Penjelasan Tentang Ekonomi Makro

Finance & Accounting Jul 24, 2023

Pengertian ekonomi makro adalah cabang ekonomi yang berkaitan dengan perilaku dan kinerja ekonomi secara keseluruhan. Ini berbeda dengan ekonomi mikro, yang berfokus pada dampak pada tingkat individu, kelompok, atau perusahaan. Makroekonomi terutama mempelajari fenomena ekonomi skala besar seperti inflasi, tingkat harga, tingkat pertumbuhan ekonomi, pendapatan nasional, produk domestik bruto (atau PDB), dan perubahan pengangguran. Ekonomi makro dalam bentuk modern diperkirakan berasal dari John Maynard Keynes (diucapkan “Canes”) dan bukunya tahun 1936 The General Theory of Employment, Interest and Money. Untuk lebih lengkapnya, teruslah membaca artikel pasartrainer.com berikut!

Konsep Ekonomi Makro

Ada dua bidang penelitian ekonomi makro yang berbeda yaitu tentang pertumbuhan jangka panjang dan siklus bisnis jangka pendek. Memahami pengertian ekonomi makro jangka panjang berarti berfokus pada topik selama bertahun-tahun seperti pendapatan nasional dan perubahan lapangan kerja secara keseluruhan, sementara ekonomi mikro jangka pendek melihat faktor-faktor yang mempengaruhi ekonomi pada kerangka waktu yang lebih kecil yang dikenal sebagai siklus bisnis.

Sejarah Ekonomi Makro

Banyak konsep inti dari pengertian ekonomi makro telah menjadi fokus studi lebih lama. Topik seperti pengangguran, harga, pertumbuhan, dan perdagangan telah menjadi perhatian para ekonom sejak awal disiplin di tahun 1700-an. Elemen karya sebelumnya dari Adam Smith dan John Stuart Mill membahas isu-isu yang sekarang akan diakui sebagai domain ekonomi makro.

Dalam bentuknya yang modern, makroekonomi sering didefinisikan dimulai dengan John Maynard Keynes dan bukunya The General Theory of Employment, Interest, and Money pada tahun 1936. Keynes menjelaskan dampak dari Depresi Besar ketika barang-barang tetap tidak terjual, dan para pekerja menganggur.

Sebelum mempopulerkan teori Keynes, para ekonom umumnya tidak membedakan antara pengertian ekonomi mikro dan pengertian ekonomi makro secara lengkap. Hukum mikroekonomi yang sama tentang penawaran dan permintaan yang beroperasi di pasar barang individu dipahami untuk berinteraksi di antara pasar individu untuk membawa ekonomi ke keseimbangan umum, seperti yang dijelaskan oleh Leon Walras.

Keterkaitan antara pasar barang dan variabel keuangan skala besar seperti tingkat harga dan suku bunga dijelaskan melalui peran unik yang dimainkan uang dalam perekonomian sebagai alat tukar oleh para ekonom seperti Knut Wicksell, Irving Fisher, dan Ludwig von Mises.

Teori Ekonomi Makro

Ekonomi makro menjelaskan hubungan antara satu faktor dengan faktor lainnya serta besarnya masing-masing faktor mempengaruhi perekonomian secara keseluruhan. Seperti kebanyakan hal yang kompleks, pandangan ekonomi makro yang berlawanan telah berkembang. Misalnya, mereka yang mendukung kebijakan moneter ekspansif seperti suku bunga rendah dikenal sebagai "merpati", sedangkan mereka yang mendukung kebijakan moneter dikenal sebagai "elang". Menurunkan suku bunga federal membuatnya lebih murah untuk meminjam uang yang dapat mendorong orang untuk berinvestasi lebih banyak. Meskipun ini dapat merangsang ekonomi, hal itu juga dapat memiliki konsekuensi yang merugikan seperti tingkat inflasi yang lebih tinggi.

Sementara kedua pandangan berusaha mengejar pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi sambil mengendalikan tingkat inflasi, elang dan merpati tidak setuju dengan cara terbaik untuk mencapai tujuan ini. Keyakinan masyarakat tentang hubungan antara faktor ekonomi makro mempengaruhi kebijakan moneter dan fiskal. Kebijakan moneter berhubungan dengan perubahan tingkat bunga dan mempengaruhi jumlah uang beredar. Fiskal berarti “pendapatan pemerintah” sehingga kebijakan fiskal terkait dengan pemerintah seperti perubahan tarif pajak dan pengeluaran pemerintah.

Batas Ekonomi Makro

Penting juga untuk memahami keterbatasan teori ekonomi. Teori seringkali dibuat dalam ruang hampa dan tidak memiliki detail dunia nyata yang spesifik seperti perpajakan, regulasi, dan biaya transaksi. Dunia nyata juga sangat rumit dan mencakup masalah preferensi sosial dan hati nurani yang tidak cocok untuk analisis matematis.

Bahkan dengan batasan teori ekonomi, penting dan bermanfaat untuk mengikuti indikator ekonomi makro yang signifikan seperti PDB, inflasi, dan pengangguran. Hal ini karena kinerja perusahaan, dan juga saham mereka, secara signifikan dipengaruhi oleh kondisi ekonomi di mana perusahaan tersebut beroperasi.

Demikian juga, sangat berharga untuk memahami teori-teori yang mendukung dan mempengaruhi administrasi pemerintahan tertentu. Prinsip-prinsip ekonomi yang mendasari suatu pemerintah akan berbicara banyak tentang bagaimana pemerintah itu akan mendekati perpajakan, regulasi, pengeluaran pemerintah, dan kebijakan serupa. Dengan pemahaman ekonomi yang lebih baik dan konsekuensi dari keputusan ekonomi, investor setidaknya dapat melihat sekilas kemungkinan masa depan dan bertindak sesuai dengan keyakinan.

Bagaimana Mempengaruhi Ekonomi Makro?

Karena pengertian ekonomi makro adalah berkaitan dengan bidang yang sangat luas, mempengaruhi ekonomi secara positif itu menantang dan membutuhkan waktu lebih lama daripada mengubah perilaku individu dalam ekonomi mikro. Oleh karena itu, ekonomi perlu memiliki entitas yang didedikasikan untuk meneliti dan mengidentifikasi teknik yang dapat memengaruhi perubahan skala besar. Untuk memengaruhi perubahan, kebijakan moneter diterapkan melalui alat yang telah dikembangkan selama bertahun-tahun sebagai berikut:

1. Mengatur Kisaran Suku Bunga Bank Sentral

Merupakan kisaran target yang ditetapkan oleh bank sentral yang memandu suku bunga pinjaman antar lembaga penyimpanan untuk meningkatkan pinjaman jangka pendek.

2. Operasi Pasar Terbuka

Yaitu kegiatan beli dan jual sekuritas di pasar terbuka untuk mengubah pasokan cadangan.

3. Jendela dan Tarif Diskon

Yaitu meminjamkan sejumlah dana kepada lembaga penyimpanan untuk membantu bank mengelola likuiditas.

4. Persyaratan Cadangan

Yaitu mempertahankan cadangan untuk membantu bank menjaga likuiditas.

5. Bunga Saldo Cadangan

Adalah cara mempengaruhi ekonomi makro dengan mendorong bank untuk menyimpan cadangan untuk likuiditas dan membayar bunga untuk melakukannya.

6. Fasilitas Perjanjian Pembelian Kembali

Merupakan alat tambahan yang digunakan untuk membantu mengendalikan tingkat dana federal dengan menjual sekuritas dan membelinya kembali pada hari berikutnya dengan tingkat yang lebih menguntungkan.

7. Fasilitas Deposito Berjangka

Merupakan cadangan deposito dengan jangka waktu, digunakan untuk mengalirkan cadangan dari sistem perbankan.

8. Swap Likuiditas Bank Sentral

Yaitu dengan menetapkan jalur pertukaran untuk bank sentral dari negara tertentu untuk meningkatkan kondisi likuiditas perbankan.

9. Fasilitas Repo Otoritas Moneter Asing dan Internasional

Merupakan pengadaan fasilitas bagi institusi untuk mengadakan perjanjian pembelian kembali dengan Federal Reserve untuk bertindak sebagai penopang likuiditas.

10. Standing Overnight Repurchase Agreement Facility

Adalah sebuah fasilitas yang diciptakan untuk mendorong atau mencegah pinjaman di atas tingkat yang ditetapkan, yang membantu mengendalikan tingkat dana federal yang efektif.

Referensi

Byju's. (2023). What Is Macroeconomics? List of Commerce Articles. Diakses pada 22 Juli 2023 dari: https://byjus.com/commerce/macroeconomics/

Investopedia Team. (2023). Macroeconomics Definition, History, and Schools of Thought. Economics. Diakses pada 22 Juli 2023 dari: https://www.investopedia.com/terms/m/macroeconomics.asp

Tamplin, T. (2023). Macroeconomics. Wealth Management. Diakses pada 22 Juli 2023 dari:

https://www.financestrategists.com/wealth-management/macroeconomics/

Vedantu. (2023). Macroeconomics Concepts. Commerce. Diakses pada 22 Juli 2023 dari: https://www.vedantu.com/commerce/macroeconomics-concepts

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.