Program Sertifikasi Kompetensi Di Era Digital

Human Capital Apr 16, 2023

Dari tahun ke tahun, kebutuhan keterampilan untuk suatu pekerjaan terus berubah dan sebagian besar mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan pengerjaan berbagai bidang yang semakin terotomatisasi dan secara perlahan meninggalkan cara kerja yang bersifat manual. Alasannya sederhana, perusahaan menginginkan efisiensi dan efektivitas, sedangkan karyawan memerlukan cara kerja yang lebih cepat untuk mengejar target yang telah ditetapkan perusahaan. Melalui program sertifikasi kompetensi yang berpredikat BNSP, para peserta akan dibekali ilmu dan pengetahuan baru yang berkenaan dengan kebutuhan kompetensi yang terus diperbarui dari waktu ke waktu.

Apa yang Dimaksud Dengan Program Sertifikasi Kompetensi BNSP?

BNSP adalah singkatan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi yang dibuat pemerintah untuk secara khusus mengembangkan dan meningkatkan sistem pendidikan yang berwawasan profesionalisme kerja serta menjamin kualitas sumber daya manusia yang ada di Indonesia memiliki standar tinggi yang diakui baik secara nasional maupun regional khususnya di wilayah Asia Tenggara. Oleh karena itu, program sertifikasi kompetensi BNSP merupakan sebuah bentuk kegiatan pendidikan dan pelatihan yang dilakukan oleh seseorang guna mendapat kemampuan yang dibutuhkan serta sertifikat yang diakui secara nasional maupun regional. Sertifikat ini memiliki peran penting yaitu untuk mendukung seseorang dalam mendapatkan kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan suatu pekerjaan atau kenaikan posisi melalui penyortiran berkas yang dilakukan oleh seorang HRD di lingkungan perusahaan, sedangkan ilmu yang diperoleh semasa melakukan pendidikan dan pelatihan baru bisa dipraktekan setelah orang tersebut berhasil masuk ke tempat kerja.

Dasar hukum yang menyangkut pendirian BNSP diatur dalam PP No. 23 Tahun 2004 tentang pelaksanaan sertifikasi kompetensi kerja. Dalam peraturan tersebut juga diatur mengenai kewenangan BNSP untuk memberikan lisensi bagi pihak perpanjangan tangannya yaitu LSP (lembaga sertifikasi profesi) dalam melaksanakan program sertifikasi kompetensi kerja. Sehingga dengan demikian, jika seseorang ingin memperoleh sertifikasi yang berstandarkan BNSP tidak harus melakukan kegiatan pendidikan dan pelatihan di kantor BNSP namun juga di LSP-LSP terdekat yang memiliki lisensi BNSP.

Jenis-Jenis Sertifikasi yang Tersedia

Mengacu pada salah satu situs website kredibel yang menyediakan program pelatihan yang bersertifikasi BNSP, berikut ini adalah jenis-jenis sertifikasi yang tersedia:

1.   Sertifikasi Perusahaan/Internal yang berfokus untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja dalam rangka mencapai tujuan perusahaan.

2.   Sertifikasi Produk yang berfokus untuk meningkatkan kemampuan, kredibilitas, dan akuntabilitas produk yang diciptakan suatu perusahaan. Produk yang dimaksud dapat berupa produk-produk digital atau produk fisik.

3.   Sertifikasi Profesi Paket (Cluster) yang berfokus untuk meningkatkan spesialisasi profesi/bidang tertentu sehingga dengan sertifikasi ini seseorang dapat membuka praktek usaha profesional atau mendapatkan posisi tertentu yang membutuhkan persyaratan spesialisasi khusus di sebuah perusahaan.

4.   Sertifikasi Profesi Unit Kompetensi yang berfokus untuk meningkatkan daya saing calon karyawan baru dengan bidang tertentu.

5.   Sertifikasi Profesi Okupansi yang berfokus untuk meningkatkan kemampuan dan daya saing karyawan senior atau karyawan yang telah cukup lama bekerja di suatu perusahaan dengan jabatan strategis yang mengemban bidang tertentu.

Setiap sertifikasi tersebut memiliki atribut yang berbeda-beda dan harga yang beragam pula. Untuk itu, Anda perlu mempelajari terlebih dahulu kebutuhan Anda dan menyesuaikannya dengan budget yang Anda miliki saat ini atau membuat sebuah perencanaan keuangan di masa yang akan datang. Untuk lebih lengkapnya, Anda dapat cek secara mandiri melalui situs pasartrainer.com yang menyediakan berbagai pilihan secara lengkap disertai dengan layanan call center yang selalu siap memberikan pelayanan terbaiknya.

Kelebihan Dan Kekurangan Mengikuti Program Sertifikasi Kompetensi BNSP

Meskipun tujuan akhir dari program sertifikasi kompetensi adalah untuk mendukung jenjang karir di sebuah perusahaan, namun terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan yang harus diketahui.

Kelebihan

Berikut ini adalah kelebihan yang berupa manfaat jika seseorang mengikuti suatu program pelatihan bersertifikasi BNSP:

1.   Meningkatkan daya saing yang tersertifikasi

2.   Meningkatkan kemampuan dan kompetensi kerja yang diakui secara nasional maupun internasional

3.   Meningkatkan peluang untuk berkarir di tempat yang lebih tinggi baik secara nasional maupun internasional.

4.   Meningkatkan wawasan, keterampilan, dan jaringan kerja ketika menempuh jenjang pendidikan profesional.

5.   Meningkatkan reputasi dan kredibilitas.

Kekurangan

Berikut ini adalah kekurangan yang berupa kerugian jika seseorang mengikuti suatu program pelatihan bersertifikasi BNSP:

1.   Tingkat pemahaman dasar setiap orang yang jika kurang baik akan menyebabkan ketidakefektifan pelatihan.

2.   Pendidikan dan pelatihan yang diadakan cenderung mahal.

3.   Keterbatasan instruktur yang berpengalaman dan profesional sehingga transfer ilmu yang dilakukan tidak berjalan dengan efektif.

4.   Program ini belum terlaksana secara merata, sehingga masing-masing individu harus pandai mencari sendiri tempat pelatihan yang dapat menunjang kemampuan dan kredibilitasnya secara baik dan transparan.

Untuk mengikuti pelatihan program sertifikasi kompetensi beserta kelebihan dan kekurangannya secara mendalam, kini Anda dapat mengikutinya di pasartrainer.com, marketplace pelatihan berbagai macam profesi untuk menunjang profesionalitas anda.

Referensi

AHS Manajemen. (2021). BNSP: Apa Itu BNSP Dan Apa Tugasnya? Diakses dari: https://ahsmanajemen.com/apa-itu-bnsp-dan-apa-tugasnya/

Lembaga Sertifikasi Profesi Keuangan Syariah. (2022). Mengenal Macam-Macam Sertifikasi Profesi Di Indonesia. Diakses dari: https://lsp-keuangansyariah.com/mengenal-macam-macam-sertifikasi-profesi-di-indonesia/

Peraturan Pemerintah No. 23 Tahun 2004 Tentang Badan Nasional Sertifikasi Profesi.

Training Industry. (2023). Certifications for Training Professionals. Diakses dari: https://trainingindustry.com/wiki/professional-development/certifications-for-training-professionals/

Triana, H., & Rosmalia, E. (2022). Sertifikasi Profesi & Kompetensi Kerja. Aku Bank. Diakses dari: https://akubank.co.id/sertifikasi-profesi/

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.