Pahami Apa Itu FMCG, Jenis, dan Contoh Perusahaannya

Food & Beverage Jun 4, 2024

Kita wajib memahami apa itu FMCG jika ingin bekerja di perusahaan seperti Nestlé hingga Indofood. Perusahaan tersebut adalah FMCG yang sudah populer di masyarakat. Industri FMCG juga memiliki prospek serta profit menguntungkan berjangka panjang.

Hal tersebut mengingat sirkulasi penjualan produk FMCG sangat cepat karena menjual kebutuhan sehari-hari, seperti air mineral hingga mie instan. Pada artikel ini, kita akan menyelami arti dari FMCG, jenis-jenis, serta contohnya. 

Jika penasaran dengan informasi selengkapnya, simak uraian berikut ini!

Apa Itu FMCG?

Pengertian dari FMCG (Fast Moving Consumer Good) adalah tipe barang yang laku keras, terjual sangat cepat, hingga memiliki harga terjangkau. Umumnya, perusahaan dengan komoditi FMCG adalah perusahaan besar yang menjual banyak barang.

Industri FMCG bergerak pada penjualan barang yang sering kita beli sebagai konsumen. Itulah mengapa, perusahaannya wajib memiliki kapasitas produksi yang masif. Ini berhubungan dengan tingkat permintaan barang dari pelanggan yang tinggi. 

Hal tersebut juga membuat kebutuhan sumber daya perusahaan FMCG cukup besar. Perusahaan perlu tenaga kerja untuk mendistribusikan produk-produk mereka ke seluruh penjuru negeri. 

Jadi, kita bisa mengakses barang seperti kebutuhan pokok, peralatan mandi, hingga minuman kemasan dengan mudah pada warung, apotek, serta minimarket terdekat. 

Jenis FMCG

Setelah paham makna dari FMCG melalui penjabaran tentang pengertian istilahnya, mari kita lanjutkan dengan membahas macam-macam produk FMCG melalui beberapa tipenya di bawah ini:

1. Makanan dan Minuman (Food and Beverages)

Tipe pertama adalah makanan dan minuman yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Kita memerlukan pembelian barang tipe ini setiap hari dan berulang dalam waktu yang singkat. 

Contoh dari makanan dan minuman FMCG di pasaran, di antaranya:

  • Makanan Instan dan Siap Saji: mie instan, nugget, dan kentang goreng;
  • Makanan Olahan: keju, sarden, kornet, dan sereal;
  • Makanan Beku dan Segar: daging, sayuran, dan buah-buahan;
  • Pastry: kue, makanan ringan yang manis, dan donat;
  • Minuman: air mineral, minuman berenergi, dan jus kemasan.

2. Perawatan Pribadi (Personal Care

Kita semua membutuhkan tipe barang FMCG yang satu ini. Barang akan digunakan pada jangka waktu tertentu. Lalu, kita membelinya saat sudah habis karena tipe barangnya rutin digunakan setiap hari. 

Perawatan pribadi di bawah ini pun akan kita beli ulang secara berkala per jangka waktu tertentu:

  • Peralatan Mandi dan Kosmetik: sabun, pasta gigi, sampo, pelembap, deodoran, lipstik, dan parfum.

3. Perawatan Rumah (Home Care)

Jenis barang FMCG satu ini merupakan semua yang digunakan untuk keperluan rumah. Produk-produk dalam kelompok home care sangat beragam. Kita juga bisa melihatnya dalam keseharian dan menggunakannya secara konsisten.

Barang-barangnya mulai dari sabun cuci piring, pembersih lantai, pembersih kamar mandi, hingga kapur barus.

Contoh Perusahaan FMCG

Membahas FMCG kurang lengkap bila kita tidak mengulas apa saja perusahaan yang termasuk ke dalam industri ini. Mari ulas satu per satu di bawah ini! 

1. Indofood 

Perusahaan pertama adalah Indofood yang sangat populer berkat mie instan ‘Indomie’ yang kini mendunia. Mie tersebut jadi salah satu yang paling sering dikonsumsi di masyarakat. 

Tidak hanya mie instan, Indofood juga memiliki komoditi lain seperti bumbu penyedap, minuman seperti kopi dan susu, hingga kebutuhan bayi. 

Merek yang populer dari Indofood di antaranya Popmie, Indomilk, Segitiga Biru, Bimoli, Indoeskrim, serta Pasta LaFonte.

2. Wings Corporation

Wings adalah perusahaan FMCG yang beroperasi di Indonesia dan termasuk perusahaan besar. Kantor pusatnya terletak di Surabaya. Wings telah beroperasi sejak 1948 dengan menjual komoditi seperti mie instan, sabun, lalu sampo, hingga makanan dan minuman ringan lainnya.

Beberapa merek dari Wings seperti Nuvo, So Klin, Mie Sedaap, Daia, hingga Giv.

3. Frisian Flag Indonesia

Perusahaan ini terkenal di kalangan produsen susu bagi anak-anak. Susu dari Frisian Flag sangat populer, disukai mulai dari bayi sampai anak 12 tahun. Produk-produknya beredar luas dan bisa kita temukan di daerah mana saja. 

4. Mayora Indah

Selanjutnya, ada perusahaan Mayora sebagai FMCG yang menjual berbagai kebutuhan pokok di Indonesia. Macam-macam produknya mulai dari kopi, biskuit, makanan ringan, hingga permen. 

Adapun merek yang diproduksi Mayora Indah contohnya Kopi Torabika, Energen, Kopiko, Beng Beng, hingga Choki-Choki.

5. Unilever Indonesia

Menjadi perusahaan FMCG yang terbesar di dunia, Unilever menjual berbagai kebutuhan dengan target pasar masyarakat dari seluruh dunia. Itulah mengapa, perusahaan ini adalah perusahaan multinasional.

Berbagai produk dari Unilever meliputi deterjen, sabun, pasta gigi, hingga penyedap rasa. Merek dari produk-produk tersebut mulai dari Molto, Rinso, Lifebuoy, Pepsodent, hingga Royco.  

Setelah menyimak pengertian FMCG, kita jadi tahu bahwa industri FMCG butuh pengawasan yang ketat saat menentukan kualitas produknya. Sebut saja keamanan serta kebersihan proses produksi makanan dan minuman di dalamnya yang harus berstandar tinggi. 

Ini mengingat produk-produk tersebut akan didistribusikan untuk dikonsumsi oleh masyarakat banyak. Menjawab kebutuhan tersebut, PasarTrainer sedia Program Pelatihan FMCG. Kita bisa mempelajari berbagai keterampilan yang krusial untuk berada di industri FMCG, misalnya sistem HACCP. 

PasarTrainer menjamin kualitas pelatihan sebanding dengan harga dan hasilnya. Jadi, segera ikuti Pelatihan FMCG hanya di pasartrainer.com


Referensi: 

ekonomi.bisnis.com - Contoh Perusahaan FMCG Jenis Prospek dan Tantangannya


www.detik.com - FMCG Adalah Jenis Produk Tantangan dan Contoh Perusahaan


www.topkarir.com - Apa Itu FMCG ini Jenis Produk dan Contoh Perusahaannya di Indonesia


kinobi.tech - Apa itu FMCG


qontak.com - Consumer Goods Adalah

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.