Pentingnya Menguasai Microsoft Project demi Kelancaran Manajemen Proyek

Microsoft Office Jul 10, 2024

Saat ini ada beragam tools yang sebenarnya bisa mempermudah pekerjaan kita, salah satunya Microsoft Project. Kita tahu bahwa selama ini Microsoft telah menghadirkan banyak sekali jenis tools yang membuat kita bekerja lebih mudah dan efektif. Sangat disayangkan jika nantinya kita tidak menguasai tools tersebut. 

Sesuai namanya, tool satu ini didesain untuk menjalankan manajemen proyek. Di dalamnya ada banyak fitur yang bisa mempermudah manajemen proyek sehingga tugas pekerja jadi lebih mudah, terutama bagi seorang project manager

Mengenal Microsoft Project

Mari berkenalan terlebih dahulu dengan tool Microsoft yang satu ini. Tool ini akan membantu pengguna agar dapat membuat sebuah rencana proyek secara efektif. Selain itu tool ini juga memiliki beragam fitur yang akan membantu proses pembuatan jadwal serta pengelompokkan sumber daya dalam sebuah proyek. 

Di sini kita juga akan mendapatkan kemudahan dalam menyusun prioritas proyek. Jadi kita bisa membedakan mana proyek yang harus selesai lebih dulu dan mana yang kurang begitu mendesak untuk diselesaikan. Tujuannya agar semua proyek bisa berjalan lancar dan selesai di waktu yang tepat. 

Fungsi Microsoft Project yang utama adalah mempermudah planning, executing, dan managing dalam sebuah proyek. Menariknya lagi aplikasi satu ini tidak hanya bisa bermanfaat bagi project manager namun juga semua tim yang terlibat di dalam proyek tersebut. 

Fitur yang Tersedia

Tentunya aplikasi ini menghadirkan banyak sekali pilihan fitur untuk mempermudah pengguna. Berikut beberapa fitur yang bisa kita temukan dan tentunya akan meningkatkan efektivitas manajemen proyek. 

  • Project Planning: dipakai untuk membuat rencana proyek secara detail sampai tugas apa saja yang harus dilakukan, timeline, dan lain sebagainya. 
  • Resource Management: dipakai untuk mengatur sumber daya dan mengalokasikannya sesuai keperluan proyek. 
  • Task Scheduling: fitur untuk mengatur jadwal penugasan sehingga proyek dapat berjalan sesuai timeline. 
  • Budgeting and Cost Management: digunakan untuk mengelola sekaligus monitoring biaya atau anggaran dana dalam sebuah proyek. 
  • Collaboration and Integration: fitur yang dipakai untuk melakukan kolaborasi dan integrasi dengan aplikasi bisnis yang lain, contohnya saja seperti SharePoint dan Microsoft Teams. 
  • Gantt Charts: dipakai untuk membuat grafik yang bisa memvisualisasikan proses pengerjaan proyek sesuai timeline
  • Customization: fitur yang berfungsi mengkustomisasi template proyek jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan proyek yang dijalankan. 

Kelebihan yang Ditawarkan

Pemakaian Microsoft Project bisa memberi banyak kemudahan apalagi tool ini didesain dengan beragam kelebihan. Berikut ini beberapa kelebihan yang dapat kita nikmati sebagai pengguna. 

  • User-friendly

Microsoft membuat tool ini sebagai alat yang sangat mudah untuk digunakan. Tampilannya sangat user-friendly alias ramah pengguna. Desain aplikasinya sangat intuitif sehingga bisa mempermudah semua pengguna bahkan para pemula sekalipun. 

Hal ini membuat kita akan mendapat banyak kemudahan saat mempelajari fitur-fitur dan cara pemakaiannya. Jadi tidak perlu waktu lama untuk memahami fungsi sekaligus cara pemanfaatan fitur yang tersedia. 

  • Tersedia Template

Memang ada banyak kemudahan yang bisa kita dapatkan saat memakai tool satu ini. Demi mengoptimalkan fungsi Microsoft Project bagi tim pelaksana proyek, Microsoft menghadirkan banyak pilihan template. Template tersebut bisa dipakai untuk membuat rencana saat mengawali sebuah proyek. 

Bagi pengguna baru, ketersediaan template ini jelas sangat membantu. Kita bisa langsung menyusun rencana proyek melalui template yang tersedia. Ini juga akan membantu meminimalisir kesalahan sehingga perencanaan proyek bisa berjalan lebih matang. 

  • Mudah Diakses

Kelebihan lain dari aplikasi satu ini adalah mudah sekali untuk diakses. Kita bisa mengakses tool ini lewat berbagai jenis perangkat. Mulai dari perangkat PC, laptop, tablet, bahkan smartphone yang fleksibel untuk dibawa kemana-mana. 

Microsoft membuat tool yang benar-benar akan membantu kita dimana saja. Sangat fleksibel untuk dibawa kemanapun sehingga lebih mudah untuk mengontrol proyek bahkan saat harus terjun langsung ke lapangan. 

Pentingnya Penguasaan Program Ini

Dari penjelasan tadi tentunya kita jadi paham bahwa fungsi Microsoft Project sangatlah penting. Tool ini akan membuat perencanaan dan manajemen sebuah proyek jadi berjalan lebih mudah. Selain itu hasil akhirnya pun bisa lebih efektif karena ada kontrol manajemen yang bagus. 

Pemakaian tool ini diharapkan bisa membantu para pekerja untuk menjalankan proyek mereka secara efisien. Rencana proyek bisa disusun dengan baik dan pelaksanaannya juga bisa berjalan sesuai timeline. Selain itu tool ini juga diharapkan bisa mencegah terjadinya beragam jenis kesalahan atau human error dalam pelaksanaan proyek. 

Jadi sangatlah penting bagi kita untuk menguasai tool dari Microsoft yang satu ini. Tidak hanya kenal fitur-fiturnya namun juga bisa menguasai semua fitur tersebut dan mengaplikasikannya sesuai kebutuhan. 

Kita bisa belajar lebih jauh tentang Microsoft Project bersama PasarTrainer. Ada program khusus Pelatihan Microsoft untuk menguasai tool satu ini secara mendalam. Kita bisa langsung bergabung dengan program training tersebut agar perencanaan proyek dan manajemennya di masa depan bisa berjalan lebih efektif.


Referensi

glints.com - Microsoft Project


www.acerid.com - Apa itu Microsoft Project, Fungsi dan Kelebihannya


revou.co - Microsoft Project

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.