Pentingnya Program Pelatihan dan Pengembangan Karyawan

Human Capital Apr 17, 2023

Untuk membangun bisnis yang berkelanjutan harus menghargai dan mendukung peningkatan berkelanjutan dan pengembangan pribadi karyawan mereka. Banyak perusahaan berkinerja tinggi telah melembagakan program pelatihan dan pengembangan karyawan untuk mengubah “underdog” menjadi pemimpin pada akhirnya. Artikel ini akan fokus pada nilai pelatihan dan pengembangan dan pelatihan karyawan serta metode yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan kinerja perusahaan Anda, dan setiap level.

Apa itu pengembangan dan pelatihan karyawan?

Pengembangan dan pelatihan karyawan adalah proses menginvestasikan waktu, energi, dan sumber daya secara strategis ke dalam peningkatan personel perusahaan. Yang terpenting, pelatihan dan pengembangan karyawan adalah tentang pembelajaran: pelatihan keterampilan perangkat lunak, penyempurnaan alur kerja, dan bahkan bayangan pekerjaan adalah contoh umum pelatihan dan pengembangan karyawan.

Sementara kata-kata pelatihan dan pengembangan sering digunakan secara bergantian, ada perbedaan utama diantara keduanya yang seharusnya mempengaruhi cara berpikir pemimpin perusahaan tentang peningkatan kinerja. Pelatihan mengacu pada pengajaran keterampilan baru kepada karyawan untuk membantu mereka meningkatkan kinerja pekerjaan mereka dan bekerja lebih efisien. Beberapa contoh program pelatihan karyawan termasuk:

1. Pelatihan di seluruh perusahaan tentang penggunaan perangkat lunak manajemen kerja yang baru

2. Pelatihan departemen tentang cara menggunakan mesin baru untuk meningkatkan produktivitas

3. Pelatihan individu tentang cara menagih dan menagih klien untuk karyawan baru

Pengembangan, di sisi lain, mengacu pada peningkatan keterampilan yang ada. Beberapa cara umum perusahaan berinvestasi dalam pengembangan karyawan termasuk:

1. Menyelenggarakan lokakarya tentang komunikasi antarpribadi

2. Menyewa konsultan untuk mengatasi kelemahan dalam alur kerja dan komunikasi antar departemen

3. Menawarkan bimbingan pribadi untuk bintang baru dan pemimpin perusahaan masa depan

Singkatnya, pelatihan diadakan khusus untuk meningkatkan kemampuan karyawan guna mencapai tujuan dan memperlancar proses internal perusahaan, sementara pengembangan meluas ke luar perusahaan dan dapat mencakup keterampilan umum seperti komunikasi, kepemimpinan, dan manajemen proyek.

Apa manfaat dari pelatihan karyawan?

Dalam dunia bisnis modern yang kompetitif, pemimpin perusahaan yang cerdas harus selalu mencari cara untuk mendapatkan keunggulan. Kepemimpinan, investasi modal, pangsa pasar, dan penawaran produk dan layanan tidak diragukan lagi penting, tetapi karyawan adalah fondasi dan sumber kehidupan organisasi mana pun.

Saat Anda mempertimbangkan proses perencanaan SDM Anda, perlu diingat bahwa tenaga kerja yang sangat terlatih, sangat terampil, dan terus meningkat adalah unsur utama dalam membangun bisnis berkinerja tinggi yang berkelanjutan. Lihatlah beberapa manfaat lain dari pengembangan karyawan di bawah ini:

1. Menarik dan mempertahankan bakat

Pelatihan dan pengembangan karyawan menghasilkan anggota tim yang lebih puas, menjadikannya bagian penting dari proses manajemen bakat. Studi menunjukkan bahwa ketika karyawan merasa diinvestasikan, diberi kesempatan untuk berkembang dan maju, dan merasa dihargai atas kontribusi unik mereka pada misi bersama, mereka cenderung bertahan lebih lama di perusahaan dan bahkan menjadi pendukung internal yang terus berkembang dan memberikan kesuksesan dalam menjalankan misi perusahaan.

2. Meningkatkan keuntungan

Karyawan yang kurang terampil merugikan finansial perusahaan setiap tahun. Redudansi dalam tanggung jawab tim, kewajiban dari kesalahan karyawan, dan alur kerja yang tidak efisien adalah pengurasan modal utama bahkan dari perusahaan yang paling sukses sekalipun. Program pelatihan dan pengembangan karyawan dapat membantu Anda menumbuhkan bakat yang sudah Anda miliki untuk menyimpan pengetahuan dan masa kerja perusahaan yang berharga, mengurangi pergantian karyawan, menghemat biaya perekrutan, dan memaksimalkan keuntungan Anda.

3. Memaksimalkan kinerja

Orang yang Anda pekerjakan sudah mampu melakukan pekerjaannya dengan baik. Namun, program pelatihan dan pengembangan karyawan dapat memberikan wawasan tentang kekuatan dan kelemahan yang tidak terlihat dalam proses perekrutan dan membantu menjembatani kesenjangan keterampilan apa pun untuk memaksimalkan kinerja. Terlebih lagi, karyawan yang mengetahui keterampilan dan teknologi terbaru akan memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan Anda.

4. Mencegah stagnasi karyawan dan perusahaan

Karyawan yang paling termotivasi pun bisa merasa jenuh atau bosan dengan peran mereka. Pelatihan dapat menawarkan penangguhan hukuman dari hal-hal biasa dan membantu karyawan menghirup kehidupan baru dan perspektif baru ke dalam peran mereka saat ini. Pada gilirannya, karyawan yang diremajakan itu juga akan membantu bisnis melawan stagnasi.

5. Meningkatkan produktivitas dan keterlibatan karyawan

Jika karyawan merasa didukung dan terinspirasi di tempat kerja, mereka secara alami akan menjadi lebih produktif dan puas dengan pekerjaannya. Sementara itu, kurangnya keterlibatan karyawan dapat menghambat produktivitas dan berdampak negatif pada bisnis. Program pelatihan dan pengembangan karyawan dapat membangun persahabatan dan membantu karyawan merasa lebih terlibat.

Bagaimana menerapkan program pengembangan karyawan secara efektif?

Sekarang setelah Anda berinvestasi untuk kesuksesan organisasi Anda di masa depan dan yakin akan nilai pengembangan dan pelatihan karyawan, penting untuk memahami metodologi dibalik pelatihan dan pengembangan yang efektif. Oleh karena itu, pertimbangkan empat langkah ini saat Anda mempelajari cara mengembangkan karyawan di organisasi Anda.

1. Menilai dampak bisnis

Apa tujuan akhir perusahaan Anda? Menjawab pertanyaan penting ini akan membantu Anda mengembangkan strategi pelatihan dan pengembangan yang, alih-alih berfokus pada tujuan saat ini, menyusun tujuan dalam bentuk dampak yang terukur.

2. Mengevaluasi kesenjangan keterampilan

Ketika Anda dapat mengidentifikasi bidang-bidang di mana keahlian anggota tim saat ini tidak sesuai dengan keahlian yang diinginkan atau yang paling efektif, Anda dapat dengan lebih mudah menargetkan apa yang seharusnya menjadi hasil pendidikan spesifik Anda.

3. Membentuk metode pembelajaran berlapis

Karena otak kita memiliki kecenderungan untuk mengkotak-kotakkan informasi untuk penyelesaian masalah yang lebih cepat, menerapkan pelatihan berlapis dan strategi pengembangan memasukkan informasi penting ke banyak bagian otak. Dalam dunia pendidikan, metodologi pembelajaran berlapis ini disebut sintesis dan merupakan metode paling efektif untuk pemahaman yang langgeng.

4. Menilai kemanjuran dan mempertahankan keuntungan

Bagian dari mengembangkan keterampilan baru adalah meninjau kembali setelah pelatihan, mengevaluasi keefektifan kursus pelatihan dalam menghasilkan keterampilan yang diinginkan, dan mengevaluasi keefektifan keterampilan yang diinginkan tersebut dalam menghasilkan hasil yang diinginkan secara bertahan lama.

Untuk melakukan pelatihan dan pengembangan bagi para karyawan di perusahaan Anda, kini Anda dapat menjalin kemitraan dengan pasartrainer.com yang telah terbukti efektif memberikan pelatihan dan pengembangan bagi ribuan karyawan dan ratusan perusahaan melalui mentor-mentor yang tersedia. Jangan ragu, mentor-mentor yang tersedia di pasartrainer.com memiliki sertifikasi kebutuhan dan pengembangan sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Referensi

Hatta, H., dkk. (2023). Model-Model Pelatihan Dan Pengembangan SDM. Repositori CV Widina Media Utama. Diakses pada 6 April 2023 dari: https://repository.penerbitwidina.com/publications/559023/model-model-pelatihan-dan-pengembangan-sdm

Indeed Editorial Team. How To Measure Training Effectiveness in 5 Steps. Indeed. Diakses pada 6 April 2023 dari: https://www.indeed.com/career-advice/career-development/how-to-measure-training-effectiveness

Nguwi, M. (2023). Training Effectiveness And Evaluation: Everything You Need To Know. The Human Capital Hub. Diakses pada 6 April 2023 dari: https://www.thehumancapitalhub.com/articles/training-effectiveness-and-evaluation-everything-you-need-to-know

Raharjo, A. A., Permana, R., & Apriliani, C. (2022). Pengaruh Pelatihan Dan Pengembangan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Best Label. Masarin, 1(1), 1-6. https://doi.org/10.56881/masarin.v1i1.117

Sinambela, L. P. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia: Membangun tim kerja yang solid untuk meningkatkan kinerja. Bumi Aksara.

UmpuSinga, H. A., Riasari, A., & Qoyum, D. H. R. (2022). Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia terhadap Kinerja Karyawan Bank Syariah Indonesia. Al-Buhut E-Journal, 18(2), 268–281. https://doi.org/10.30603/ab.v18i2.2537

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.