Penting! Inilah 7 Manfaat Mengikuti Program Sertifikasi

Dec 4, 2023

Ketika sudah berada dalam lingkup kerja, istilah sertifikasi tentunya bukan hal yang asing lagi. Saat ini, kamu bahkan bisa mencari berbagai jenis program sertifikasi, sesuai dengan bidang kerja yang sedang atau akan ditekuni.

Namun, bagi sebagian orang, mungkin sertifikasi ini masih terdengar asing. Untuk lebih mengenal tentang apa itu sertifikasi dan apa saja manfaatnya, maka jangan lewatkan informasi menarik dalam artikel ini! Pastikan juga kamu mendapatkan program dan lembaga yang tepat jika akan melakukan sertifikasi!

Apa Itu Program Sertifikasi?

Secara umum, sertifikasi merupakan suatu penetapan atau tanda bukti bahwa seseorang telah berhasil untuk mendalami dan memenuhi standar kompetensi untuk bidang tertentu, yang diberikan oleh pihak asosiasi, organisasi, atau lembaga tertentu.

Sertifikasi ini perlu dilakukan secara sistematis, dengan menggunakan uji kompetensi berdasarkan standar yang telah disepakati, misalnya standar nasional, internasional, maupun standar khusus.

Berbagai Manfaat Mengikuti Program Sertifikasi

Ada berbagai manfaat yang dapat kamu terima ketika melakukan sertifikasi, berikut adalah 7 di antaranya:

Mengembangkan Keterampilan dan Pengetahuan

Dengan menjalani sertifikasi sesuai dengan bidang kerja, maka berbagai keterampilan dan pengetahuan yang terkait pun dapat lebih meningkat. Kamu pun bisa mendapatkan beragam informasi atau teknik terbaru dalam bidang kerja tersebut, sehingga nantinya bisa dimanfaatkan secara maksimal dalam profesi tertentu.

Selanjutnya, kualitas dan efisiensi kerja pun dapat ditingkatkan. Hal ini tentunya akan memberikan berbagai dampak positif pula bagi perusahaan.

Membangun atau Meningkatkan Kredibilitas

Kedua, program sertifikasi juga mampu memberikan dukungan  untuk membangun atau meningkatkan kredibilitas. Hal ini disebabkan karena sertifikasi adalah sebuah bukti nyata bahwa kamu telah menguasai suatu standar kompetensi, sehingga pihak lain pun akan lebih percaya terhadap kemampuanmu.

Peluang Karier Semakin Tinggi

Manfaat sertifikasi kali ini masih sangat berkaitan dua pembahasan sebelumnya. Dengan bertambahnya pengetahuan dan keterampilan, serta didukung dengan kredibilitas yang baik, maka peluang karier kamu pun dapat semakin meningkat.

Inilah salah satu manfaat sertifikasi yang diincar banyak orang, bahkan tidak jarang menjadi incaran utama.

Adanya sertifikasi yang dimiliki, akan membuat kamu memiliki keunggulan dan lebih dipercaya dibanding orang lain dalam bidang yang sama namun belum melalui program ini. 

Kualitas Kerja Semakin Terjaga

Sesuai yang sempat dibahas dalam poin pertama, program sertifikasi juga dapat menjaga dan meningkatkan kualitas kerja seseorang. Dengan berbagai hal yang diajarkan dan diujikan, maka kamu akan lebih siap untuk menjamin kualitas kerja.

Setelah sukses untuk memenuhi standar kompetensi tertentu, maka seseorang akan lebih paham tentang hal-hal yang sebaiknya dia lakukan di bidang tersebut. Kualitas kerja pun dapat ditingkatkan sehingga akan memberikan keuntungan bagi berbagai pihak, misalnya perusahaan dan klien.

Mendukung Etika serta Profesionalisme Kerja

Selanjutnya, sertifikasi dapat mendukung pemahaman dan pelaksanaan tentang etika dan profesionalisme dalam suatu bidang kerja. Proses sertifikasi pada dasarnya tidak hanya berkaitan dengan keterampilan saja, melainkan juga bersangkutan dengan aspek pemahaman tentang perilaku dan etika.

Maka dari itu, setelah memenuhi standar tersebut, maka kamu bisa lebih profesional dalam bekerja, termasuk dalam menjunjung etika yang sesuai dengan bidang kerja.

Dalam berbagai sertifikasi, kamu bahkan mungkin menemui berbagai tahap untuk mengembangkan perilaku atau etika hingga tahap tertentu, supaya setiap orang yang mengikuti proses ini telah benar-benar memahami etika kerja.

Berpotensi untuk Meningkatkan Gaji atau Penghasilan

Manfaat selanjutnya yang juga menjadi incaran banyak orang yaitu berbagai sertifikasi dapat menjadi pintu untuk meningkatnya gaji atau penghasilan. Sertifikasi ini pun dapat menjadi aspek sangat penting untuk berbagai jenis pekerjaan, terlebih jika kamu ada di dalam lingkup kerja yang bergerak secara independen, karena akan sangat dibutuhkan kepercayaan dari klien.

Dengan adanya pengakuan kemampuan yang ditunjukkan dengan sertifikasi, maka kamu bisa memberikan biaya yang semakin tinggi untuk berbagai jasa yang ditawarkan.

Lalu, jika bekerja di suatu pekerjaan, maka peningkatan gaji juga bisa terjadi setelah perusahaan mengakui bahwa kamu memang kompeten di bidang tersebut.

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Terakhir, sertifikasi dapat meningkatkan kepercayaan diri bagi setiap tenaga kerja, atau orang-orang yang sedang mencari pekerjaan. Dengan berbagai manfaat yang sudah dijelaskan sebelumnya, tentu saja kamu telah memiliki keunggulan yang belum tentu dimiliki orang lain dalam bidang kerja yang sama.

Selanjutnya, kamu dapat menjadi lebih yakin dengan kemampuan diri dan pekerjaan pun akan dilakukan dengan lebih optimal. Maka dari itu, jika kamu merasa kurang percaya diri untuk kemampuan tertentu, mengikuti sertifikasi dapat menjadi salah satu solusi tepat.

Itulah berbagai manfaat yang dapat kamu peroleh jika mengikuti sertifikasi sesuai dengan bidang yang diminati atau bidang kerja yang akan dimasuki. Selanjutnya, ketika sudah bekerja, maka program ini pun tetap dapat memberikan berbagai keuntungan bagi kamu.

Namun, ketika memilih program sertifikasi, ada berbagai hal yang perlu dipertimbangkan, misalnya memastikan bahwa lembaga tersebut sudah terpercaya. Untuk mendukung perkembangan skill dan karir, segera lakukan sertifikasi di PasarTrainer! Klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai program PasarTrainer!


Referensi

www.gramedia.com - Pengertian Sertifikasi Jenis dan Manfaatnya
rivierapublishing.id - Manfaat Sertifikasi Kompetensi
bakri.uma.ac.id - Manfaat Sertifikasi

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.