Skill Treasury Staff: Ini Tugas, Jenjang Karir, dan Kisaran Gaji

Treasury Sep 18, 2024

Skill treasury staff merupakan salah satu skill yang harus dimiliki saat ini. Pasalnya, posisi ini memiliki peran yang cukup penting dalam sebuah perusahaan. Treasury staff sendiri bertugas untuk menjaga likuiditas keuangan perusahaan. Kita juga akan menganalisis kondisi finansial dan mengelola risiko dalam pembuatan keputusan. 

Misalnya, apakah sebuah perusahaan perlu melakukan investasi atau pinjaman untuk menjaga arus keuangan. Selain itu, masih banyak lagi tugas dari treasury staff. Bila menjadi seorang treasury staff, mari kita kenali terlebih dahulu tugas, skill, jenjang karir, hingga kisaran gajinya di bawah ini!

Apa Itu Skill Treasury Staff?

Treasury staff merupakan posisi yang bertugas untuk menjaga arus keuangan suatu perusahaan dan menganalisa kondisi keuangan perusahaan. Posisi ini pula yang akan memanajemen risiko dalam pengambilan keputusan terkait keuangan, seperti investasi atau pinjaman untuk mendukung kemajuan bisnis.

Saat menjadi treasury staff, kita juga akan mengelola berbagai aspek keuangan, mulai dari cash management sampai corporate finance. Oleh karena itu, tugas seorang treasury staff ini sangat vital dalam sebuah perusahaan. Adapun skill yang harus dimiliki  treasury staff di antaranya:

  • Memiliki pemahaman yang baik terkait manajemen rekening bank;
  • Memiliki kemampuan tinggi dalam menganalisis, organisasi, serta interpersonal;
  • Mampu menggunakan spreadsheet dan memiliki financial modeling yang baik;
  • Memahami prosedur akuntansi;
  • Berpengetahuan matematika yang mumpuni;
  • Terampil dalam berkomunikasi, baik secara verbal ataupun tertulis;
  • Berlatar pendidikan di bidang akuntansi atau keuangan;
  • Memiliki keterampilan dalam manajemen risiko, seperti suku bunga, ventura, likuiditas, dan sebagainya.

Tugas Treasury Staff

Menjadi seorang treasury staff, tentu ada beberapa tugas yang harus dilakukan dengan menerapkan . Berikut beberapa tugas yang harus dilakukan oleh seorang treasury staff.

1. Mengelola Arus Kas

Salah satu tugas utama treasury staff adalah mengelola arus kas perusahaan. Kita bertanggung jawab untuk memastikan bahwa perusahaan memiliki cukup dana untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek dan jangka panjang. 

Treasury staff akan memantau semua pemasukan dan pengeluaran untuk memastikan bahwa likuiditas perusahaan tetap aman. 

2. Mengelola Investasi Perusahaan

Tidak hanya sekadar mengelola arus kas, treasury staff juga bertugas untuk mengelola investasi perusahaan. Kita akan mencari peluang investasi mana yang bisa memberikan return yang baik dengan risiko yang masih sesuai. 

Melalui analisis yang matang, kita bisa mendapatkan keuntungan yang optimal dari dana yang ada dan mendukung pertumbuhan perusahaan.

3. Mengatur Pembiayaan

Pembiayaan adalah aspek lain yang tidak kalah penting. Treasury staff bertanggung jawab untuk mengatur dan merencanakan kebutuhan pembiayaan perusahaan, baik itu melalui pinjaman bank, penerbitan obligasi, atau sumber pembiayaan lainnya. 

Kita harus memastikan bahwa pembiayaan ini dilakukan dengan struktur yang tepat sehingga tidak memberatkan kondisi keuangan perusahaan di masa depan.

4. Mengelola Risiko Keuangan

Di dunia bisnis, risiko adalah hal yang tidak dapat dihindari. Di sinilah peran treasury staff sangat diperlukan. 

Kita harus mampu mengidentifikasi dan mengelola risiko-risiko keuangan yang mungkin timbul, seperti risiko nilai tukar mata uang, risiko suku bunga, atau risiko kredit. Dengan manajemen risiko yang baik, kita bisa melindungi perusahaan dari potensi kerugian finansial yang signifikan.

5. Menyiapkan Laporan Keuangan

Treasury staff harus menyiapkan laporan ini dengan akurat dan tepat waktu. Laporan ini dapat digunakan oleh manajemen untuk membuat keputusan bisnis yang penting terkait kemajuan perusahaan.

6. Berkoordinasi dengan Divisi Lain

Selain fokus pada tugas-tugas keuangan, treasury staff juga harus berkoordinasi dengan divisi-divisi lain di perusahaan, seperti manajemen dan pemilik perusahaan. Hal ini penting dilakukan agar semua kebijakan keuangan yang diterapkan selaras dengan tujuan dan strategi perusahaan secara keseluruhan. 

Jenjang Karir Treasury Staff

Treasury staff juga memiliki jenjang karier yang tidak kalah menggiurkan untuk dicapai. Adapun jenjang kariernya yaitu sebagai berikut:

1. Treasury Analyst

Posisi yang yang satu ini bertugas untuk menganalisis data finansial dan memberikan rekomendasi yang tepat bagi manajemen finansial perusahaan.

2. Treasury Manager

Jenjang karir treasury staff ini yang akan mengelola tim treasury staff  dan mengambil keputusan terkait strategi manajemen finansial perusahaan.

3. Treasury Director

Posisi ini akan bertugas untuk mengembangkan dan menerapkan strategi keuangan yang sudah dibuat serta memimpin tim treasury staff

4. Chief Financial Officer (CFO)

CFO bertanggung jawab mengelola semua aspek terkait keuangan perusahaan, tidak terkecuali manajemen treasury.

Kisaran Gaji Treasury Staff

Selain jenjang karir, hal yang tidak kalah menarik untuk dibahas yaitu kisaran gaji treasury officer sesuai jenjang. tentunya, hal ini menjadi pertimbangan penting ketika kita menentukan arah karier.

Gaji treasury staff setiap jenjangnya memang berbeda-beda. Namun, jika dilihat dari data Indeed, rata-rata gaji posisi ini di Indonesia yaitu sekitar Rp10 juta per bulan. 

Namun, pada platform lain menunjukkan nominal kisaran gaji treasury officer sesuai jenjang yang cukup bervariasi, mulai dari Rp4 jutaan per bulannya. Hal ini juga dipengaruhi oleh pengalaman serta perusahaan tempat bekerja.

Jadi, untuk mengetahui lebih lanjut tentang kisaran gaji, kita perlu mengamati berbagai aspek di atas. Bertanya kepada orang-orang yang sudah berpengalaman di bidang ini juga bisa menjadi alternatif.

Setelah mengetahui informasi tentang skill treasury staff, tugas, jenjang karier, dan gajinya, apakah masih tertarik untuk mencoba posisi ini? Bila tertarik, mari perdalam lagi skill treasury yang dimiliki dengan mengikuti Training Treasury bersama PasarTrainer!


Referensi

www.kitalulus.com


vocasia.id - Treasury Staff adalah


myrobin.id - Template Job Desk Treasury Staff

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.