Mengenal tentang Bank Digital beserta Manfaat dan Tantangannya

Digital Banking Feb 19, 2024

Perkembangan teknologi memang tidak bisa dihindari, termasuk dunia digital yang kini semakin masif dan memasuki berbagai bidang kehidupan. Hal ini juga berlaku untuk dunia perbankan, karena belakangan ini sudah mulai dikenal tentang bank digital.

Apakah kamu sudah tahu tentang sistem perbankan yang satu ini? Mari pahami berbagai penjelasan lebih lanjut tentang perbankan digital! Ketahui juga beragam manfaat serta tantangannya, supaya kamu semakin melek digital!

Apa yang Dimaksud Bank Digital?

Perbankan digital adalah sebuah layanan dan kegiatan perbankan yang memanfaatkan berbagai teknologi dan akses digital atau elektronik dalam pelaksanaannya. Sistem ini sudah menggunakan teknologi otomatis, sehingga prosesnya dapat dilakukan secara mandiri oleh nasabah bank.

Jadi, bisa dibilang bahwa sistem perbankan yang satu ini dapat dilakukan di mana saja dengan memanfaatkan teknologi digital.

Berbagai Manfaat Bank Digital

Sistem perbankan digital kini semakin banyak digunakan, termasuk oleh perusahaan bank konvensional. Tentu saja, hal ini menjadi populer dan diminati banyak orang bukan tanpa sebab, karena ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari adanya perbankan digital, misalnya sebagai berikut:

Memiliki Akses Layanan yang Luas dalam 24 Jam

Manfaat pertama dari perbankan digital yaitu akses layanannya yang sangat luas, sehingga bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Selain itu, kamu juga bisa memakai layanan tersebut kapanpun dan di mana pun dalam 24 setiap harinya.

Hal ini tidak terikat jam kerja bank, sehingga dapat memudahkan kamu untuk memenuhi berbagai kebutuhan keuangan.

Praktis dan Fleksibel

Berkaitan dengan manfaat pertama, bank berbasis digital dapat memberikan layanan dan praktis dan fleksibel. Hanya dengan memanfaatkan teknologi digital atau online, kamu dapat menyelesaikan berbagai keperluan.

Tidak perlu lagi perlu ke kantor bank, semua bisa dilakukan dari mana saja. Hal ini juga bisa membuat kamu semakin menghemat waktu dan tenaga.

Fiturnya Semakin Beragam

Untuk mendukung kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi, sistem perbankan digital sudah dilengkapi dengan fitur yang lengkap dan beragam. Aplikasi yang digunakan bahkan sudah menjangkau berbagai ekosistem, sehingga nasabah tidak perlu kesulitan.

Misalnya, kini kamu bisa memanfaatkan bank ini untuk melakukan tarik tunai tanpa memakai kartu ATM, melakukan pembayaran dengan praktis melalui QRIS, serta membayar berbagai tagihan dengan mudah.  Kemudahan digital ini juga sering disebut sebagai masa depan perbankan.

Tarifnya Semakin Efisien

Biaya admin dari perbankan digital cenderung akan jauh lebih murah dibandingkan bank konvensional. Maka dari itu, kamu bisa lebih menghemat biaya layanan finansial.

Terdapat Berbagai Tawaran Promo dan Keuntungan

Selanjutnya, berbagai perusahaan perbankan digital juga saat ini sedang gencar untuk memberikan berbagai penawaran menarik, mulai dari promo hingga keuntungan lainnya.

Misalnya, promo potongan harga atau diskon, poin yang dapat ditukarkan, hingga cashback saat melakukan transaksi. Hal ini dapat menjadi keunggulan yang sangat disukai oleh berbagai kalangan nasabah.

Sistem Keamanan yang Baik

Manfaat penting selanjutnya yaitu terkait sistem keamanan perbankan digital. Bisa dibilang, saat ini sudah banyak perbankan digital yang memiliki tingkat keamanan tinggi, karena inilah salah satu prioritas yang perlu diperhatikan perusahaan.

Pin atau sandi bahkan bukan satu-satunya sistem keamanan yang diterapkan, melainkan ada juga otentifikasi lainnya yang membuat keamanan semakin terjaga.

Tantangan dalam Perbankan Digital

Dunia perbankan digital memang bisa dibilang sangat menarik, memiliki beragam manfaat, serta digadang sebagai masa depan perbankan. Namun, untuk dapat menerapkan sistem ini dengan maksimal sehingga bisa diterima seluruh kalangan masyarakat, masih ada tantangan yang perlu dijalani, misalnya:

Perubahan Kultur dalam Dunia Perbankan

Pertama, ada tantangan dari segi perubahan kultur atau budaya dalam dunia perbankan. Hal ini dapat berpengaruh terhadap pola pikir dari perusahaan yang bisa saja belum bisa menerima sistem digital secara optimal.

Pengembangan Sistem

Tantangan kedua berasal dari internal pihak perbankan, yaitu terkait pengembangan sistemnya. Dalam memberikan pelayanan digital, ada infrastruktur dan sistem keamanan siber yang perlu dibangun. Selain itu, diperlukan berbagai layanan dan fitur yang lengkap, sehingga diperlukan sistem dan aplikasi yang memadai.

Tantangan Literasi

Selanjutnya, pengembangan bank berbasis digital juga memiliki tantangan eksternal. Dalam masyarakat, tingkat literasi setiap kalangan bisa jadi beragam dan tidak semua orang sudah paham tentang dunia digital.

Maka dari itu, jika ingin mengincar pasar yang lebih luas, dibutuhkan berbagai sosialisasi tentang sistem yang masih tergolong baru ini.

Itulah penjelasan tentang perbankan digital yang sebaiknya kamu tahu, karena saat ini berbagai bidang kehidupan sudah menjadi semakin modern dan serba digital. Ternyata, ada berbagai manfaat dan kemudahan dari sistem perbankan digital.

Tentu saja, hal ini membuat perbankan menjadi semakin mudah dan menarik bagi kaum muda yang sangat melek teknologi. Namun, untuk membuat sistem perbankan yang satu ini bisa diterima masyarakat secara luas, tetap saja masih ada tantangan yang perlu dihadapi.

Jika kamu ingin berkecimpung di dunia perbankan digital ini, atau mungkin kamu memiliki perusahaan yang terkait bidang ini, maka berbagai pelatihan tentang bank digital dari PasarTrainer sangat cocok untuk kamu. Segera kunjungi laman ini untuk informasi lebih lanjut dan pastikan kamu mendapat pelatihan yang tepat.


Referensi

developers.bri.co.id - Perbankan Digital Pengertian Manfaat Hingga Tantangannya
www.cimbniaga.co.id - Memahami Bank Digital Serta Keunggulannya
gajigesa.com - Keuntungan Menggunakan Bank Digital

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.