Mengenal Chat GPT: Pengertian, Cara Menggunakan, dan Manfaatnya

Technology Dec 7, 2023

Semakin ke sini, perkembangan teknologi bergerak semakin cepat, sehingga ada berbagai hal baru yang bermunculan. Salah satu teknologi yang belakangan cukup ramai diperbincangkan yaitu tentang chat GPT yang digadang dapat membantu berbagai kebutuhan penulisan.

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan teknologi chat yang satu ini? Mari temukan jawabannya dalam penjelasan artikel ini, ketahui juga bagaimana cara menggunakan dan apa saja manfaatnya.

Apa itu Chat GPT?

Saat ini, teknologi Artificial Intelligence atau AI semakin berkembang, sehingga kamu pun dapat memanfaatkan transformasi OpenAI yang telah tersedia dalam bentuk chat.

Secara umum, “Chat GPT” atau “Chat Generative Pre-trained Transformer” adalah sebuah sistem dari kecerdasan buatan atau AI yang disajikan dalam format chat.

Cara Menggunakan

Karena merupakan salah satu media yang memanfaatkan AI, teknologi yang satu ini memanfaatkan sistem percakapan dua arah, yaitu di antara penggunanya dan bot. Cara penggunaannya terbilang cukup sederhana, kamu hanya perlu memberi pertanyaan tertentu, lalu bot akan menjawabnya hanya dalam hitungan detik.

Jika berkomunikasi dengan memakai bahasa Indonesia, maka bot tersebut juga akan menanggapinya dengan bahasa Indonesia, sehingga dapat lebih mudah dimengerti.

Chat GPT juga dapat melakukan berbagai koreksi jika jawaban yang diberikan dirasa kurang tepat, serta dapat pula menolak jawaban yang dinilai kurang pantas. Untuk dapat menggunakan AI ini, berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti:

  • Langkah pertama, silakan masuk pada laman yang tersedia untuk melakukan chat, yaitu chat.openai.com.
  • Selanjutnya, manfaatkan akun Google untuk masuk dan menggunakan OpenAI. 
  • Setelah berhasil masuk, kamu akan diarahkan masuk ke halaman chat dan dapat langsung memulai percakapan. Kamu juga dapat melihat berbagai contoh pencarian topik di sana.
  • Silakan ketik topik yang akan dibahas atau pertanyaan yang ingin dijawab, lalu kirim ketikan tersebut.
  • Hanya dalam hitungan detik, Kamu bisa menerima informasi yang dicari atau ditanyakan.
  • Karena chat ini dapat menyesuaikan bahasa yang diinginkan dari penggunanya, maka bisa menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa lain sesuai kebutuhan ketika menuliskan chat.

Berbagai Manfaatnya

Sebenarnya, ada berbagai manfaat umum dari Chat GPT, berikut adalah beberapa di antara manfaat pentingnya:

Membuat Naskah atau Teks

Manfaat pertama dari AI ini yaitu untuk membuat naskah atau teks, sehingga Anda pun dapat menggunakannya untuk banyak hal. Misalnya, untuk membantu dalam menuliskan esai, blog, artikel, dan berbagai karya lainnya. Caranya pun mudah, Anda hanya perlu memasukkan topik pembahasan yang ingin dijabarkan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka pastikan bahwa kamu telah memberikan perintah yang spesifik dan jelas. Dengan begitu, hasilnya akan lebih sesuai dengan teks yang kamu inginkan.

Menyediakan Informasi

Manfaat kedua yaitu chat ini dapat menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan. Kamu hanya perlu mengajukan pertanyaan atau perintah, lalu bot akan menjawabnya secara langsung dalam hitungan detik.

Membantu dalam Pembuatan Konten Media Sosial

Sebagian orang mungkin mengalami kesulitan atau tidak sempat dalam menyusun keseluruhan konten media sosial. Untuk mempermudah pekerjaan, Kamu bisa memanfaatkan media chat ini, khususnya untuk membuat teks. 

Sebagai contoh, chat ini umum dimanfaatkan untuk membuat postingan, tweet, serta caption video atau foto sesuai kebutuhan.

Caranya, kamu hanya perlu menuliskan topik atau konteks yang diinginkan, lalu menunggu sampai chat tersebut membalasnya. Bot akan memberikan kata-kata dan ide yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai jenis konten.

Sebagai Penerjemah

Selanjutnya, media chat ini juga dapat dimanfaatkan untuk menerjemahkan teks. Untuk melakukannya juga terbilang praktis, kamu hanya perlu menambahkan teks asli dan memilih ke bahasa apa teks tersebut akan diterjemahkan.

Selanjutnya, biarkan chat tersebut bekerja dan membalas dengan hasil terjemahan sesuai dengan permintaan.

Memeriksa Tata Bahasa dan Ejaan

Manfaat selanjutnya yang cukup populer digunakan yaitu chat ini dapat melakukan pemeriksaan terhadap tata bahasa dan ejaan. Kamu hanya perlu memasukkan teks atau naskah yang ingin diperiksa, lalu menunggu dalam hitungan detik hingga hasil perbaikannya muncul.

Meringkas Teks

Untuk berbagai keperluan, mungkin saja kamu membutuhkan jenis teks yang tidak terlalu panjang, sehingga berbagai bagian perlu disingkat atau diringkas. Sistem chat ini juga bisa dimanfaatkan untuk membantumu dalam hal tersebut, sehingga teks yang panjang akan menjadi lebih singkat, padat, dan mudah dipahami.

Selain itu, yang lebih menarik, kamu bisa memintanya untuk hanya menonjolkan bagian tertentu di dalam sebuah naskah. Gaya bahasa dalam naskah pun dapat diubah jika kamu merasa kurang puas dengan naskah aslinya.

Itulah berbagai penjelasan tentang salah satu teknologi Artificial Intelegent yang belakangan ini mulai populer digunakan. Wajar saja jika teknologi ini banyak diminati, karena manfaat yang bisa didapatkan pun beragam.

Untuk berbagai keperluan pekerjaan, chat GPT juga dapat menjadi solusi. Bicara tentang pekerjaan, jika kamu ingin mengasah berbagai skill yang berkaitan dengan teknologi terkini, maka segera menuju laman PasarTrainer dan temukan pelatihan yang cocok untuk kebutuhanmu!


Referensi

mtarget.co - Chat GPT
dqlab.id - Tata Cara Menggunakan AI Chat GPT Anti Ribet!
bakrie.ac.id - Apa Itu Chat GPT Bagaimana Cara Pakainya Kepoin Selengkapnya

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.