Tips Memaksimalkan Google Ads untuk Iklan Bisnis

Digital Marketing Jul 8, 2024

Bagi para pebisnis online, memaksimalkan Google Ads dapat membantu meningkatkan penjualan bisnis dengan signifikan. Sebuah survei menunjukkan jika sebanyak 80% bisnis yang ada di dunia telah menggunakan Google Ads sebagai media kampanye mereka. 

Dengan Google Ads, situs web akan tampil pada halaman pertama mesin pencari dengan posisi teratas. Namun, tidak cukup sampai di sana saja karena kita juga harus memikirkan bagaimana iklan yang sudah tampil teratas tersebut dapat menghasilkan konversi bagi bisnis.

Tips Setting Google Ads untuk Memaksimalkan Iklan

Agar iklan yang ditayangkan lebih maksimal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari memilih kata kunci yang tepat hingga menetapkan anggaran harian yang sesuai. Berikut penjelasannya!

  • Pilih Kata Kunci yang Tepat

Dalam memilih kata kunci untuk iklan Google Ads, tentu harus dipikirkan dengan baik. Ada beberapa jenis kata kunci yang dapat digunakan untuk memaksimalkan Google Ads, di antaranya:

    • Broad Match

Jenis kata kunci yang satu ini cukup ampuh digunakan dalam iklan. Pada saat pengunjung salah mengetik dengan kata-kata yang mirip, iklan bisnis kita akan tetap muncul. 

Misalnya, mereka ingin menulis “baju gamis murah” menjadi “baku gamis murah”, iklan kita akan tetap muncul pada kata kunci tersebut.

    • Broad Match Modify

Jenis kata kunci yang satu ini tidak terlalu luas karena satu kata kunci akan dibagi menjadi dua bagian menggunakan tanda + di bagian depan kata kunci. 

Misalnya, kata kunci + Hotel + pasar. Jadi, pengguna yang menggunakan dua kata tersebut akan menemukan iklan yang kita buat. Misalnya, pengguna mengetik “rekomendasi hotel terdekat dari pasar”, maka iklan kita akan muncul.

    • Phrase Match

Jenis kata kunci ini akan dilihat langsung oleh pengguna. Pengguna dapat menemukan iklan ketika mengetik kata kunci yang mirip dengan kata kunci yang telah kita pilih untuk iklan.

    • Exact Match

Kata kunci yang satu ini akan menampilkan iklan ketika pengguna mengetik kata kunci yang sama persis. Bila salah ketik atau kata yang dimasukkan berbeda, maka iklan tidak akan muncul.

  • Sematkan Kata Kunci pada Text Ad

Setelah memilih kata kunci yang tepat, selanjutnya jangan lupa untuk menyematkannya pada text ad. Hal ini dapat membantu mengoptimalkan iklan sehingga mendapat lebih banyak klik dan berpotensi meningkatkan konversi bisnis. 

  • Buat Iklan yang Sesuai dengan Landing Page

Untuk memaksimalkan setting Google Ads, kita juga harus membuat iklan yang sesuai dengan landing page. Ini merupakan sebuah halaman khusus yang akan dikunjungi oleh pengguna setelah mengklik iklan.

Umumnya, halaman ini akan berisi informasi produk, service, promo, spesifikasi, dan informasi menarik lainnya. Tujuan utama dari halaman ini yaitu untuk memenuhi tujuan pengguna ketika membuka iklan tersebut. Oleh karena itu, sangat penting menyesuaikan konten iklan dengan konten landing page.

  • Pastikan Iklan Ramah Seluler

Sebuah iklan yang dibuat harus mobile friendly atau ramah terhadap pengguna seluler. Pasalnya, pengguna internet tidak semuanya menggunakan desktop. Banyak di antara mereka justru menggunakan perangkat seluler untuk mengakses mesin pencari. 

Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat iklan yang ramah seluler. Iklan seperti ini mampu menyesuaikan tampilannya pada saat muncul dalam perangkat seluler. Dengan demikian, iklan tidak akan mengganggu pengguna, justru tampak lebih menarik.

  • Manfaatkan Ekstensi Iklan

Untuk mengoptimasi iklan Google Ads, kita juga bisa memanfaatkan ekstensi iklan. Ada beberapa jenis ekstensi iklan yang biasa digunakan, seperti ekstensi panggilan, link situs web, perluasan lokasi, harga, dan masih banyak lagi.

Dengan cara ini, website dapat menarik lebih banyak perhatian dan minat pengguna melalui iklan yang telah ditayangkan. Misalnya, kita membuat iklan tentang jasa admin sosial media. Lalu, menyematkan link jasa admin sehingga bisa mendorong lebih banyak jumlah klik.

  • Buat Target Audiens

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan dalam menayangkan iklan yaitu pemilihan target audiens. Bila target yang dipilih kurang sesuai, tentu iklan yang dibuat tidak akan mendapat hasil yang optimal. 

Sebelum iklan ditayangkan, kita bisa mengatur sendiri target audiens dari iklan tersebut. Tujuannya yaitu agar iklan bisa sampai ke target tujuan yang dituju. Kita bisa menyesuaikan target berdasarkan jenis kelamin, usia, pekerjaan, demografi, dan sebagainya.

  • Tetapkan Anggaran Harian Iklan

Menetapkan anggaran harian yang tepat sangat penting untuk mengelola biaya iklan. Google Ads memungkinkan kita untuk mengatur anggaran harian pada setiap kampanye yang dibuat. Mulailah dengan anggaran kecil dan pantau kinerja kampanye tersebut. 

Biarkan iklan tersebut menunjukkan performanya, lalu temukan cara lain agar iklan dapat bekerja lebih efisien. Hal ini dapat membantu bisnis yang memiliki anggaran terbatas tapi ingin memasang iklan.

Dengan cara setting Google Ads yang tepat, iklan yang dibuat memiliki potensi lebih besar untuk menghasilkan konversi. Pelajari hal lainnya terkait iklan Google Ads dengan mengikuti Pelatihan Digital Marketing bersama Pasar Trainer.


Referensi

www.makewebeasy.com - 9 Teknik Jitu Beriklan di Google Ads


everpro.id - Optimasi Google Ads


support.google.com - Google Ads

Tags

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.