Mengenal Tableau, Bisa Sulap Data ke Visual

Kita wajib tahu tentang software Tableau jika ingin memvisualisasikan data sebagai pendukung pengambilan keputusan. Baik bagi pemula maupun profesional, software ini cocok digunakan demi mempermudah pelaporan data berjumlah besar. 

Selain itu, software atau perangkat lunak ini juga tidak sekadar menyulap data menjadi visual menarik. Namun, turut membantu penggunanya menyampaikan hasil analisis data dalam bentuk visual yang mudah dimengerti. Untuk mengenalnya lebih jauh, mari simak penjelasan PasarTrainer tentang software tersebut berikut ini!

Apa Itu Tableau?

Software ini merupakan alat visualisasi data yang umumnya digunakan ketika harus menganalisis hingga melaporkan sejumlah data. Melalui alat ini, kita bisa menyajikan data ke dalam berbagai bentuk visual, seperti peta bagan, grafik, hingga dashboard.

Hasilnya, hasil analisis data lebih mudah terbaca dan lebih cepat dipahami oleh audiens. Proses pengambilan keputusan pun jadi optimal karena didasari data yang valid dan terukur. Tidak heran bila software ini digunakan oleh perusahaan besar, seperti Ferrari hingga Netflix.

Fungsi Tableau

Software visualisasi data ini bisa kita gunakan untuk berbagai kebutuhan. Namun, terdapat enam fungsi yang umumnya menjadi alasan mengapa para pengguna software ini selalu mengandalkan software ini. Enam fungsi tersebut yaitu:

1. Menyusun Laporan dan Dashboard Menarik

Visualisasi data merupakan salah satu fungsi dari perangkat lunak ini yang umum digunakan. Alat ini akan membantu kita membuat laporan informatif secara otomatis namun menarik untuk dipresentasikan. 

Manfaat dari visualisasi data tersebut membuat data yang tersaji lebih cepat dipahami informasinya, baik oleh orang teknis dan juga non-teknis. 

2. Otomatisasi Pelaporan Data

Perangkat lunak ini juga dapat kita gunakan sebagai pembuat laporan otomatis. Kita tinggal mengaturnya agar bisa mengarahkan pada sejumlah data sehingga bisa diperbarui secara otomatis.

Mengenal software Tableau sangat berguna terutama bagi pemula, mengingat kita tidak perlu paham coding untuk mewujudkan otomatisasi tersebut.

3. Menganalisis Investigasi dengan Cepat

Ketika membuat sebuah keputusan bisnis, perlu analisis data yang tepat. Hal tersebut adalah salah satu tanggung jawab utama dari seorang data analyst. Software ini bisa membantu profesi data analyst agar dapat menganalisis data dengan mudah.

Lebih lengkapnya, perangkat lunak ini membantu menjelajahi hingga menemukan informasi baru dari kumpulan data yang ada. Keuntungannya, proses tersebut tidak perlu memakan waktu lama. 

4. Mengintegrasikan Data dari Berbagai Sumber

Penganalisis data umumnya memiliki kumpulan data di dalam Excel, SQL, dan aplikasi lainnya yang berbasis cloud. Bila menggunakan software ini, maka kita dapat mengintegrasikan berbagai data dari sumber berbeda tersebut dalam waktu yang singkat.

Kelebihannya, kita tidak harus melakukan coding terlebih dahulu untuk integrasi data tersebut. Hasilnya, kita dapat melihat bisnis dari sudut pandang holistik melalui data-data yang sudah dikumpulkan untuk pelaporan bisnis.

Ikuti program Pelatihan Information Systems & Technology tentang Advance Tableau Data Visualization dari PasarTrainer untuk bimbingan yang komprehensif!

5. Mengendalikan dan Mengamankan Akses Data

Fungsi berikutnya adalah sebagai pengendali dan pengaman akses menuju data. Ini penting, terutama mengingat data perusahaan umumnya bersifat rahasia. 

Software ini telah didesain agar standar keamanannya memadai ketika digunakan sebagai tempat pengelolaan data. Jadi, data analyst bisa mengakses data dalam format yang dibutuhkan kapan saja perusahaan membutuhkannya. 

6. Mempercepat Pengoperasian Extract, Transform, dan Load

Extract, Transform, dan Load (ETL) adalah proses penginegrasian data melalui penggabungan serta pengombinasian data dari sumber berbeda menuju satu lokasi penyimpanan. 

Perangkat lunak ini mampu mempercepat pengoperasian ETL memanfaatkan automated data reshaper yang dimilikinya. 

Fitur-Fitur Tableau

Alat visualisasi data ini memiliki berbagai fitur untuk mendukung analisis sampai dengan pelaporan, di antaranya:

1. Dashboard 

Fitur ini menyajikan keseluruhan data yang telah kita kerjakan, mulai dari teks, visual, hingga objek. Kegunaan Dashboard adalah melihat ‘data as stories’, menambah layout, sampai dengan memfilter informasi yang diperlukan. 

2. Live & In Memory Data

Selanjutnya, terdapat fitur yang mampu menghubungkan berbagai data sekaligus dari sumber berbeda-beda, baik itu data dari database maupun dari sumber eksternal secara real-time.

3. Collaboration & Sharing

Pengolahan data kini lebih mudah dengan perangkat lunak ini. Sebab, kita bisa berkolaborasi serta bekerja sama dengan anggota tim. Mulai dari proses mengolah data, memvisualisasikan data, sampai membagikan informasi dari macam-macam sumber data.

4. Ask Data

Untuk mengenal software Tableau, kita perlu tahu fitur ‘Ask Data’, gunanya adalah melayani kita ketika membutuhkan jawaban atas data yang tengah kita kerjakan. Sebagai contoh, kita bisa mengetikkan pertanyaan mengenai produk yang saat ini sedang trending.

Setelah itu, software ini akan menyajikan jawaban secara otomatis menyesuaikan pertanyaan yang kita ajukan. 

5. Advanced Visualization

Fitur ini berisi perpustakaan yang bisa kita akses bila membutuhkan visual data pendukung. Tersedia berbagai jenis visual untuk dipilih. Beberapa di antaranya mulai dari pie chart, tree maps, bar chart, sampai dengan Gantt chart.

Kini, kita juga bisa mengikuti Pelatihan Information Systems & Technology dari PasarTrainer untuk mempelajari Tableau lebih dalam. Terdapat pelatihan tingkat advance agar kita bisa menguasai pengolahan data melalui visualisasi di perangkat lunak tersebut. Segera kunjungi PasarTrainer untuk pemesanan dan wujudkan presentasi data berbasis visual yang menarik!


Referensi

glints.com - Tableau Adalah


revou.co - Tableau Adalah


kelas.work - Mengenal Fungsi dan Fitur Tableau Untuk Business Intelligence

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.