Menjadi Kaya Dengan Menerapkan Frugal Living

Finance & Accounting Jul 24, 2023

Jika Anda mengalami kesulitan finansial dalam hidup Anda atau dalam perusahaan Anda, mungkin hal itu bukan dikarenakan besaran pendapatan yang Anda peroleh setiap bulannya. Biasanya, kesulitan finansial terjadi karena ketidakdisiplinan seseorang dalam mengatur kekuatan finansialnya. Beberapa orang menganggap bahwa orang yang tidak bersenang-senang dengan pendapatannya adalah orang yang kikir dan pelit, namun sebagian orang menganggap bahwa orang dengan perilaku tersebut justru sedang melatih dirinya untuk menjadi kaya dalam arti yang sesungguhnya. Kali ini, pasartrainer.com ingin membagikan ilmu yang bermanfaat yaitu tentang frugal living. Perlu diketahui, frugal living artinya merujuk pada kebiasaan hidup berhemat dan mengelola keuangan secara bijak dan tepat. Teruslah membaca untuk mengetahui apa saja yang berkenaan dengan frugal living!

Frugal Living Artinya Apa?

Frugal living artinya adalah gaya hidup yang melibatkan perencanaan dan pengeluaran yang cermat serta menghindari pemborosan. Beberapa orang mungkin memilih gaya hidup ini karena keinginan dan beberapa mungkin menerapkan gaya hidup seperti itu karena kebutuhan. Frugal living bukan tentang menjadikan segala hal menjadi murah tetapi tentang menjadi praktis dan memanfaatkan sumber daya yang tersedia melalui berbagai metode untuk menghemat uang, menggunakan kembali barang yang ada alih-alih membeli yang baru, dan menemukan penawaran dan penawaran bagus. Premisnya adalah bahwa seseorang tidak boleh membayar lebih untuk sesuatu jika dia tidak perlu.

Orang-orang yang memasukkan konsep frugal living ke dalam kehidupan sehari-hari umumnya mengadopsi anggaran yang ketat dan berusaha keras untuk menaatinya. Mereka cenderung membeli produk yang paling murah jika produk tersebut bernilai baik. Banyak keluarga hemat juga memanfaatkan penjualan dan menggunakan kupon. Mereka mendaur ulang, mengubah, memperdagangkan, dan menemukan cara inovatif lainnya untuk mendapatkan sebanyak mungkin dari apa yang mereka miliki dan hasilkan.

10 Tips Frugal Living yang Keren

Meskipun frugal living artinya hidup hemat, bukan berarti Anda harus benar-benar tidak mengeluarkan uang sama sekali. Anda tidak boleh terbelenggu dan memiliki kebebasan untuk mengelola uang Anda secara bijak. Berikut ini adalah 10 tips frugal living versi pasartrainer.com yang dihimpun dari berbagai sumber:

1.   Beli Asuransi

Asuransi adalah area lain di mana Anda dapat menabung sebagian uang secara aman dan tidak terganggu oleh kejadian-kejadian di luar perkiraan. Dengan asuransi, Anda akan terlihat berbeda dengan kebanyakan orang yang tidak memiliki asuransi.

2.   Pergi Ke Gym

Gym adalah tempat yang baik bagi Anda yang ingin menginvestasikan kesehatan Anda di masa kini dan masa depan. Di Indonesia, biaya membership gym bervariasi namun harganya masih ramah di kantong. Gym adalah tempat pengganti tongkrongan yang lebih sehat dan hemat. Selain itu, Anda juga akan memiliki kebiasaan baru seperti hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan-makanan sehat yang cenderung berbiaya rendah.

3.   Beli Barang Bekas

Anda tidak harus selalu memperbarui ponsel, pakaian dan kendaraan Anda dengan produk-produk yang baru rilis. Konsep frugal living artinya adalah hidup berhemat dan memahami prioritas kebutuhan. Jadi, alih-alih membeli barang baru, bukankah lebih baik membeli barang bekas yang terlihat baru dan dapat memenuhi kebutuhan utama Anda?

4.   Beli Pada Saat Yang Tepat

Jika Anda memang ingin memiliki sesuatu, cari tahu kapan waktu terbaik untuk membeli. Ada siklus penjualan yang memungkinkan konsumen memperkirakan kapan harga mungkin lebih rendah, dan beberapa kategori barang secara andal mengikuti pola harga tertentu.

5.   Beli Produk Berkualitas Tinggi

Selain membeli pada waktu yang tepat, berhati-hatilah dalam membelanjakan uang Anda. Membeli barang mahal yang akan sering Anda gunakan bisa lebih murah secara keseluruhan dibandingkan jika Anda akhirnya membeli serangkaian barang murah yang tidak banyak digunakan. Plus, Anda lebih cenderung menggunakan sesuatu yang berfungsi dengan baik atau mengenakan pakaian yang pas untuk Anda.

6.   Bergabung Dengan Teman Anda

Ada kemungkinan besar bahwa Anda bukan satu-satunya di grup teman Anda yang ingin mengurangi pemborosan. Oleh karena itu, jika Anda memiliki teman dengan tujuan yang sama-sama mengadopsi konsep frugal living, maka Anda harus mencari tahu siapa saja teman Anda yang sedang berhemat dan bekerjasamalah dengan mereka.

7.   Pilih Pengalaman Berbiaya Rendah

Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk membuat momen Instagramable yang akan Anda nikmati. Pergi ke taman untuk piknik bersama pasangan bisa sama menyenangkannya dengan membeli makan siang atau makan malam yang mahal di restoran. Selain itu, alam bebas dapat memberikan kesempatan berfoto yang sempurna untuk berbagi di media sosial.

8.   Bepergian Selama Musim Bahu (Shoulder Season)

Saat Anda siap untuk berlibur, bepergian di musim bahu bisa menjadi cara yang baik untuk tidak hanya menghemat uang tetapi juga menghindari keramaian. Musim bahu sendiri adalah musim yang berada diantara musim sepi dan musim keramaian tempat wisata.

9.   Biasakan Membuat Apapun Secara Mandiri

Frugal living artinya Anda mampu menginisiasi segala hal yang tadinya harus berbiaya mahal menjadi minim biaya. Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk menjaga penampilan. Tidak ada yang akan tahu apakah Anda mencuci mobil sendiri atau menggunakan tempat cuci mobil mahal di kota. Demikian pula, terlihat bugar dan sehat dapat dicapai dengan berolahraga di rumah daripada membayar keanggotaan gym yang mungkin mahal di area sekitar Anda. Baju kemeja dapat disetrika daripada dikirim ke pembersih, dan pekerjaan pekarangan dasar dapat dilakukan oleh sebagian besar pemilik rumah dengan sedikit biaya.

10.    Lewati Pengeluaran Lebih Banyak Untuk Meningkatkan Status Anda

Beberapa item yang dulu mengesankan tidak lagi penting. Hari-hari jam tangan Rolex menjadi simbol status semakin berkurang karena semakin sedikit orang yang memakai jam tangan tradisional. Pulpen mahal dan kancing manset adalah contoh barang lain yang dulunya merupakan simbol status dan sekarang sebagian besar diabaikan oleh orang lain.

Referensi

Hasibuan, L. (2022). 12 Cara Frugal Living, Gaya Hidup yang Bikin Cepat Raya. Lifestyle. Diakses pada 22 Juli 2023 dari:

https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20220829152418-33-367472/12-cara-frugal-living-gaya-hidup-yang-bikin-cepat-raya

Holetzky, S. (2023). What is Frugal Living? Wisegeek. Diakses pada 22 Juli 2023 dari: https://www.wise-geek.com/what-is-frugal-living.htm

LaPonsie, M. (2022). 15 Tips for Living Frugally Without Looking Cheap. Saving & Budgeting. Diakses pada 22 Juli 2023 dari:

https://money.usnews.com/money/personal-finance/spending/articles/tips-for-living-frugally-without-looking-cheap

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.