Mengenal Artificial Intelligence (AI) dan Kegunaannya dalam Dunia Kerja

Technology Jun 10, 2024

Artificial Intelligence (AI) saat ini semakin berkembang dengan pesat. AI telah ada hampir di seluruh aspek kehidupan, terutama dunia kerja. Salah satu contohnya adalah proses rekrutmen yang menerapkan Applicant Tracking System (ATS) untuk menyortir CV. 

AI memiliki keunggulan yang dapat membuat pekerjaan jadi lebih efisien karena hemat waktu dan tenaga. Jadi, tidak heran jika AI bisa kita andalkan dalam dunia kerja. Untuk menjawab rasa penasaran tentang AI, artikel ini mengulas kegunaan AI pada dunia kerja yang beragam.

Mari kita pahami bersama informasinya lebih lanjut berikut ini!

Apa Itu Artificial Intelligence (AI)?

Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Buatan merupakan bidang ilmu komputer dengan fokus untuk pengembangan sistem dalam melakukan tugas yang membutuhkan kecerdasan manusia. Misalnya, penglihatan komputer, pengenalan suara, hingga bahasa alami.

Sistem pada AI berdasarkan pada model matematis serta algoritma yang membuat komputer mempelajari pengalaman dan data. Penggunaan AI tersedia dalam macam-macam bidang pekerjaan. Mulai dari transportasi, kesehatan, hingga keuangan.

Jenis AI pun bervariasi. Beberapa di antaranya adalah deep learning, machine learning, serta neural networks

Kemampuan AI yang menonjol dan diandalkan adalah penyelesaian pekerjaan yang lebih cepat dibandingkan ketika dikerjakan manusia. Tidak hanya itu, AI juga bisa membuat keputusan rasional apabila diperlukan dalam mencapai suatu target.

Sejarah Singkat AI

Pembuatan AI berawal sejak tahun 1940. Saat itu, Walter Pitts serta Warren McCulloch yang merupakan peneliti mencoba untuk melakukan pengembangan model matematika sebagai cara menjelaskan kerja otak manusia.

Kemudian, titik awal munculnya AI modern adalah pada 1950 ketka John McCarthy, Claude Shannon, serta Marvin Minsky melaksanakan konferensi Dartmouth. Sampai tahun 1960-an, peneliti masih fokus mengembangkan program komputer yang perlu kecerdasan manusia seperti pemrosesan bahasa alami. 

Ketika tahun 1980, terjadi perkembangan algoritma serta teknologi komputer baru. Berkat hal tersebut, pengembangan AI mengalami kemajuan signifikan. Kemunculan neural networks juga turut andil mengingat kemampuannya dalam menyelesaikan masalah kompleks. 

Sejak saat itu, AI mengalami peningkatan pesat serta semakin canggih. Sebab, muncul deep learning dan machine learning yang mendukung komputer mempelajari data tanpa perlu diprogram dengan eksplisit. 

Kini, AI telah membantu berbagai bidang pekerjaan. Contohnya mulai dari kesehatan, perbankan, hingga pendidikan. 

Kegunaan AI dalam Dunia Kerja

Setelah memahami apa itu Artificial Intelligence (AI) dan bagaimana sejarah singkatnya, mari ketahui apa saja kegunaan AI di dalam dunia kerja berikut ini:

1. Pekerjaan Medis

AI memudahkan tenaga medis melalui penggunaan aplikasi mobile berbasis AI untuk memantau kondisi pasien. Terdapat fitur bernama asisten suara dalam aplikasi yang akan menjadi alarm pengingat agar pasien minum obat tepat waktu.

Selain itu, aplikasi tersebut juga menjadi pengingat agar pasien kontrol kesehatan rutin. Terdapat pula notifikasi agar pasien menjaga kesehatannya. AI juga membantu dokter memberikan diagnosis medis. 

AI akan menganalisis data untuk mengidentifikasi pola serta tanda penyakit pada manusia. Prosesnya lebih cepat sehingga dapat menyelamatkan nyawa. 

2. Pekerjaan Perbankan

Bagi dunia perbankan, AI membantu melalui penerapan sistem biometrik. Nasabah kini mendapatkan perlindungan yang lebih tinggi karena sistem biometrik tidak rentan diretas. Kita dapat mengganti password dan PIN melalui sistem biometrik sebagai metode otentikasi.

Bagi nasabah perbankan online, AI bisa mencegah penipuan melalui identifikasi dengan sistem biometrik. Begitu pula pengenalan sidik jari nasabah bank ketika menggunakan mesin ATM. Jadi, akses ke ATM terjamin sah dan aman.

3. Pekerjaan Pendidikan

Berikutnya, AI berperan dalam pengembangan media belajar yang canggih. Tenaga pengajar pun terbantu karena aktivitas belajar jadi lebih efisien dan efektif. 

Hal tersebut dibuktikan dari munculnya bisnis startup di bidang pendidikan. Contohnya, Ruang Guru, Zenius, hingga Duolingo. Platform tersebut menerapkan teknologi AI sebagai sarana personalized learning yang lebih sesuai target.

4. Pekerjaan Otomotif

Mekanis dan teknisi dalam bidang otomotif kini bisa menciptakan mobil canggih berkat keberadaan AI. Mobil dapat menerapkan sistem seperti autopilot hingga kemudi otomatis yang menambah nilai jualnya. 

Perusahaan seperti Tesla, Mercedes Benz, hingga Hyundai telah mengadopsi AI agar dapat menambahkan fitur kemudi otomatis pada mobil produksinya.

5. Pekerjaan Telekomunikasi

Pada aplikasi untuk komunikasi seperti Whatsapp, Telegram, hingga Line, terdapat layanan chatbot di dalamnya. Chatbot merupakan bentuk AI yang fungsinya menyerupai customer service (CS). 

Bagi kita yang memiliki bisnis online, chatbot akan membantu kita dalam menjawab pertanyaan pelanggan secara relevan dan cepat. Hal tersebut akan meningkatkan pengalaman pelanggan sehingga reputasi bisnis pun turut naik.

Melihat kegunaannya yang beragam dalam dunia kerja, kita wajib belajar tentang AI. Pekerjaan kita jadi lebih efisien karena hanya butuh waktu dan tenaga yang sedikit. Kita juga bisa segera beradaptasi dengan perkembangan AI yang pesat, sehingga tidak ketinggalan zaman.

Belajar tentang AI kini semakin praktis karena ada Program Pelatihan Teknologi dari PasarTrainer. Mulai dari memahami AI secara mendasar hingga belajar tentang ChatGPT dan Generative AI, semua tersedia di PasarTrainer! 

Tidak hanya itu, terdapat pula Pelatihan Data terlengkap yang memberi kita materi tentang SQL dan Python. Jadi, segera kunjungi PasarTrainer untuk pemesanan program pelatihan berkualitas! 


Referensi

ebizmark.id - Teknologi Artificial Intelligence (AI) Membantu Pekerjaan


www.ciputramakassar.ac.id - 7 Contoh Penerapan Artificial Intelligence dalam Berbagai Bidang Kehidupan


www.cloudeka.id - Manfaat Artificial Intelligence


www.cimbniaga.co.id - Manfaat Penggunaan AI dalam Industri Perbankan

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.