Pengertian B2C Dan Contohnya

Selling & Distribution Apr 16, 2023

Mengetahui target pasar sangat penting bagi bisnis apa pun dalam rangka menjual produk atau jasanya sehingga membuat keberhasilan dalam berbisnis. Beberapa bisnis memilih untuk bertransaksi dengan bisnis lain yang dikenal dengan B2B (business to business), namun sebagian besar bisnis memilih untuk melakukan bisnis secara langsung dengan pelanggan akhir atau B2C (business to consumer). Dalam artikel ini, kami akan secara spesifik menjelaskan pengertian B2C dan contohnya agar dapat memberikan pemahaman yang baik pada Anda.

Apa Itu B2C?

Business to Consumer (B2C) adalah metode perdagangan dimana proses bisnisnya yaitu berdagang dan bertransaksi secara langsung dengan konsumen akhir yang membeli produk untuk dikonsumsi. Tidak seperti B2B, pelanggan ini tidak menggunakan penawaran yang diperdagangkan untuk dijual kembali untuk mendapatkan keuntungan. Setiap bisnis yang menciptakan nilai bagi konsumen dan individu dikatakan memiliki model operasi Business to Consumer (B2C). Itu tidak berarti bahwa bisnis B2C hanya melayani konsumen. Perusahaan B2C mungkin juga melayani bisnis lain tetapi fokus utama mereka adalah melayani konsumen dan individu secara langsung agar efisien dan efektif.

Contohnya adalah usaha makanan cepat saji. Perusahaan ini dikatakan mengikuti model B2C karena merupakan bisnis yang melayani konsumen dan individu secara langsung, namun tidak menutup kemungkinan untuk menjualnya pada bisnis lain.

Model-Model B2C

B2C adalah model bisnis yang besar dan kompleks, mari kita lihat beberapa jenis yang populer dan umum:

1. Model B2C Berbasis Produk

Dalam model B2C berbasis produk, bisnis menjual produk ke konsumen. Bisnis dapat bertindak sebagai pemasok dan menjual produk yang disesuaikan kepada individu baik melalui toko fisik atau online mereka sendiri.

Contoh perusahaan B2C berbasis produk adalah merek sepatu yang menjual sepatunya kepada pelanggannya melalui etalase fisiknya. Adidas adalah contoh yang bagus dari perusahaan sepatu B2C yang memproduksi dan menjual sepatu bermereknya kepada konsumen dan individu melalui toko online dan fisiknya yang tersebar di seluruh dunia serta di situs e-commerce.

Pada intinya, model B2C bersifat fisik, karenanya memerlukan investasi awal yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan jenis B2C lainnya.

2. Model B2C Berbasis Layanan

Perusahaan dengan model B2C berbasis layanan berfungsi persis seperti namanya yaitu membantu memberikan layanan kepada konsumennya. Perusahaan B2C berbasis layanan memperoleh pendapatan dengan biaya layanan yang mereka terapkan.

Contoh B2C berbasis layanan adalah bisnis pengantaran orang maupun barang. Perusahaan B2C berbasis layanan banyak dan besar karena memerlukan investasi awal yang lebih rendah dan lebih mudah untuk ditingkatkan. Selain itu, perusahaan B2C berbasis layanan lebih mudah diatur dan dijalankan dibandingkan dengan bisnis B2C berbasis produk.

Perusahaan B2C berbasis layanan mungkin memiliki kehadiran online atau fisik atau keduanya, tetapi semuanya bermuara pada layanan yang disediakan perusahaan.

3. Model B2C Berbasis Perangkat Lunak

Perusahaan B2C berbasis perangkat lunak dapat ditempatkan di bawah model B2C berbasis "produk" atau "layanan". Model B2C berbasis perangkat lunak dapat dibagi menjadi:

·  Model B2C berbasis perangkat lunak “berfokus pada produk”.

Adobe dan Microsoft adalah contoh bagus dari perusahaan B2C berbasis perangkat lunak yang "berfokus pada produk". Mereka menyediakan produk perangkat lunak untuk mengedit dan membuat media dan dokumen masing-masing kepada konsumen.

·  Model B2C berbasis perangkat lunak “berfokus pada layanan”.

Netflix dan Spotify adalah contoh bagus dari perusahaan B2C berbasis perangkat lunak yang "berfokus pada layanan". Keduanya membantu menyediakan layanan video dan musik kepada konsumen melalui penggunaan perangkat lunak.

Layanan ini biasanya berbasis keanggotaan atau langganan. Layanan dapat dengan mudah digunakan sesuai kebutuhan, menjadikannya sebagian besar dapat diskalakan dibandingkan dengan produk perangkat lunak.

Meskipun kedua ini adalah beberapa jenis utama model B2C di masa kini, masih ada satu bidang lain yang dapat dikategorikan secara terpisah yaitu model B2C online.

4. Model B2C Online

· Model B2C Berbasis Periklanan

Model B2C berbasis iklan adalah dimana situs online menggunakan konten untuk mendatangkan pengunjung; bisa berupa website, blog atau forum untuk mendapatkan penghasilan dengan menampilkan iklan di situs.

Situs volume tinggi seperti publikasi berita dan situs web teknologi seperti KOMPAS.com dan gsmarena.com adalah contoh bagus dari perusahaan B2C berbasis periklanan.

· Model B2C Berbasis Komunitas

Platform media sosial adalah contoh bagus bisnis B2C online yang mengikuti model berbasis komunitas. Contoh B2C berbasis komunitas adalah Facebook dimana media sosial tersebut membantu menghubungkan dan membangun komunitas online di antara para penggunanya yang kemudian memanfaatkan untuk mempromosikan produk mereka untuk mendapatkan uang melalui platform.

· E-commerce B2C

E- commerce B2C adalah tempat bisnis menjual dan membeli barang kepada konsumen dan individu. Ini diaktifkan melalui penggunaan pasar dan toko online. E-commerce B2C adalah bidang utama dalam model B2C dan dapat dibagi menjadi dua sub-model yang berbeda, yaitu:

Direct Sellers

Dalam model ini, konsumen membeli barang langsung dari produsen melalui pengecer online mereka. Contoh: Toko Online Supreme.

Perantara Online

Seperti namanya, ini adalah platform e-commerce online yang membantu menyatukan pembeli dan penjual sama seperti pasar tradisional pada umumnya namun dalam bentuk teknologi digital; platform itu sendiri tidak membuat produk atau layanan yang terdaftar di situs.

Keuntungan Model B2C

1. Pasar Luas & Bervariasi

2. Ekspansi Lebih Mudah

3. Pemasaran Lebih Mudah

4. Berbasis Data

Kekurangan Model B2C

1. Persaingan Lebih Tinggi

2. Margin Lebih Rendah

3. Kehadiran perantara yang dapat menurunkan keuntungan maksimal

4. Pasar Tersegmentasi

Contoh Perusahaan B2C

1. Berbagai Perusahaan Ponsel

2. Berbagai Perusahaan Kendaraan

3. Restoran Dan Toko Makanan Cepat Saji

4. Toko Mainan

5. Toko Elektronik

Kini Anda telah mengetahui apa itu pengertian B2C dan contohnya. Jika Anda ingin mendalami bisnis dengan model B2C, Anda dapat mengikuti pelatihan kewirausahaan yang berbasis pada pemanfaatan teknologi terkini di pasartrainer.com

Referensi

Fram. (2022). Kenali Perbedaan Model Bisnis B2B & B2C untuk Efektivitas Strategi Bisnis Online Anda. Jet Commerce. Diakses dari: https://jetcommerce.co.id/update/kenali-perbedaan-model-bisnis-b2b-b2c-untuk-efektivitas-strategi-bisnis-online-anda/

Lestari, A. P. (2022). Yuk, Pelajari Model Bisnis B2C Dan Perbedaannya Dengan B2B. Vocasia. Diakses dari: https://vocasia.id/blog/pengertian-b2c/

Media Interaksi. (2023). Apa itu B2C? Kerjayuk. Diakses dari: http://kerjayuk.com/bisnis/apa-itu-b2c/

Pasar Trainer. (2023). Kategori pelatihan : Semua Enterpreneurship. Diakses dari: https://pasartrainer.com/programs/entrepreneurship

Sivakumar, B. (2023). Business to Consumer (B2C) : Definition, Types, & Examples. Feedough. Diakses dari: https://www.feedough.com/business-to-consumer-b2c/

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.