Pentingnya Work Life Balance dan Tips Mencapainya!

Leadership & Soft Skills Dec 11, 2023

Work life balance adalah mindset yang harus kamu miliki ketika bekerja. Sebab, bekerja secara berlebihan hingga mengganggu kehidupan pribadi dan waktu luang kamu akan berujung pada kondisi yang kerap disebut sebagai burnout.

Apabila sudah mengalami burnout, maka kamu pun akan stres dan tidak bisa menyelesaikan pekerjaan dengan optimal. Itulah mengapa, penting untuk menyeimbangkan antara pekerjaan dengan kehidupan pribadi. Jadi, kamu pun bisa mendapatkan keuntungan yang sama pada kedua hal tersebut dan tidak berat sebelah.

Untuk memberikan pemahaman yang lebih jelas mengenai pentingnya balance antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, jangan lewatkan informasi dalam artikel ini agar mendapatkan tips mencapai keseimbangan kerja dan kehidupan pribadi juga!

3 Alasan Work Life Balance Penting

Keseimbangan kehidupan dan pekerjaan merupakan kondisi di mana kamu dapat mengelola waktu untuk bekerja dan waktu untuk menikmati kehidupan pribadi secara adil. Jadi, kamu tidak lebih banyak bekerja atau pun lebih banyak menikmati kehidupan pribadi, namun porsi keduanya sama banyak.

Berikut ini 3 alasan kamu harus mengupayakan balance antara pekerjaan dan kehidupan pribadi:

Kesehatan Mental dan Fisik Terjaga

Apabila kamu mendapatkan porsi pekerjaan serta kehidupan pribadi yang seimbang setiap hari, maka kamu akan terhindar dari burnout dan stres. Sebab, setelah waktu bekerja selesai kamu akan menggunakannya untuk kehidupan pribadi.

Seperti me time atau makan di luar dengan teman maupun keluarga. Sehingga, otak yang dipakai berpikir sebelumnya menjadi lebih rileks. Kamu pun lebih bahagia dan terhindar dari risiko gangguan kesehatan mental atau kelelahan fisik.

Bekerja Lebih Produktif

Alasan work life balance penting berikutnya, kamu jadi bekerja lebih [produktif dan optimal. Hal tersebut disebabkan karena kondisi mental dan fisik yang terjaga, sehingga performa kamu pun terjamin prima ketika di tempat kerja.

Selain itu, kamu akan memiliki mindset menyelesaikan pekerjaan dengan segera agar cepat selesai sebelum waktu kerja berakhir. Jadi, pulang dari kantor pun tidak perlu memikirkan tugas kamu lagi karena sudah selesai sesuai perintah tugasnya.

Hubungan Sosial Lebih Dinamis

Kamu tidak akan dibayangi dengan beban pekerjaan setiap saat, sehingga lebih banyak waktu untuk bersosialisasi. Baik itu dengan rekan kerja, keluarga, atau sahabat, kamu memiliki waktu yang cukup untuk dihabiskan.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan aktivitas menyenangkan seperti berwisata alam sampai dengan bepergian ke luar kota untuk merasakan pengalaman baru di luar dunia pekerjaan.

4 Tips Mencapai Work Life Balance

woman jumping on green mountains
Photo by Peter Conlan / Unsplash

Setelah mengetahui pentingnya menyeimbangkan pekerjaan dengan kehidupan pribadi, kamu bisa mencapai keseimbangan tersebut dengan menerapkan berbagai tips di bawah ini.

Mulai Berani Menolak

Tips pertama menjadi hal yang cukup sulit untuk kamu lakukan ketika sudah terbiasa menerima segala pekerjaan, termasuk yang di luar ranah dan kapasitas kamu. Maka dari itu, mulai dan biasakan untuk berkata tidak ketika kamu merasa pekerjaan yang masih berjalan sudah terlalu banyak.

Cara ini bertujuan agar kamu bisa menetapkan batasan, baik bagi diri kamu sendiri maupun rekan kerja. Untuk itu, kamu harus tahu prioritas pekerjaan serta tugas yang penting berdasarkan ranah kerja kamu.

Manfaatkan Jeda Makan Siang

Kamu bisa mencapai work life balance dengan memanfaatkan waktu istirahat makan siang sebaik mungkin. Sebab, waktu jeda tersebut adalah hak yang kamu miliki. 

Kamu tidak harus selalu makan siang di meja kantor, jadi nikmati waktu tersebut dengan membeli makanan ke kantin atau menikmati makan siang dengan tenang di area lain selain meja kantor.

Selesaikan Pekerjaan di Kantor

Kamu bisa menghindari tercampurnya urusan pekerjaan dengan kehidupan pribadi ketika tidak membawa pekerjaan ke rumah. Jadi, tetapkan target waktu untuk menyelesaikan pekerjaan di kantor dan hindari distraksi agar pekerjaan bisa selesai.

Ketika sudah waktunya pulang, matikan berbagai gadget yang kamu gunakan khusus untuk bekerja dan alihkan fokus ke agenda yang akan kamu lakukan setelah bekerja. 

Buat Kalender Perencanaan

Tips satu ini membantu kamu memaksimalkan waktu luang karena bisa melakukan hal-hal menyenangkan dan melepas penat.

Kamu bisa memanfaatkan Google Calendar untuk melihat waktu luang dan jatah cuti yang kamu miliki, lalu buatlah perencanaan detail mengenai agenda untuk 1 bulan ke depan. 

Pada tanggal yang luang, kamu dapat merencanakan liburan dengan teman, keluarga, atau dengan diri kamu sendiri. Selain liburan, kamu bisa mengatur agenda untuk melakukan hobi yang kamu sukai seperti bersepeda, berenang, atau naik gunung. 

Semoga setelah memahami pentingnya work life balance, kamu yang masih memiliki mindset bekerja 24/7 bersedia mengalokasikan waktu untuk kehidupan di luar pekerjaan. Apabila kamu ingin waktu luang di luar jam kerja lebih bermanfaat, kamu bisa mengikuti pelatihan dari PasarTrainer.

Tersedia berbagai pelatihan yang variatif, sehingga kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan yang ingin ditingkatkan. Mulai dari lebih menguasai ilmu teknologi, mempelajari digital marketing, hingga memahami dasar wirausaha, kamu bisa dapatkan informasi lebih lengkap di sini!


Referensi

blog.skillacademy.com - Work Life Balance Adalah
www.betterup.com - How to Have Good Work Life Balance
www.betterup.com - Work Life Balance

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.