Pengertian Dan Cara Membangun Personal branding Untuk Meningkatkan Performa Bisnis

Communication May 21, 2023

Bagi siapapun yang sedang berupaya mengembangkan karirnya, satu hal yang benar-benar dapat membuahkan hasil adalah mempertimbangkan personal branding. Jenis strategi branding ini dapat membantu meningkatkan visibilitas, kredibilitas, dan peluang Anda jika dilakukan dengan benar. Sekarang, pasartrainer.com akan mengungkap apa arti personal branding dan semua rahasia personal branding di era digital serta kepentingannya bagi kehidupan pribadi dan profesional Anda.

Apa Arti Personal branding?

Personal branding adalah proses merancang strategi untuk mempengaruhi persepsi publik terhadap seorang individu. Ini melibatkan penciptaan identitas yang membedakan orang dari pesaing mereka, membuat mereka lebih dikenal dan berhubungan dengan audiens mereka. Sederhananya, personal branding adalah proses membangun merek untuk seseorang. Personal branding harus secara akurat mewakili siapa orang itu, apa yang mereka perjuangkan, dan apa yang mereka ingin dikenal. Hal ini harus dibuat seotentik mungkin supaya para pemirsa dapat mengenali diri Anda. Terakhir, dan yang paling penting, personal branding harus menyampaikan pesan yang benar dan konsisten dalam jangka waktu yang lama.

Lima Manfaat Utama: Mengapa Personal Branding Penting?

Personal branding adalah cara yang bagus untuk memasarkan diri dan karir Anda dalam audiens/industri tertentu. Itu juga dapat memiliki dampak positif yang kuat pada kehidupan profesional Anda. Misalnya, jika Anda sedang mencari pekerjaan baru, membangun personal branding dapat memberi Anda keunggulan kompetitif dibandingkan kandidat lain yang tidak memiliki kehadiran online yang kuat. Atau, jika Anda seorang pebisnis, personal branding dapat membantu Anda menciptakan kepercayaan dan komitmen dengan calon konsumen dan klien. Jenis strategi brand ini juga banyak digunakan oleh selebriti dan politisi sebagai cara untuk mempengaruhi citra publik mereka.

Apapun tujuan Anda, memahami personal branding dan menerapkan personal branding yang baik di diri Anda dapat membantu Anda mencapainya. Di bawah ini adalah lima alasan mengapa personal branding itu penting:

1. Memungkinkan Anda Memiliki Keunggulan Berbeda Dibandingkan Orang Lain

Jutaan orang, termasuk pelajar dan pencari kerja muda, bersaing untuk mendapatkan pekerjaan, klien, dan pelanggan yang sama di dunia digital saat ini. Meskipun banyak persaingan, tetapi personal branding yang kuat akan menarik perhatian perekrut. Personal branding dapat membantu Anda dalam menonjolkan diri dan membuat kesan abadi.

2. Membangun Kepercayaan Dan Kredibilitas

Jika Anda memiliki personal branding yang khas, orang lebih cenderung memperhatikan Anda dan percaya pada apa yang Anda lakukan. Selain itu, mereka secara alami akan lebih mempercayai Anda ketika Anda memposisikan diri sebagai profesional berpengalaman melalui branding Anda. Jauh lebih mudah untuk mendapatkan kepercayaan dan keyakinan dari calon klien dan konsumen ketika Anda diakui sebagai ahli dalam profesi Anda.

3. Menghasilkan Peluang Profesional

Personal branding yang kuat akan membuka pintu ke peluang kerja baru, ceramah, prospek penjualan, dll. Ini sangat masuk akal karena 70% pemberi kerja menggunakan media sosial seperti LinkedIn untuk menyaring kandidat. Selain itu, pemberi kerja akan lebih mungkin menemukan Anda dan menjangkau Anda dengan peluang kerja jika Anda memiliki personal branding yang kuat. Namun, personal branding juga dapat menarik mitra, pendukung, dan pemilih (jika Anda seorang politikus). Peluang bervariasi sesuai dengan industri tempat Anda berada.

4. Membantu Anda Menarik Pelanggan Dan Klien

Apakah Anda seorang seniman, pekerja lepas, pengusaha, atau pemilik usaha kecil, personal branding dapat membantu Anda menarik pelanggan dan klien baru. Penelitian longitudinal oleh Harvard menemukan bahwa hampir 60% konsumen cenderung membeli dari perusahaan yang pernah mereka dengar sebelumnya. Prospek (pemirsa) lebih cenderung mengenali nama Anda dan apa yang Anda lakukan jika Anda memiliki personal branding yang kuat. Pelanggan lebih cenderung menggunakan produk atau layanan Anda secara konsisten di masa mendatang karena pengalaman positif ini.

5. Membantu Anda Mencapai Tujuan Anda

Dengan mengetahui apa arti personal branding serta menyelaraskan personal branding Anda dengan tujuan Anda, kemungkinan besar Anda akan mencapainya. Berikut beberapa contohnya:

  • Jika tujuan Anda adalah mendapatkan pekerjaan di perusahaan tertentu, fokuslah untuk membangun personal branding yang selaras dengan nilai-nilai mereka dan apa yang mereka cari dalam diri seorang karyawan.
  • Jika Anda seorang politikus, tujuan Anda adalah mendapatkan lebih banyak pendukung dan orang yang memilih Anda.
  • Jika tujuan Anda adalah untuk menarik lebih banyak klien, fokuslah untuk membangun personal branding yang selaras dengan mereka dan apa yang mereka cari dalam bisnis.

Apapun tujuannya, strategi personal branding akan disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan setiap orang.

Membangun Strategi Personal branding Dengan Cara yang Benar

Setelah mempelajari tentang apa arti personal branding dan keuntungan personal branding, saatnya menemukan langkah-langkah yang tepat untuk memulai.

Langkah #1: Tentukan Tujuan Utama Anda

Anda harus terlebih dahulu memutuskan dengan tepat apa yang Anda inginkan dari personal branding. Apa yang ingin Anda capai? Apa tujuan Anda? Setelah Anda memiliki pemahaman yang baik tentang apa yang Anda inginkan, Anda dapat mulai membangun personal branding yang akan membantu Anda mencapai tujuan tersebut.

Langkah #2: Lakukan Penelitian Substansial

Sekarang setelah Anda tahu apa yang Anda inginkan, saatnya untuk melakukan penelitian. Langkah ini penting karena akan membantu Anda memahami apa yang sudah ada di pasar dan apa yang perlu Anda lakukan untuk menonjol, termasuk dalam pembuatan CV atau berkas-berkas yang menyangkut profil Anda.

Langkah #3: Ciptakan Strategi Personal branding unik Anda

Sebagai hasil dari pekerjaan Anda sejauh ini, Anda siap mengembangkan rencana personal branding. Pengembangan ni akan menjadi peta jalan Anda untuk membangun dan mengelola personal branding Anda. Berikut adalah elemen utama yang harus dimasukkan dalam strategi:

  • Esensi merek: apa tujuan, visi, misi, dan nilai Anda?
  • Pemosisian merek atau proposisi nilai: Apa pernyataan pemosisian merek Anda? Apa yang membuat Anda berbeda dari orang lain di bidang Anda? Layanan apa yang dapat Anda berikan yang tidak dimiliki orang lain?
  • Identitas merek: nama, kisah pribadi, kepribadian, identitas visual, gaya komunikasi
  • Strategi komunikasi: audiens, saluran media utama, pengiriman pesan, strategi konten.

Ingatlah untuk konsisten dengan personal branding Anda di semua saluran dan berikan segala sesuatu yang Anda janjikan kepada pemirsa Anda. Dengan melakukan itu, Anda akan mendapatkan kepercayaan dan rasa hormat dari pembaca Anda. Selain itu, jika Anda ingin mengetahui apa arti personal branding lebih dalam dan cara membangun personal branding yang baik, kunjungi situs pasartrainer.com untuk mengetahui pelatihan yang tepat untuk membangun personal branding bersama trainer yang berkualitas dan kompeten di bidangnya.

Referensi

Ferreira, N. M. (2022). 10 Personal Branding Tips That'll Elevate Your Business In 2023. Oberlo. Diakses pada 5 Mei 2023 dari: https://www.oberlo.com/blog/personal-branding

Geyser, W. (2022). What is Personal Branding [Free Personal Brand Health Checker]. Influencer Marketing Hub. Diakses pada 5 Mei 2023 dari: https://influencermarketinghub.com/what-is-personal-branding/

Julian. (2022). Personal Branding: Why It Matters. The Branding Journal. Diakses pada 5 Mei 2023 dari: https://www.thebrandingjournal.com/2022/08/personal-branding/

Putri, N. S. (2023). Jangan Insecure, Ini Tips Membangun Personal Branding. Unair News. Diakses pada 5 Mei 2023 dari:

https://unair.ac.id/jangan-insecure-ini-tips-membangun-personal-branding/

Schawbel, D. (2013). Promote Yourself: The New Rules for Career Success. USA: St. Martin's Griffin.

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.