Sering Dengar Tapi Tidak Tahu Apa Itu ISO? Berikut Penjelasannya!

Human Capital May 7, 2023

Anda tentu telah sering mendengar di sebuah perusahaan tentang ISO namun mungkin sebagian dari Anda kurang mengerti apa kepanjangan dari ISO, fungsi, dan tujuan perusahaan menggunakannya. ISO adalah nama singkat dari The International Organization for Standardization yang merupakan badan global dengan fungsi khusus yaitu membantu menyediakan beragam standar untuk penggunaan industri, komersial, dan publik. Beberapa di antaranya terkait dengan manufaktur dan industri fisik lainnya, sementara yang lain berlaku untuk teknologi digital dan aspek TI modern lainnya. ISO telah membantu membentuk wajah teknologi dan komunikasi modern.

Tujuan ISO

Sebagai organisasi non-pemerintah independen yang berbasis di Jenewa, Swiss, ISO juga menjadi pengembang Standar Internasional sukarela terbesar di dunia dengan hampir 20.000 standar yang mencakup hampir semua aspek teknologi dan bisnis dari keamanan pangan hingga komputer, pertanian hingga kesehatan serta standar proses seperti kontrol kualitas ISO 9000. Keanggotaannya terdiri dari organisasi standar nasional dari 164 negara. Standar ISO dibentuk melalui prosedur konsensus yang kompleks terutama di komite teknis, yang jumlahnya lebih dari 3000. ISO juga mengembangkan dan mendistribusikan bahan ajar dan melakukan program pelatihan anggota. ISO memelihara repositori bahan ajar serta sumber daya lainnya yang berhubungan dengan pengembangan bisnis.

Macam-Macam ISO yang Biasa Digunakan Di Perusahaan Indonesia

1. ISO 9001

ISO 9001 adalah standar yang diakui secara internasional untuk Sistem Manajemen Mutu (SMM). Ini adalah standar QMS yang paling banyak digunakan di dunia, dengan lebih dari 1,1 juta sertifikat dikeluarkan untuk organisasi di 178 negara. Standar ISO 9001 menyediakan sistem kerja dan serangkaian prinsip yang memastikan pendekatan yang masuk akal bagi manajemen organisasi Anda untuk secara konsisten memuaskan pelanggan dan pemangku kepentingan lainnya. Secara sederhana, ini memberikan dasar untuk proses yang efektif dan orang yang efektif untuk memberikan produk atau layanan yang efektif dari waktu ke waktu.

Kunci kesuksesan bisnis apa pun adalah kontrol kualitas yang kuat. Jika Anda ingin operasi Anda berhasil, basis konsumen potensial Anda harus yakin bahwa barang atau jasa yang Anda tawarkan memenuhi atau melampaui standar yang diharapkan. ISO 9001 adalah cara cepat dan mudah bagi konsumen potensial untuk melihat apakah perusahaan Anda telah meluangkan waktu dan upaya untuk memastikan produk atau layanan Anda adalah yang terbaik.

Informasi pelatihan ISO 9001 Terbaik

2. ISO/IATF 16949 : 2016

ISO/IATF 16949:2016 adalah Standar Internasional untuk Sistem Manajemen Mutu Otomotif. Standar ISO/IATF 16949 dikembangkan bersama oleh anggota The International Automotive Task Force (IATF) dan diserahkan ke ISO untuk persetujuan dan publikasi. Dokumen tersebut merupakan persyaratan sistem mutu umum otomotif berdasarkan standar ISO 9001, dan persyaratan khusus pelanggan dari sektor otomotif.

ISO/IATF 16949 menekankan pengembangan sistem manajemen mutu berorientasi proses yang menyediakan perbaikan berkelanjutan, pencegahan cacat dan pengurangan variasi dan pemborosan dalam rantai pasokan. Tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan pelanggan secara efisien dan efektif.

Informasi pelatihan ISO/IATF 16949:2016 terbaik

3. ISO 19011

ISO 19011 didefinisikan sebagai standar yang menetapkan pedoman untuk mengaudit sistem manajemen. Standar tersebut berisi pedoman pengelolaan program audit, prinsip-prinsip audit, dan evaluasi individu yang bertanggung jawab untuk mengelola program audit. Program audit terdiri dari pengaturan yang dibuat untuk menyelesaikan semua audit individu yang diperlukan untuk mencapai tujuan tertentu.

Standar ISO 19011:2018 memberikan informasi berharga tentang cara meningkatkan program audit secara sistematis, sama seperti departemen lain dalam suatu organisasi diharapkan untuk meningkatkan. Salah satu aspek peningkatan tersebut adalah terus memastikan tujuan program audit sejalan dengan kebijakan dan tujuan sistem manajemen. Organisasi, dalam mendorong peningkatan audit, harus mempertimbangkan kebutuhan pelanggan dan pihak berkepentingan lainnya.

Informasi pelatihan ISO 19011 terbaik

4. ISO 22000

ISO 22000 adalah Sistem Manajemen Keamanan Pangan yang dapat diterapkan pada organisasi manapun dalam rantai makanan, peternakan hingga garpu. Memiliki sertifikat ISO 22000 memungkinkan perusahaan untuk menunjukkan kepada pelanggan mereka bahwa mereka memiliki sistem manajemen keamanan pangan. Ini memberikan kepercayaan pelanggan pada produk. Hal ini menjadi semakin penting karena pelanggan menuntut makanan yang aman dan pengolah makanan mengharuskan bahan yang diperoleh dari pemasok mereka aman.

ISO mengembangkan Sertifikasi Sistem Manajemen Keamanan Pangan melalui standar ISO 22000. ISO dan negara-negara anggotanya menggunakan pendekatan Sistem Manajemen Mutu, dan menyesuaikannya untuk diterapkan pada Keamanan Pangan, menggabungkan prinsip-prinsip HACCP yang banyak digunakan dan terbukti dan Good Manufacturing Principles.

Informasi pelatihan ISO 22000 terbaik

5. ISO 31000

Sistem Kerja Manajemen Risiko ISO 31000 adalah standar internasional yang menyediakan bisnis dengan pedoman dan prinsip manajemen risiko dari ISO. Inisiatif kepatuhan peraturan biasanya khusus untuk negara tertentu dan berlaku untuk bisnis berukuran tertentu atau bisnis di industri tertentu. Namun, standar ISO 31000 dirancang untuk digunakan dalam berbagai ukuran organisasi. Konsepnya bekerja dengan baik di sektor publik dan swasta, di bisnis besar atau kecil dan organisasi nirlaba.

Informasi pelatihan ISO 31000 terbaik

6. ISO 37001:2016

ISO 37001:2016 hanya berlaku untuk kasus-kasus penyuapan. Standar ISO ini menetapkan persyaratan sistem manajemen yang dirancang untuk membantu Anda mencegah, mendeteksi, dan menangani suap serta mematuhi undang-undang anti suap dan komitmen sukarela yang berlaku untuk aktivitas organisasi.

Informasi pelatihan ISO 37001:2016 terbaik

Manfaat Penerapan ISO Di Perusahaan

Selain memahami apa kepanjangan dari ISO dan ragam macamnya, Anda tentunya juga perlu untuk mengetahui apa saja manfaat penerapan ISO di perusahaan sebagai berikut:

1.   Peluang yang lebih baik untuk memenangkan kontrak

2.   Kepuasan pelanggan yang lebih tinggi

3.   Mengurangi masalah produk atau layanan

4.   Manajemen yang lebih baik

5.   Meningkatkan konsistensi dalam praktik bisnis

6.   Peningkatan kepuasan karyawan dan keamanan kerja

7.   Biaya lebih rendah

8.   Proses bisnis yang disederhanakan

9.   Perbaikan terus-menerus

10.    Peningkatan bisnis secara keseluruhan

Bagaimana Jadwal Pelatihan Untuk ISO?

Secara keseluruhan, jadwal pelatihan akan bergantung pada banyak faktor termasuk pemahaman persyaratan, kesiapan organisasi, dan ukuran serta kompleksitas organisasi. Namun, sebagian besar dapat mengharapkan untuk menerima sertifikasi ISO 9001:2015 dalam tiga hingga enam bulan.

Ingat, individu tidak dapat menjadi bersertifikat ISO. Hanya bisnis dan organisasi yang bisa. Perlu juga dicatat bahwa ISO tidak memberikan sertifikasi. Sebaliknya, sertifikasi dimungkinkan melalui organisasi pihak ketiga. Jika Anda tertarik lebih lanjut mengenai ISO, kunjungi situs pasartrainer.com untuk menemukan pelatihan ISO yang paling relevan dengan kebutuhan Anda!

Referensi

ASQ. (2023). What Is ISO 19011:2018 - Auditing Management Systems? Quality Resources. Diakses pada 11 April 2023 dari: https://asq.org/quality-resources/iso-19011

CIO Wiki. (2023). International Organization for Standardization (ISO). Diakses pada 11 April 2023 dari: https://cio-wiki.org/wiki/International_Organization_for_Standardization_(ISO)

Cryotech. (2023). Manfaat Sertifikasi ISO. Diakses pada 11 April 2023 dari: https://www.cryotech.com/about/iso-certification-benefits

DNV. (2023). ISO 37001 - Anti-bribery Management System. Diakses pada 11 April 2023 dari: https://www.dnv.com/services/iso-37001-anti-bribery-management-system-134369

NQA. (2021). ISO 9001: Quality Management Systems (QMS). Quality Management. Diakses pada 11 April 2023 dari: https://www.nqa.com/en-id/certification/standards/iso-9001

Posey, B. (2021). ISO 31000 Risk Management. TechTarget : Security. Diakses pada 11 April 2023 dari: https://www.techtarget.com/searchsecurity/definition/ISO-31000-Risk-Management

Registrar Corp. (2023). What is ISO 22000? Diakses pada 11 April 2023 dari: https://online-training.registrarcorp.com/resources/what-is-iso-22000/

Wilber, J. (2020). What Exactly Is ISO Certified? And Why Does It Matter? Mead Metals. Diakses pada 11 April 2023 dari: https://www.meadmetals.com/blog/what-exactly-is-iso-certified-and-what-does-it-mean

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.