Mengenal Apa itu Python: Ini Manfaat Mempelajarinya!

Web & Mobile Development Mar 12, 2024

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang wajib dipelajari oleh seorang programmer. Bahasa pemrograman sendiri merupakan kumpulan perintah untuk komputer agar dapat menyelesaikan masalah dan melakukan tugas tertentu.

Beberapa waktu ini, bahasa pemrograman yang satu ini cukup populer di dunia. Pasalnya, bahasa ini cukup fleksibel dan bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Misalnya, machine learning, menguji software serta website. Agar mengenal lebih jauh, mari simak informasi berikut!

Mengenal Apa itu Python

Seperti yang diketahui, bahasa ini biasa digunakan untuk membuat aplikasi, software, website, menganalisis data, atau mengotomatiskan suatu tugas. Bahasa ini merupakan bahasa tujuan umum, yang artinya bisa digunakan untuk membangun berbagai jenis pemrograman yang berbeda.

Oleh karena itu, bahasa pemrograman ini banyak digunakan dan menjadi bahasa yang paling mudah. Terlebih bagi para programmer pemula.

Menurut sebuah survei, bahasa pemrograman ini adalah yang terpopuler keempat. Ditemukan hampir 50% responden menyatakan jika mereka menghabiskan hampir setengah waktu kerjanya dengan bahasa ini. Bahasa pemrograman ini memiliki beberapa kelebihan, di antaranya:

1.    Mudah Dipelajari

Bahasa pemrograman yang satu ini memiliki sintaksis yang cukup sederhana dan mudah untuk dipelajari. Bila dibandingkan dengan bahasa yang lainnya, pemrograman ini lebih mudah bagi pemula.

2.    Gratis

Bahasa ini bersifat open source sehingga dapat diunduh dan dipasang secara gratis. Tentunya ini sangat berharga bagi para programmer, karena tidak harus berlangganan untuk menggunakannya.

3.    Komunitas Besar

Bahasa pemrograman ini memiliki komunitas yang cukup besar dan aktif. Di komunitas ini tersedia tutorial, sumber daya, serta dukungan bagi para developer.

Manfaat Belajar Python

Di era digital seperti sekarang, ada banyak manfaat dari mempelajari bahasa pemrograman yang satu ini. Adapun manfaatnya yaitu sebagai berikut:

1.    Berkesempatan Mendapat Gaji Besar

Salah satu manfaat dari mempelajari bahasa pemrograman ini yaitu berkesempatan mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang tinggi. Menurut sebuah sumber, bahasa pemrograman ini memiliki bayaran tertinggi kedua.

Bila memiliki keterampilan ini, kamu bisa mengajukan lamaran kerja ke perusahaan yang cukup besar. Tentunya, dengan tawaran gaji yang cukup menggiurkan. Meskipun demikian, hal ini tetap bergantung pada seberapa cakap kamu menggunakan bahasa pemrograman tersebut.

2.    Bahasa Mudah Dimengerti

Salah satu keuntungan mempelajari bahasa pemrograman ini yaitu mudah untuk dipahami. Tidak hanya itu, bahasa pemrograman ini juga cukup mudah untuk digunakan. Sintaksnya yang memakai bahasa Inggris, membuat bahasa ini mudah dipelajari.

Tidak hanya itu, bahasa ini juga mampu menangani kompleksitas dengan cukup baik. Selain itu, ia memiliki karakteristik open-source dan gratis.

3.    Fleksibel

Selain mudah dipelajari, bahasa ini juga cukup fleksibel. Terdapat lebih dari 125 library yang berasal dari pihak ketiga. Perpustakaan tersebut dapat dimanfaatkan untuk machine learning, memproses situs web hingga biologi.

Tidak hanya itu, perpustakaan yang hanya berfokus pada data juga membuatnya lebih mudah dalam memanipulasi, memproses, serta memvisualisasikan data. Contohnya seperti pandas, matplotlib, dan NumPy. Hal inilah yang menjadi alasan banyak orang suka menggunakan pemrograman ini untuk menganalisis data.

4.    Dapat Digunakan untuk Berbagai Sektor

Seperti yang diketahui, bahasa yang satu ini memiliki fleksibilitas yang tinggi. Oleh karena itu, bahasa ini dapat digunakan untuk berbagai macam sektor industri. Tidak hanya untuk data science, tetapi juga berbagai bidang lainnya seperti:

●      Trading dan keuangan;

●      Website building;

●      Matematis dan komputasi ilmiah;

●      Grafik komputer;

●      Administrasi sistem dan otomatisasi;

●      Developer game dasar;

●      Geografi dan pemetaan.

5.    Menuntaskan Banyak Tugas Harian

Bahasa pemrograman yang satu ini bukan hanya milik data scientist dan programmer saja. Namun, juga dapat bermanfaat bagi profesi lainnya. Ada beberapa tugas harian yang dapat diselesaikan dengan mudah menggunakan bahasa ini, di antaranya:

●      Mengirim pesan pengingat untuk diri sendiri;

●      Monitoring harga kripto atau pasar saham;

●      Meng-upgrade list belanjaan bahan makanan yang ada di rumah;

●      Mengubah file berbentuk teks ke dalam bentuk spreadsheet;

●      Mengubah nama file dengan jumlah yang banyak.

6.    Otomatisasi Tugas

Jika kamu bosan mengerjakan tugas yang sama berulang-ulang, kamu bisa mengandalkan bahasa pemrograman ini. kamu bisa menulis kode yang berfungsi untuk mengaktifkan proses otomatis. Proses ini disebut dengan scripting.

Di dunia coding, hal seperti ini biasanya digunakan untuk mengonversi file, mengoreksi kesalahan yang ada dalam banyak file secara bersamaan, menghapus duplikasi data, serta mengoperasikan matematika sederhana.

Selain itu, bahasa ini juga dapat digunakan untuk mengotomatiskan tugas sederhana di dalam komputer, terutama oleh pemula. Misalnya, mengunduh konten online, mengubah nama file, serta mengirim email dalam kurun waktu yang diharapkan.

Setelah membaca informasi di atas, semoga kamu mendapat gambaran mengenai bahasa pemrograman python. Untuk mengenalnya lebih jauh, tidak cukup dengan membaca informasi di atas saja. Kamu bisa mengikuti pelatihan web & mobile development di Pasar Trainer.


Referensi

https://www.dicoding.com - Python, Pengertian Contoh Penggunaan dan Manfaat Mempelajarinya
primakara.ac.id - Python Adalah
algorit.ma - Apa Itu Python?

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.