Mengapa Perusahaan Harus Memiliki Departemen Logistik? Berikut Alasannya!

Selling & Distribution Jun 6, 2023

Terlepas dari ukuran bisnis Anda, akan ada satu aspirasi bersama untuk tumbuh melampaui semua batasan. Salah satu faktor utama kesuksesan bisnis adalah kemampuan untuk merampingkan pengiriman produk dari titik manufaktur ke konsumen akhir. Terlepas dari ceruk atau lokasinya, pekerjaan logistik adalah salah satu aspek utama yang akan membantu memindahkan barang dari titik A ke B dan membantu memangkas biaya. Ingin tahu mengapa pekerjaan logistik penting bagi perusahaan untuk meraih kesuksesan jangka panjang? Teruslah membaca ulasan kami di bawah ini.

Apa yang Dimaksud Dengan Pekerjaan Logistik?

Logistik dapat digambarkan sebagai aktivitas penting perusahaan yang terkait dengan pengelolaan pergerakan fisiknya. Semua aspek terkait dengan manajemen sumber daya yang cerdas untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Ini juga melibatkan semua pendekatan yang diambil untuk memastikan aliran produk yang lancar secara konstan dari titik awal ke tujuan. Pekerjaan logistik adalah layanan penting dalam kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan pengelolaan pengangkutan barang dalam rantai pasokan. Semua jenis bisnis menggunakan logistik untuk mengangkut produk mereka melintasi lokasi lokal, nasional, dan global. Karena permintaan pelanggan selalu berubah, logistik selalu berupaya memberikan pelayanan yang berfokus pada pelanggan untuk memimpin pasar. Logistik untuk perusahaan lebih kompleks dari sekedar istilah, karena pekerjaannya tidak sekedar mencakup pergerakan produk. Penting untuk mengetahui manfaat eksklusifnya untuk menggunakannya sesuai kebutuhan mereka.

Mengapa Logistik Penting Bagi Perusahaan?

1. Untuk Memimpin Pasar

Terlepas dari bidang bisnis Anda, Anda selalu ingin memastikan bahwa produk Anda menjangkau pelanggan Anda tepat waktu dan memenuhi persyaratan mereka. Dengan kemajuan teknologi, Anda juga ingin melacak pergerakan hingga mencapai pelanggan. Namun, tetap berada di puncak persaingan untuk memimpin pasar adalah salah satu aspirasi bisnis terbesar. Memiliki logistik yang dikelola dengan baik akan memastikan Anda memimpin pasar untuk waktu yang lama. Oleh karena itu pastikan bahwa pekerjaan logistik adalah bagian yang Anda kelola dengan maksimal.

2. Manajemen Produksi yang Lancar

Memiliki manajemen logistik yang lancar akan membuat perusahaan merencanakan setiap tugas secara efisien untuk menghemat sumber daya dan waktu. Ini akan membantu kedua karyawan untuk meniadakan tugas yang berulang sementara manajemen dapat memiliki kontrol yang lebih besar atas produksi barang dengan kualitas optimal.

3. Menghindari Kerugian

Logistik tidak hanya akan membuat produk sampai dari titik A ke titik B, tetapi memastikan pengiriman dengan kondisi dan waktu yang optimal. Jika prosesnya tidak dikelola dengan baik, mengalami penundaan, pencurian, kehilangan, dan faktor perusak lainnya, maka itu berarti logistik Anda tidak sesuai standar. Pelanggan selalu ingin mengetahui apakah ada keterlambatan pengiriman barang sampai ke tangannya. Mengelola pekerjaan logistik adalah cara yang tepat untuk mendukung aspirasi bisnis sekaligus mengembangkan keandalan dengan pelanggan tetap. Karena tidak akan ada dampak negatif dalam prosesnya, maka akan menyebabkan tidak ada atau sedikitnya kerugian selama proses berlangsung.

4. Menekan Biaya

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, aliran logistik yang lancar akan membantu menghemat waktu dan sumber daya. Ini akan berdampak positif pada penghematan biaya di semua tahapan proses. Anda dapat merencanakan stok Anda secara optimal dengan manajemen inventaris yang lebih cerdas di semua tahap. Akan ada manajemen pengiriman yang lancar dengan menawarkan solusi lunak tanpa mengurangi biaya.

Pengalaman Pelanggan yang Andal

Pekerjaan logistik adalah bagian dari proses yang sangat penting. Ketika perusahaan dapat memenuhi pelanggan, maka perusahaan akan melibatkan konsumen untuk tetap terhubung dengan merek dengan lebih puas. Ini akan mendorong pelanggan ini untuk membuat orang yang mereka kenal menggunakan layanan produk perusahaan Anda. Begitu perusahaan dapat mengelola proses logistik dengan lancar dari ujung ke ujung, maka akan berbanding lurus dengan kepuasan pelanggan. Pelanggan akan selalu terlihat terhubung dengan bisnis yang menawarkan solusi terbaik. Dalam hal pengiriman produk, pelanggan akan mencari keamanan dan ketepatan waktu pengiriman produk. Mereka tidak peduli dengan proses yang harus dilalui untuk membawa produk ke tujuan mereka, tetapi mereka mencari yang terbaik untuk uang mereka di era persaingan yang sangat ketat ini.

Kemudian, setiap jenis bisnis akan memiliki aspirasi untuk mencapai tingkat yang lebih luas terlepas dari ukurannya yang ada. Dengan kemampuan untuk memperluas bisnis, logistik akan membantu perusahaan Anda mencapai ketinggian baru. Jika Anda tidak memiliki sistem manajemen logistik yang efisien, akan lebih sulit untuk fokus pada motif bisnis inti. Pekerjaan logistik adalah pekerjaan yang akan mengambil tanggung jawab penuh untuk pengangkutan produk, akan lebih lancar untuk menangani kegiatan ekspansi.

Cara Mengembangkan Rantai Pasokan yang Sukses

Pekerjaan logistik adalah aspek kunci dari rantai pasokan yang efektif yang berbanding lurus dengan kesuksesan bisnis. Ini akan meningkatkan penjualan bisnis dan memastikan optimalnya fungsi elemen-elemen penting seperti stok, transportasi, pengiriman, pengambilan ulang produk, dll. Rantai pasokan bergantung pada berbagai permintaan pelanggan dan tidak sesederhana yang terlihat dari luar. Oleh karena itu, jika ingin membangun rantai pasokan yang efektif, Anda harus mengembangkan proses logistik yang berdampak. Selanjutnya, rantai pasokan yang efektif dapat meningkatkan nilai merek di mata pelanggan.

Sementara itu, pelanggan akan mulai mempercayai proses karena mereka akan melihat pengiriman barang tepat waktu. Pelanggan akan memahami transparansi lengkap dalam pendekatan Anda dengan menawarkan pelacakan pengiriman waktu nyata. Juga bermanfaat untuk melacak kembali jika ada masalah yang terjadi selama proses berlangsung. Memiliki pendekatan gabungan dapat membawa semua aspek ke satu tempat khusus untuk mengetahui jalur pengiriman.

Strategi Bottom Line

Logistik bisnis akan membantu perusahaan untuk tetap menjadi yang teratas dalam perlombaan dan memimpin pasar. Hal ini dikarenakan pekerjaan logistik akan menjamin bahwa akan ada operasi yang disederhanakan dengan jaminan pengalaman pelanggan yang positif. Terlepas dari bidangnya, pemilik bisnis akan melihat perlunya memiliki logistik yang efektif. Di era pasar yang kompetitif, sangat penting untuk memenuhi tren yang berubah dan permintaan pelanggan. Bermitralah dengan pakar logistik pengiriman barang terkemuka, yang memiliki daerah pemasaran yang luas. Karena akan ada keuntungan tambahan dari waktu transit yang lebih cepat dan metode yang aman untuk mendapatkan keuntungan maksimal.

Mari kunjungi pasartrainer.com untuk mendapatkan informasi seputar pelatihan manajemen logistik dari para ahli yang kredibel dan berpengalaman di bidangnya masing-masing. Anda juga dapat menemukan berbagai pelatihan lain sesuai dengan bidang yang Anda minati atau Anda butuhkan agar dapat memajukan kinerja perusahaan Anda.

Referensi

Heizer, J., Render, B. and Munson, C. (2020). Operations Management: Sustainability and Supply Chain Management. Prentice hall.

JobStreet by Seek. (2022). Cara Menjadi Manajer Logistik dan Panduan Jenjang Karier. Diakses pada 10 Mei 2023 dari: https://www.jobstreet.co.id/career-resources/plan-your-career/cara-menjadi-manajer-logistik-dan-panduan-jenjang-karier/

Max-Logistic. (2022). Bidang Pekerjaan Yang Ada Di Perusahaan Logistik Terbesar di Indonesia. Logistic. Diakses pada 10 Mei 2023 dari: https://max-logistics.co.id/id/bidang-pekerjaan-yang-ada-di-perusahaan-logistik-terbesar-di-indonesia/

Sutini, & Wismana, R. (2021). Peranan Logistik Terhadap Perusahaan Untuk Menunjang Kelancaran Dunia Bisnis. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 1(2), 1-7. https://doi.org/10.55606/jimek.v1i2.383

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.