Pengertian Dan Pekerjaan Public Relation

Human Capital May 21, 2023

Salah satu tugas penting yang harus secara konsisten dilakukan oleh perusahaan agar terhubung dengan para konsumen yaitu dengan menjalin komunikasi interaktif dan intens. Kali ini, situs pelatihan terpercaya pasartrainer.com ingin memberikan gambaran mengenai apa itu public relation menurut para ahli dan apa saja tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh seorang public relation

1. Penjelasan Para Ahli Tentang Public Relation

Ratusan definisi public relation sejauh ini mewakili berbagai dimensi public relation. Definisi public relation menurut para ahli tersebut dapat dibagi menjadi definisi akademisi dan definisi praktisi yang berasal dari asosiasi profesional. Definisi PR yang paling umum tidak diragukan lagi adalah fungsi manajerialnya. Menurut Wilcox dan Cameron, kunci untuk PR adalah; komunikasi dua arah yang mengejar kepentingan publik dengan kegiatan yang direncanakan dan juga merupakan fungsi manajemen bisnis secara sengaja, direncanakan, kinerja, kepentingan umum, komunikasi dua arah dan fungsi manajemen. Cutlip, Center dan Broom juga menunjukkan fungsi manajemen public relation: “Public relation adalah fungsi manajemen yang membangun dan memelihara hubungan yang saling menguntungkan antara organisasi dan publiknya yang menjadi sandaran keberhasilan atau kegagalannya.”

Definisi tentang fungsi manajemen public relation diikuti oleh definisi lain yang menghubungkan peran public relation seperti membangun hubungan, berkomunikasi dengan publik dan pemangku kepentingan sosial. Menurut Grunig dan Hunt, “Public relation adalah manajemen komunikasi antara dan organisasi dan publiknya.” Coombs dan Holladay mendefinisikan PR sebagai “pengelolaan hubungan yang saling berpengaruh dalam jaringan hubungan pemangku kepentingan dan organisasi”. Mereka berpendapat bahwa PR modern telah menghidupkan kembali istilah "hubungan" dan public relation yang berorientasi pada hubungan mencerminkan pandangan yang berpusat pada perusahaan. Menurut Caywood, “Public relation adalah integrasi yang menguntungkan dari hubungan baru dan berkelanjutan organisasi dengan pemangku kepentingan termasuk pelanggan dengan mengelola semua kontak komunikasi dengan organisasi yang menciptakan dan melindungi merek dan reputasi organisasi”. Johnston, Zawawi dan Brand mendefinisikan PR sebagai “pengembangan dan pengelolaan strategi etis menggunakan komunikasi untuk membangun hubungan dengan pemangku kepentingan atau publik.”

Seperti yang terlihat di atas, pengertian public relation menurut para ahli sebagai fungsi manajemen yaitu bertanggung jawab untuk membangun dan memelihara hubungan dengan semua pemangku kepentingan sosial yang relevan yang mempengaruhi proses bisnis. Secara alami, perspektif manajemen hubungan PR mencakup kegiatan dengan proses pengambilan keputusan strategis, perencanaan, implementasi dan evaluasi. Definisi public relation Center dan Jackson menunjukkan bahwa: “Public relation adalah fungsi sistematis yang mengevaluasi sikap dan perilaku publik; menyelaraskan tujuan, kebijakan, dan prosedur individu atau organisasi dengan kepentingan publik, dan menjalankan program tindakan untuk mendapatkan pemahaman publik, penerimaan, dan perilaku yang mendukung.” Selain upaya para akademisi, para praktisi kehumasan juga berkontribusi dalam mendefinisikan kehumasan. Meskipun demikian, belakangan ini definisi baru telah diadopsi dengan perubahan peran PR. Menurut definisi baru PRSA (Public Relations Society of America, “Public relation adalah proses komunikasi strategis yang membangun hubungan yang saling menguntungkan antara organisasi dan publiknya.”

2. Tugas-Tugas Public Relation

Setelah memahami definisi tentang public relation menurut para ahli di atas, kini adalah saatnya bagi kita untuk mengetahui secara lebih rinci apa saja tugas-tugas Public Relation di perusahaan:

·     Memposting dan terlibat di media sosial

·     Mengatur interaksi dengan klien

·     Membuat strategi untuk manajemen krisis

·     Menyelenggarakan acara khusus

·     Menjalin koneksi dan networking bisnis

·     Menulis dan mempublikasikan siaran pers

Pada dasarnya, profesional PR berspesialisasi dalam komunikasi yang dibuat dengan hati-hati menggunakan strategi dan teknologi yang muncul untuk mendorong hubungan antara organisasi dan publiknya. Taktik dan metode yang tepat yang digunakan oleh seorang profesional PR akan bervariasi tergantung pada klien, tujuan mereka, dan kebutuhan mereka. Namun, dalam hampir semua contoh, profesional PR akan berusaha memaksimalkan daya tarik klien mereka sambil meminimalkan efek dari pers yang negatif atau merusak.

3. Public Relation vs Pemasaran

Public relation berada di bawah payung pemasaran yang lebih besar. Meskipun mirip dengan PR, pemasaran berusaha memenuhi kebutuhan pelanggan, memastikan produk atau layanan memuaskan mereka, dan mendorong penjualan. Fokus PR adalah untuk membina hubungan antara publik dan organisasi. Spesialis PR dapat membantu pemasar dengan upaya mereka, karena hubungan pelanggan yang positif secara tidak langsung dapat membantu meningkatkan penjualan dan memuaskan target pasar.

4. Public relation vs Periklanan

Bagian lain dari pemasaran, periklanan adalah bidang yang sering tumpang tindih dengan PR untuk mencapai tujuan pemasaran meskipun dengan cara yang berbeda. Periklanan berkomunikasi langsung dengan pelanggan untuk mempromosikan suatu produk dan menjelaskan mengapa produk tersebut lebih unggul dibandingkan dengan layanan pesaing. Public relation melibatkan komunikasi dua arah dengan pelanggan tentang mengapa organisasi itu sendiri layak untuk bisnis mereka. PR dapat membantu membuka percakapan dengan pelanggan untuk membantu pengiklan dalam upaya mereka menjual, memungkinkan kedua bidang ini bekerja sama untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan meningkatkan penjualan.

5. Jenis Public Relation

Public relation General/Humas Umum

Merupakan bagian yang berfokus pada peningkatan citra organisasi dengan komunitas lokal atau regional. Seringkali, bisnis akan terlibat langsung dengan komunitas melalui acara, kerja amal, atau terlibat dengan proyek lokal. Ini membantu mempromosikan kehadiran organisasi dalam komunitas dan membangun hubungan dengan anggota komunitas itu. Anda perlu memahami cara terbaik berinteraksi dan melayani komunitas Anda untuk membuka dialog positif dengan mereka.

Hubungan media

Hubungan media menyangkut urusan Anda dengan pers dan media. Menjadwalkan konferensi pers, mengatur wawancara, dan menulis siaran pers adalah contoh umum, tetapi semua jenis komunikasi dengan pers termasuk dalam ranah hubungan media. Tergantung pada organisasinya, spesialis hubungan media mungkin satu-satunya yang mengambil tanggung jawab ini; dalam kasus lain, seorang profesional PR mungkin bertanggung jawab untuk semua jenis PR.

Administrasi publik

Disebut juga pelobi, bentuk PR ini membutuhkan pengembangan hubungan antara organisasi Anda dan pemerintah. Anda harus membentuk dan membangun koneksi dengan pejabat pemerintah yang peduli dan bahkan mungkin mempromosikan tujuan Anda. Apakah perubahan undang-undang memungkinkan Anda untuk menjual lebih banyak produk atau Anda ingin meyakinkan publik untuk peduli dengan layanan Anda, pemerintah dapat menjadi alat PR yang ampuh.

Keterlibatan Sosial Perusahaan

Keterlibatan sosial perusahaan adalah aspek PR yang berfungsi untuk meningkatkan citra publik Anda sebagai organisasi etis. Ini dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, seperti membayar pekerja dan karyawan secara adil, hanya menggunakan tenaga kerja atau bahan yang berasal dari sumber etis untuk produk Anda, atau bekerja untuk mempromosikan keragaman dalam iklan untuk organisasi Anda.

Tertarik lebih lanjut tentang Public Relation & Strateginya? Mari ikuti pelatihan yang kami selenggarakan di pasartrainer.com!

Referensi

Onoini. (2022). Pengertian Public Relation, Tujuan, Fungsi, Tugas Terlengkap. Diakses pada 3 Mei 2023 dari: https://www.onoini.com/pengertian-public-relation/

Purba, B. (2018). Pengaruh Public Relation Terhadap Peningkatan Pengguna Jasa Di Bandara Internasional Kualanamu Kab, Deli Serdang. Jurnal Network Media, 1(1), 1-11. https://doi.org/10.46576/jnm.v1i1.604

Sancar, G. A. (2016). What is Public Relations? An Analysis of Turkish Public Relations Job Advertisements Discourses. Online Journal of Communication and Media Technologies, Special Issue, 1-21. https://doi.org/10.30935/ojcmt/5668

Virginia, T. (2021). Definisi Public Relation Menurut Para Ahli Dan Fungsinya. Vocasia. Diakses pada 3 Mei 2023 dari: https://vocasia.id/blog/definisi-public-relations/

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.