Mengapa Penting Bagi Karyawan Untuk Belajar Logistik?

Supply Chain Jun 18, 2023

Logistik adalah salah satu bidang yang terus berkembang dan mengalami peningkatan permintaan di dunia kerja. Berikut ini adalah ulasan dari pasartrainer.com yang bermaksud mengajak para pembaca sekalian untuk belajar logistik agar dapat memenuhi permintaan tersebut.

Apa itu logistik dan mengapa belajar Logistik itu penting?

Belajar logistik adalah belajar tentang proses perencanaan, pengorganisasian, dan pengelolaan pergerakan barang dan bahan baku dalam rantai pasokan. Industri logistik memisahkan proses rantai pasokan menjadi lima area spesifik:

1. Perencanaan: Menyampaikan jumlah bahan baku yang tepat untuk memenuhi permintaan konsumen

2. Pengemasan dan unitisasi: Pengemasan dan pengemasan produk untuk menjaga kualitasnya.

3.   Kontrol inventaris: Pergudangan dan penyimpanan bahan, komponen, dan produk jadi

4.  Manajemen transportasi: Mengontrak penyedia pengiriman untuk mengirimkan bahan dan barang secepat dan seefektif mungkin

5. Informasi dan kontrol: Mengumpulkan dan menafsirkan data untuk mengembangkan strategi logistik seefisien mungkin

6. Profesional layanan logistik yang berbeda bertanggung jawab atas berbagai bagian rantai pasokan, mulai dari pengadaan dan penyimpanan bahan hingga transportasi dan pengiriman barang jadi.

Misalnya, seorang manajer logistik untuk perusahaan elektronik besar mungkin ditugaskan untuk mendapatkan bahan mentah dari pemasok di Jepang ke pabrik di Karawang, Indonesia. Dari sana, manajer logistik harus menemukan rute terbaik ke distributor dan pengecer di seluruh area lokal bahkan dunia.

Sebagai contoh lain, seorang manajer logistik untuk pengecer e-commerce mengoordinasikan pergerakan pesanan konsumen dari gudang ke pengguna akhir, mungkin dengan pusat distribusi di sepanjang jalan. E-Commerce melakukannya dengan sangat baik, menempatkan pusat distribusi secara strategis untuk meminimalkan jarak antara produk dan pelanggan.

Belajar logistik juga memastikan rantai pasokan berjalan lancar sehingga perusahaan mendapatkan bahan yang mereka butuhkan dan konsumen mendapatkan barang jadi yang mereka inginkan dengan gangguan sesedikit mungkin.

Mengapa Belajar Logistik Penting?

Bisnis bergantung pada profesional logistik untuk menjaga produksi dan pengiriman tetap berjalan. Mempelajari logistik adalah langkah pertama untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang kritis ini dan membangun pondasi untuk karir yang tahan masa depan.

1. Pengoptimalan pendapatan

Intinya perusahaan bergantung pada pengendalian biaya dan pertumbuhan pendapatan. Logistik berkontribusi pada keduanya. Ketika Anda memahami seluk beluk logistik, Anda dapat menemukan peluang pemotongan biaya di sepanjang rantai pasokan. Yang paling penting, Anda dapat menemukan cara yang lebih cepat untuk membawa produk ke tujuan yang diinginkan tanpa mengorbankan kualitas. Pengiriman tepat waktu dan andal juga meningkatkan kepuasan pelanggan, yang meningkatkan reputasi perusahaan dan menciptakan keunggulan kompetitif.

2. Teknologi Baru

Profesional logistik saat ini memiliki akses ke serangkaian sumber daya teknologi yang membuat perencanaan menjadi lebih mudah, sederhana, dan lebih efektif. Misalnya:

1)  Solusi kecerdasan buatan (AI) mendukung otomatisasi dalam perencanaan rute, pengambilan gudang, manajemen inventaris, dan lainnya

2)  Teknologi visibilitas rantai pasokan memungkinkan ahli logistik melihat kondisi secara real time, memungkinkan respons yang lebih cepat

3)  Sensor Internet of Things (IoT) dapat melacak lokasi pengiriman

Dengan belajar logistik, Anda dapat membiasakan diri dengan teknologi ini dan menjadi lebih kompetitif di pasar kerja lintas industri dan perdagangan.

3. Mengubah Ekonomi Global

Pandemi virus corona bukanlah gangguan pertama yang mengguncang rantai pasokan, dan juga bukan yang terakhir. Seperti yang dikatakan ekonom Susan Lund kepada McKinsey pada tahun 2020, masalah seperti ketegangan perdagangan, kejahatan dunia maya, dan bencana alam akan selalu menjadi ancaman.

Saat Anda mempelajari logistik, Anda belajar tentang solusi penting untuk krisis logistik di masa lalu dan sekarang. Anda belajar bagaimana menanggapi krisis dan membuat strategi proaktif yang meminimalkan dampak bencana. Anda juga mempelajari apa yang berhasil dan apa yang tidak untuk meminimalkan biaya secara rutin dan meningkatkan kecepatan pengiriman.

Haruskah Saya Mempelajari Manajemen Logistik?

Manajemen logistik adalah topik yang bagus untuk dipelajari jika Anda tertarik menjadikannya sebagai karier Anda atau hanya ingin memahami bagaimana perdagangan bergerak. Secara profesional, ini adalah keahlian yang menggiurkan dengan potensi pertumbuhan tinggi, sekarang lebih dari sebelumnya.

1. Permintaan Akan Bakat

Krisis rantai pasokan global menyoroti semakin kurangnya profesional logistik. Asosiasi untuk Manajemen Rantai Pasokan melaporkan pada tahun 2021 bahwa untuk setiap enam lowongan, ada satu kandidat yang memenuhi syarat.

Masalah terbesar adalah menemukan profesional yang memahami data dan perannya dalam perencanaan logistik. Teknologi digital telah menjadi bagian penting dari logistik selama beberapa tahun terakhir, dan pelatihan logistik memainkan peran penting dalam membantu para profesional beradaptasi.

2. Kesempatan berkarir

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Workmate, Ahli Logistik adalah salah satu pekerjaan bisnis terbaik yang tersedia. Gaji pokok di awal karir pada pekerjaan ini (posisi staff) yaitu sesuai dengan UMK di masing-masing wilayah dan tumbuh pada tingkat di atas rata-rata meskipun di perusahaan lain dilaporkan memiliki gaji pokok awalan sebesar Rp 5-7 juta, sedangkan untuk manager entry level memiliki gaji pokok awalan sebesar Rp 237,999,996 per tahun atau jika dibuat bulanan yaitu sebesar Rp 19.833.333 per bulan. Keahlian logistik membuka pintu ke ribuan peluang kerja, apalagi di era yang mulai beralih ke era perbelanjaan digital dengan jasa logistik sebagai salah satu tonggak utamanya. Ada puluhan ribu posisi di industri mulai dari farmasi hingga energi surya.

3. Keterampilan yang Dapat Dialihkan

Logistik mempengaruhi semua aspek operasi bisnis. Semakin banyak Anda mempelajari tentang bagaimana bahan dan barang berpindah antar pusat produksi, maka akan semakin banyak yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan operasi perusahaan. Setelah Anda memperoleh basis pengetahuan logistik yang kuat lewat belajar logistik, Anda dapat mengikuti pelatihan tambahan dan beralih ke manajemen operasi, manajemen rantai pasokan, atau keuangan perusahaan. Keterampilan logistik juga dapat membantu Anda memenuhi syarat untuk manajemen dan bahkan posisi eksekutif, karena Anda akan memiliki pengetahuan lanjutan dalam pengendalian biaya dan negosiasi.

Mulailah Dalam Manajemen Logistik

Ada banyak jalur untuk berkarir dalam manajemen logistik. Beberapa bergabung dengan bidang ini dengan gelar sarjana dalam manajemen rantai pasokan, yang mencakup topik seperti sumber bahan dan pengadaan selain logistik. Lainnya belajar logistik di luar jalur gelar, menyelesaikan kursus manajemen logistik atau program sertifikat.

Pasartrainer.com menawarkan kursus logistik dan banyak mata keahlian terkait logistik, semuanya online dan disesuaikan dengan berbagai tingkat keahlian. Selesaikan kursus pengantar, dapatkan sertifikat, atau dapatkan gelar manajemen rantai pasokan terbaik untuk Anda dan jalur karir Anda. Jelajahi kursus logistik hari ini dan lihat apa yang menarik bagi Anda.

Siapa tahu? Anda mungkin orang yang mereka panggil dalam krisis berikutnya.

Referensi

Marieska. (2017). Zaman MEA, Pentingnya Belajar Ilmu Logistik di Dunia Karir Industri. Jawa Pos. Diakses pada 23 Mei 2023 dari: https://www.jawapos.com/pendidikan/01131657/zaman-mea-pentingnya-belajar-ilmu-logistik-di-dunia-karir-industri

McDonough, A. (2019). Operations and Supply Chain Management Essentials You Always Wanted to Know (Self-Learning Management Series). USA: Vibrant.

Mooc. (2022). Why Is It Important to Study Logistics? Mooc Blog Team. Diakses pada 23 Mei 2023 dari: https://www.mooc.org/blog/why-is-it-important-to-study-logistics

Team Workmate. (2020). Business: Begini Kisaran Gaji Staff Logistik di Indonesia. Workmate Asia. Diakses pada 23 Mei 2023 dari: https://www.workmate.asia/id/blog/kisaran-gaji-staff-logistik

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.