Raih Kebebasan Finansial Dengan Pekerjaan Bankir

General Banking Apr 16, 2023

Apa itu Bankir?

Bankir, atau Penasihat Perbankan, adalah karyawan bank yang berinteraksi dengan klien setiap hari. Mereka membangun hubungan jangka panjang dengan klien melalui pengetahuan ahli mereka tentang produk dan layanan yang ditawarkan institusi mereka. Tugas utama mereka adalah membantu klien dengan layanan seperti membuat rekening tabungan dan cek, memberi mereka pinjaman, dan memindahkan uang.

Apa yang Dilakukan Oleh Bankir?

Bankir memberikan layanan kepada pelanggan di dalam bank. Bankir seringkali menjadi titik interaksi pertama bagi pelanggan ketika mereka memasuki bank. Oleh karena itu, mereka harus mampu menciptakan lingkungan yang ramah bagi pelanggan baru dan yang sudah ada. Tugas Bankir dapat bervariasi tergantung pada struktur lembaga keuangan yang berbeda, peran utama mereka adalah bekerja sama dengan klien dalam menentukan dan memenuhi kebutuhan perbankan mereka.

Seorang Bankir membahas kelebihan dan kekurangan produk dan layanan yang ditawarkan oleh lembaga mereka sambil mempresentasikannya untuk memenuhi kebutuhan pribadi klien mereka. Dalam beberapa kasus, mereka mungkin bertanggung jawab atas semua aspek portofolio klien, termasuk pinjaman, investasi, dan asuransi.

Tugas & Tanggung Jawab Bankir

Pekerjaan Bankir yang utama adalah memberikan nasihat keuangan kepada klien, terutama mengenai hal-hal yang berkaitan dengan tabungan, investasi, pinjaman, dan sekuritas. Pengetahuan dan saran mereka membantu pelanggan memecahkan masalah keuangan mereka sekaligus meningkatkan keuntungan organisasi. Beberapa tugas dan tanggung jawab khusus seorang bankir meliputi:

1. Pengetahuan tentang produk dan layanan yang ditawarkan oleh bank, termasuk hipotek, pinjaman, cek dan rekening tabungan, pinjaman mobil, rekening pasar uang, Sertifikat Investasi Terjamin, Rencana Tabungan Pendidikan Terdaftar, dan obligasi.

2. Pengumpulan dan pengumpulan informasi dari klien baru dan yang sudah ada.

3. Mengidentifikasi dan berbicara dengan calon pelanggan tentang produk dan layanan yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

4. Membuka rekening bank untuk pelanggan baru dan yang sudah ada, mengelola transaksi, dan menutup rekening bila diperlukan.

5. Membangun hubungan dengan klien saat ini dan calon klien sebagai landasan untuk mempromosikan produk institusi mereka.

6. Menyelesaikan masalah klien dan melakukan tugas administratif seperti mendokumentasikan informasi mereka, dan tugas terkait lainnya.

Kemampuan-Kemampuan yang Harus Dimiliki Untuk Menjadi Bankir Sukses

Untuk menjadi bankir yang sukses, Anda harus memiliki berbagai keterampilan dan kemampuan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah kemampuan-kemampuan yang dibutuhkan dalam pekerjaan Bankir:

1. Keterampilan komunikasi yang kuat

Seorang bankir harus dapat berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan, kolega, dan pemangku kepentingan lainnya.

2. Keterampilan layanan pelanggan

Seorang bankir harus mampu memberikan layanan pelanggan yang sangat baik dan mampu membangun hubungan dengan pelanggan.

3. Keterampilan analitis

Seorang bankir harus dapat menganalisis informasi keuangan dan membuat keputusan berdasarkan analisis itu.

4. Keterampilan penjualan

Seorang bankir mungkin bertanggung jawab untuk mempromosikan produk dan layanan bank dan harus dapat menjual produk tersebut secara efektif kepada pelanggan.

5. Perhatian terhadap detail

Seorang bankir harus dapat memproses transaksi keuangan secara akurat dan memelihara catatan yang akurat.

6. Keterampilan penilaian risiko

Seorang bankir harus dapat menilai risiko dan membuat keputusan tentang pinjaman dan produk keuangan lainnya.

7. Keterampilan manajemen waktu

Seorang bankir harus dapat mengatur waktu mereka secara efektif dan memprioritaskan tugas sesuai kebutuhan.

8. Keterampilan teknis

Seorang bankir harus mahir dalam penggunaan teknologi dan memiliki pengetahuan tentang perangkat lunak dan alat yang relevan, seperti perangkat lunak perbankan dan keuangan.

9. Pengetahuan industri

Seorang bankir harus memiliki pemahaman menyeluruh tentang industri perbankan dan dapat mengikuti perkembangan dan peraturan industri.

Persyaratan Pengalaman Untuk Mendapatkan Pekerjaan Bankir

Bankir tingkat pemula diharapkan memiliki setidaknya dua tahun pengalaman kerja yang relevan. Mereka yang memiliki gelar universitas atau perguruan tinggi dengan beberapa pengalaman praktis juga dapat berhasil dalam peran ini. Demikian pula, seorang kandidat dengan pengalaman penjualan dan layanan pelanggan kemungkinan besar akan unggul. Untuk posisi senior, seorang kandidat mendapatkan keuntungan karena memiliki setidaknya lima tahun pengalaman yang relevan. Selain itu, kandidat harus memiliki keterampilan pemecahan masalah dan layanan pelanggan yang kuat.

Persyaratan Pendidikan Dan Pelatihan Bankir

Lulusan di bidang yang berhubungan dengan keuangan umumnya ideal untuk posisi ini, namun minimal calon kandidat harus memiliki ijazah paling rendah yaitu SMA. Calon dengan kualifikasi seperti gelar di bidang yang relevan dengan keuangan umumnya dipersiapkan untuk karir perbankan. Namun, kandidat masih membutuhkan pelatihan untuk mempelajari produk dan layanan bank. Untuk peran perbankan komersial, Anda sebaiknya hanya mempertimbangkan kandidat yang berpengalaman di lingkungan perbankan komersial. Mereka yang memiliki kualifikasi MBA atau Chartered Financial Analyst (CFA) dapat unggul dalam peran ini.

Perkiraan Pendapatan Bankir

Memiliki pekerjaan bankir tentunya akan memperoleh manfaat finansial yang baik karena segala aktivitas dalam pekerjaan tersebut berkaitan dengan pengelolaan keuangan yang membutuhkan ketelitian dan kerumitan yang signifikan. Melansir dari CNBC Indonesia (2022), berikut ini adalah rata-rata pendapatan yang bisa diperoleh seseorang untuk suatu pekerjaan bankir:

1. Teller bank Rp 5 juta (kualifikasi pendidikan D3-S1 dengan pengalaman minimal 1-3 tahun)

2. Collection/debt recovery officer Rp 5 juta (kualifikasi pendidikan D3-S1 dengan pengalaman minimal 1-3 tahun)

3. Customer service officer Rp 5 juta (kualifikasi pendidikan D3-S1 dengan pengalaman minimal 1-3 tahun)

4. Personal banker Rp 5 juta (kualifikasi pendidikan D3-S1 dengan pengalaman minimal 1-3 tahun)

5. Account Officer atau financial reporting Rp 7-9 juta (pengalaman minimal 5 tahun)

6. Head of Credit Rp 93-130 juta (pengalaman kerja lebih dari 12 tahun)

7. Head of Client Rp 93-130 juta (pengalaman kerja lebih dari 12 tahun)

8. Head of Risk Rp 93-130 juta (pengalaman kerja lebih dari 12 tahun)

9. Operation Director Rp 168-330 juta (pengalaman lebih dari 15 tahun)

10. Finance Director Rp 120-280 juta (pengalaman lebih dari 12 tahun)

11. Senior Treasury Manager Rp 55-70 juta (pengalaman lebih dari 10 tahun)

12. Chief Information Office Rp 145-275 juta

13. Chief Information Security Officer Rp 92,7-154,5 juta (pengalaman lebih dari 10 tahun).

Jika Anda tertarik untuk mengasah keterampilan Anda di dalam pekerjaan bankir, Anda dapat mengunjungi situs yang menawarkan pelatihan perbankan terbaik yang diadakan secara bervariasi di pasartrainer.com. Dengan mengikuti pelatihan perbankan tersebut, Anda akan mendapatkan berbagai macam keterampilan yang dibutuhkan sesuai dengan spesialisasi pelatihan yang Anda pilih.

Referensi

Binekasri, R. (2022). Jadi Profesi Idaman, Simak Daftar Gaji Karyawan Bank di 2022. CNBC Indonesia. Diakses dari:

https://www.cnbcindonesia.com/market/20220615091810-17-347157/jadi-profesi-idaman-simak-daftar-gaji-karyawan-bank-di-2022

Indeed. (2022). How to Write a Banker Job Description Sample. Indeed For Employers. Diakses dari: https://www.indeed.com/perusahaan/job-description/banker

Pasar Trainer. (2023). Pilihan Pelatihan Perbankan. Diakses dari:

https://pasartrainer.com/programs/general-banking

Powell, O. (2023). Banker Job Description. 100 Hires. Diakses dari: https://100hires.com/banker-job-description.html

Workable Technology Limited. (2023). Personal Banker Job Description. Resources for Employers. Diakses dari:

https://resources.workable.com/personal-banker-job-description

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.