Pahami Langkah-Langkah untuk Mendapatkan Sertifikasi BSMR Ini!

Mengetahui langkah-langkah untuk mendapatkan sertifikasi BSMR (Badan Sertifikasi Manajemen Risiko) wajib jika kita ingin menjalani prosesnya dengan efisien. Terdapat informasi serta data yang perlu kita lengkapi selama proses pengajuan sertifikasi.

Selain itu, kita juga perlu mengetahui Persyaratan Dasar Pendaftaran yang dibutuhkan dalam proses sertifikasi. Bila telah memenuhi persyaratan, berikut PasarTrainer jelaskan proses yang harus dilalui bila ingin melakukan pendaftaran sertifikasi BSMR secara offline.

Langkah-Langkah untuk Mendapatkan Sertifikasi BSMR

Mulai dari memesan jadwal hingga pemberian sertifikasi, berikut langkah-langkah yang harus diikuti untuk melakukan pendaftaran offline.

Langkah 1: Permohonan/Pemesanan Jadwal

Pertama, pemohon harus mengirimkan email ‘Permohonan Jadwal Asesmen’ ke alamat administrasi@bsmr.org terlebih dahulu. Pemohon ini merupakan Person In Charge (PIC) Bank maupun instansi yang ingin melakukan sertifikasi. Informasi yang perlu dicantumkan dalam email berupa:

  • Nama bank instansi;
  • Pilihan tanggal;
  • Jenjang kualifikasi;
  • Jumlah peserta setiap jenjang kualifikasi.

Kirimkan email paling lambat pada 12 hari (dalam hari kerja) sebelum tanggal jadwal asesmen yang diinginkan. 

Langkah 2: Persetujuan atas Permohonan

Setelah mengirimkan email ke BSMR, kita perlu menunggu hingga mendapatkan email balasan. Admin dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) BSMR kemudian akan mengirim email balasan yang menyatakan persetujuan atas permohonan jadwal pelaksanaan Asesmen. 

Pada email balasan tersebut, terdapat informasi yang dicantumkan berupa persyaratan untuk melakukan pendaftaran uang yang wajib dilengkapi oleh peserta. Adapun daftar biaya sertifikasi manajemen risiko untuk perbankan adalah sebagai berikut:

  • Kualifikasi 4: Rp2 juta;
  • Kualifikasi 5: Rp2 juta;
  • Kualifikasi 6: Rp4,5 juta;
  • Kualifikasi 7: Rp5,5, juta;
  • Kualifikasi 6 (Akselerasi/Fast Track): Rp7 juta;
  • Kualifikasi 7 (Akselerasi/Fast Track): Rp9,5 juta.

Pembayaran untuk biaya tersebut bisa dilakukan ke Bank BNI dengan nama rekening ‘PT LSP BSMR’ dan nomor rekening 2 500 500 330.

Langkah 3: PIC Bank atau Instansi Melakukan Pendaftaran

Langkah-langkah untuk mendapatkan sertifikasi BSMR berikutnya adalah mengirimkan surat via email atau secara langsung menuju alamat kantor LSP BSMR. Sampaikan informasi berupa:

  • Nama bank atau instansi;
  • Pilihan tanggal;
  • Jenjang kualifikasi;
  • Daftar nama lengkap peserta sesuai KTP (peserta setiap jenjang kualifikasi);
  • Tanggal lahir.

Surat resmi tersebut paling lambat bisa kita kirimkan 10 hari sebelum tanggal jadwal asesmen dilaksanakan.

Langkah 4: Peserta Melakukan Pendaftaran

Setiap peserta harus melakukan registrasi untuk membuat akun peserta pada sistem pendaftaran asesmen. Caranya adalah dengan mengakses situs web www.bsmr.org.

Selanjutnya, klik bagian ‘Pendaftaran/Login’. Lakukanlah ‘Pendaftaran Asesmen’ berdasarkan jadwal yang telah disetujui pada Sistem Pendaftaran.

Peserta juga wajib melakukan pengisian Data Pendaftaran serta melengkapi dokumen dengan sesuai dan akurat. Ini karena LSP BSMR baru melanjutkan pemrosesan pendaftaran saat dokumen kita sudah lengkap. Apabila dokumen belum lengkap atau tidak tepat, maka LSP BSMR berhak menolaknya.

Untuk pendaftaran ini sendiri harus kita lakukan selambat-lambatnya 12 hari sebelum Hari H asesmen dilakukan (dalam hari kerja).

Langkah 5: Penetapan untuk Peserta Asesmen

Penetapan peserta asesmen adalah langkah-langkah untuk mendapatkan sertifikasi BSMR selanjutnya. Peserta akan mendapatkan informasi melalui Surat Ketetapan Peserta Asesmen  disampaikan melalui email para peserta. 

Surat tersebut juga berupa bagian dari persiapan sebelum Asesmen. Informasi tersebut mulai dari konfirmasi tentang ketetapan peserta asesmen, lalu jadwal dari pelaksanaan asesmen, lokasi uji kompetensi, hingga informasi teknis lainnya mengenai pelaksanaan asesmen.

Batas waktu surat ketetapan tersebut akan disampaikan setidaknya 4 hari sebelum pelaksanaan asesmen (dalam hari kerja).

Langkah 6: Asesmen

Pada Hari H asesmen, peserta harus hadir 30 menit paling lambat sebelum asesmen dimulai. Terdapat 2 sesi asesmen yang akan berlangsung, yakni:

  • Sesi 1: Uji tambahan tertulis;
  • Sesi 2: Uji portofolio serta wawancara.

Untuk memastikan kita bisa melalui ujian asesmen tersebut, sebaiknya ikuti Pelatihan Sertifikasi BSMR dari PasarTrainer. Selain pelatihan tersedia secara lengkap sesuai level sertifikasi, kita juga menerima materi yang berkualitas sehingga ujian asesmen terasa lebih mudah.

Langkah 7: Penyampaian Hasil Asesmen

Setelah ujian asesmen, maka langkah-langkah untuk mendapatkan sertifikasi BSMR yang akan dihadapi peserta adalah penyampaian hasil asesmen. 

Keputusannya akan disampaikan melalui dua cara. Pertama, melalui email dan akun peserta. Kedua, melalui akun bank.instansi serta melalui bentuk surat berupa ‘Hasil Keputusan Peserta Sertifikasi Kompetensi Manajemen Risiko’. Hasil asesmen akan kita terima paling lambat dalam waktu 7 hari seusai kita selesai melakukan ujian asesmen. 

Langkah 8: Pemberian Sertifikat Kompetensi

Apabila kita lulus sertifikasi BSMR, maka kita berhak menerima Sertifikat Kompetensi. Untuk pemberian sertifikat akan diberikan oleh pihak LSP BSMR jika telah:

  • Mengirim email bukti telah melakukan pembayaran sertifikasi ke LSP BSMR;
  • Mengirim email berupa bukti dari potong pajak ke LSP BSMR.

Pemberian sertifikat kompetensi ini akan kita terima setidaknya 1 hingga 2 bulan. Ini menyesuaikan dengan penerimaan sertifikat yang berasal dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi).

Awali proses langkah-langkah untuk mendapatkan sertifikasi BSMR dengan Pelatihan Sertifikasi BSMR agar lebih optimal! Tingkat kelulusannya > 90%, jadi buktikan sendiri dan kunjungi PasarTrainer untuk mendaftar pelatihan!


Referensi

www.bsmr.org


www.bsmr.org - Pendaftaran Permohonan Biaya


www.scribd.com - Panduan Peserta