pekerjaan yang dilakukan. Dengan sikap disiplin, maka tugas-tugas pun dapat dilakukan dengan lebih bertanggung jawab.

Sikap ini juga penting untuk memberikan contoh yang baik bagi anggota tim yang lain. Sebelum mendisiplinkan orang lain, maka perlu dipastikan bahwa kamu sudah bersikap disiplin.

Membiasakan Berpikir Cepat

Ketika akan mempelajari leadership dalam dunia kerja, maka pembiasaan untuk berpikir cepat adalah hal yang tidak boleh diabaikan.

Dengan berpikir cepat, maka berbagai langkah, keputusan, proyek, dan sebagainya pun dapat lebih cepat terselesaikan. Namun, pastikan juga pikiran cepat tersebut diimbangi dengan pertimbangan yang matang.

Berani Mengaku jika Ada Kesalahan

Selanjutnya, jika terdapat kesalahan, maka sebaiknya kamu berani mengakui kesalahan tersebut.

Rutin Mengevaluasi Diri

Setelah berani mengakui kesalahan, hal penting selanjutnya yang sebaiknya kamu biasakan yaitu rutin melakukan evaluasi diri.

Doronglah dirimu untuk mempelajari berbagai kesalahan yang sudah dilakukan, supaya hal tersebut tidak terulang lagi. Pelajari lagi berbagai hal yang kurang, sehingga kamu bisa menjadi pribadi yang jauh lebih baik.

Terus Belajar

Cara terakhir yang akan dibahas kali ini yaitu pentingnya untuk terus belajar. Kamu bisa mempelajari banyak hal tentang sikap pemimpin yang baik serta berbagai pengetahuan yang mendukung pekerjaan.

Dengan terus belajar, maka perspektif yang kamu miliki dapat menjadi semakin luas. Selanjutnya, berbagai pengambilan keputusan dan sikap-sikap lainnya pun dapat lebih dikembangkan.

Selain itu, kamu juga bisa mengikuti pelatihan leadership dalam dunia kerja, sehingga akan lebih mudah dalam mengembangkan skill penting yang satu ini.

Itulah berbagai penjelasan tentang leadership yang menjadi hal penting dalam setiap bidang pekerjaan, terlebih jika kamu perlu memimpin suatu tim atau beberapa orang untuk keperluan tertentu. Maka dari itu, informasi ini sebaiknya diketahui oleh para pekerja dan pencari kerja, supaya dapat lebih mengembangkan skill ini.

Salah satu hal yang dibahas dalam cara mengembangkan leadership dalam dunia kerja yaitu dengan terus belajar, termasuk dengan mengikuti pelatihan leadership. Untuk mendukung perkembangan skill-mu, Pelatihan Leadership dari PasarTrainer dapat menjadi solusi terbaik!


Referensi

www.cermati.com - Leadership
www.detik.com - Leadership Adalah Arti Contoh dan Kemampuan yang Harus Dimiliki
glints.com - Meningkatkan Leadership Skill

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.